Farhansyaddad weblog

Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik

KISI-KISI USBN PAI SMP TAHUN 2015

Posted by abifasya pada 22 Februari 2015

Kisi-Kisi USBN 2015

Kisi-Kisi USBN 2015

Tak selamanya jagung itu direbus

nyatanya hari ini dibakar …… harganya cuma seeribuu…….

eh… salah … demam ini talkshaw jadinya we ngaco, maksudnya tak selamanya telat alias terlambat itu berdampak buruk, buktinya saya merasa telat dan terlambat untuk mengunggah kisi-kisi USBN PAI SMP tahun 2015 karena saya mendapatkan kisi-kisi tersebut dari ketua MGMP PAI SMP Kota Bogor yang konon kabarnya beliau mendapatkan kisi-kisi tersebut dari AL Mukarom Ustadz Oleh Ruhyana pengurus MGMP Provinsi Jawa Barat sejak 3 minggu yang lalu, ternyata kisi-kisi tersebut adalah kisi-kisi yang belum FINAL alias masih babak penyisihan …eh ..masih dalam kondisi draft dan iseng-iseng berhadiah kemarin buka-buka file soal dan kisi-kisi yang dikirim Seksi PAIS Kota Bogor dalam bentuk CD dengan maksud mau membandingkan antara soal yang dibuat provinsi dengan soal yang dibuat Kota Bogor ternyata pas sampai soal nomor 9 ada perbedaan yang cukup menonjol, maka mau tidak mau harus cek kisi-kisi dan ternyata kisi-kisinya memang berbeda, pada kisi-kisi yang didapat sebelumnya (dari MGMP) soal untuk nomor 9 itu bunyi kisi-kisinya adalah “disajikan ilustrasi yang berkaitan dengan taqdir, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang termasuk takdir mu’alaq” sementara pada kisi-kisi yang baru (dari seksi PAIS) soal nomor 9 itu bunyi kisi-kisinya adalah : “disajikan sebuah kasus tentang sikap  yang bertentangan dengan qada dan qadar Allah swt, peserta didik dapat menentukan pernyataan sikap yang sesuai dengan ajaran Islam”. Baca entri selengkapnya »

Posted in Dunia Pendidikan | Dengan kaitkata: , , | Leave a Comment »

Din Syamsuddin Jangan Meremehkan Dengan Ucapan Selamat …

Posted by abifasya pada 29 Desember 2014

Din Syamsuddin dan Tokoh Agama Lain

Din Syamsuddin dan Tokoh Agama Lain

JAKARTA (voa-islam.com- Perdebatan mengenai ucapat selamat Hari Raya Natal oleh umat Islam pada umat Nasrani tak pernah berhenti. Sebagian muslim dan kalangan ulama menganggap ucapan tersebut haram karena bisa mengganggu akidah.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Din Syamsuddin mengatakan”MEMBOLEHKAN”ucapan selamat Natal karena tidak di-atur secara spesifik dalam fatwa mereka. Din bahkan mengatakan ucapan selamat Natal boleh saja dilakukan oleh Muslim.

“Selama hal tersebut tidak memengaruhi akidah muslim, maka (ucapan selamat Natal) dapat dilakukan,” ujar Din saat menghadiri acara di Kompleks MPR/DPR RI, Jakarta, Selasa (23/12).

Menurut Din, ucapan selamat Natal biasa dilakukan berdasarkan rasa persahabatan dan kultur di Indonesia.

“Menurut saya, jika sekadar konteks kultural budaya sebagai refleksi persahabatan, (ucapan selamat Natal) juga dapat dilakukan,” kata Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah tersebut seperti dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (23/12/2014) yang lalu.
Baca entri selengkapnya »

Posted in KISS | Dengan kaitkata: , , | Leave a Comment »

Hukum Mengucapkan Selamat Natal Dan Memakai Atribut Khas Natal

Posted by abifasya pada 25 Desember 2014

Ustadz Yusuf Mansur

Ustadz Yusuf Mansur

Bismillahirrahmaanirrahiim,..

Perlu pemahaman yang mendalam bahkan mungkin harus pada ngaji lagi sebuah kitab klasik yang banyak dikaji di Pesantren-pesantren berbasis NU, yaitu Kitab Sulam Taufiq di dalam kitab tersebut disebutkan tentang murtad dan macam-macamnya seperti murtad qauly (ucapan), fi’ly (perbuatan), dan i’tiqadi (hati). masing-masing murtad tersebut berdiri sendiri, artinya ketika kita melakukan murtad ucapan maka tidak ada istilah : “aqu kan cuma ngomong doang, ga pake hati”. Jadi saat ngomong yang ga pake hatipun ketika kita mengucapkan kata-kata yang bisa menyebabkan kita keluar dari ajaran Islam atau sering disebut istilah murtad, maka terjadilah MURTAD itu.

Sejak hari kemaren banyak sekali pertanyaan yang saya dapat seputar ucapan selamat natal dan memakai atribut khas natal baik dari rekan kerja maupun dari anak didik saya, padahal pertanyaan ini hampir setiap tahun mereka tanyakan dan jawaban saya tetep bahwa mengucapkan selamat natal adalah HARAM. Diantara penanya ada yang memberikan informasi bahwa di sebuah media onine Hidayat Nur Wahid membolehkan mengucapkan selamat Natal, merasa penasaran saya coba membuka media tersebut dan ternyata yang saya dapatkan pertama kali justru TABAYUN/KLARIFIKASI dari beliau bahwa beliau tidak berkata begitu. TIdak hanya itu penanyapun menyampaikan info bahwa ketua MUI mengatakan kalau MUI gak pernah melarang mengucapkan selamat Natal.

Hadooohhh … kenapa pula ini padahal kata ustadz Yusuf Mansyur : Ingin dianggap toleran tak perlu Beri Ucapan Natal, ada cara lain. Setuju banget nih dengan ustadz Yusuf Mansyur, karena toleransi buat saya bukan berarti harus turut serta merayakan acara mereka, baik hanya mengucapkan selamat apalagi turut serta merayakannya. Naudzubillahi mindzalik, semoga Allah menjauhkan kita semua dari hal-hal yang bisa memurtadkan hamba dan kelaurga hamba serta kaum muslimin seluruhnya.

Baca entri selengkapnya »

Posted in KISS | Dengan kaitkata: , , | 4 Comments »

Jalan Tengah untuk Kurikulum 2013

Posted by abifasya pada 13 Desember 2014

Generasi Kurtilas ???

Generasi Kurtilas ???

Presiden Obama pun pada tahun 2014 mulai memasukkan konten nonfiksi dari mata pelajaran IPA, IPS, dan PKN ke dalam mata pelajaran Bahasa. Jadi, kita sudah sejak 2013, tapi Amerika baru memulai tahun 2014.”

Surabaya (ANTARA News) – Jangan dikira antara Mendikbud Anies Baswedan dengan mantan Mendikbud Mohammad Nuh itu memiliki perbedaan dalam menyikapi Kurikulum 2013.

Keduanya sepakat bahwa Kurikulum 2013 itu sangat baik, karena kurikulum itu lebih komprehensif dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya.
Keduanya berpendapat, kurikulum yang ada selama ini hanya menghasilkan kompetensi kognitif siswa, namun Kurikulum 2013 justru menghasilkan tiga kompetensi sekaligus yakni kognitif (pengetahuan), ketrampilan, dan sikap (spiritualitas).
Kurikulum 2013 mengubah proses pembelajaran yang selama ini berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa (bahkan juga mendorong proses pembelajaran yang melibatkan orang tua siswa).
Selain itu, kurikulum itu juga mengubah proses pembelajaran yang selama ini menghasilkan siswa yang pintar secara kognitif dengan mengandalkan hafalan menjadi siswa yang kreatif dan berkarakter.
Namun, kedua pejabat yang sama-sama peduli dengan dunia pendidikan itu memiliki perbedaan dalam teknis implementasi di lapangan.
Saat menjabat, Mohammad Nuh menerapkan implementasi Kurikulum 2013 pada 6.221 sekolah percontohan pada tahun ajaran 2013/2014 (April 2013), dan pada tahun ajaran 2014/2015 langsung diberlakukan untuk seluruh sekolah (218.000-an sekolah).
Namun, di tengah perjalanan atau saat Kurikulum 2013 berlaku “setengah jalan” pada tahun ajaran 2014/2015 (seharusnya berakhir April 2015), Mendikbud Anies Baswedan mengeluarkan putusan pada Desember 2014 untuk kembali pada Kurikulum 2006 atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Dalam putusan itu, penggagas Indonesia Mengajar itu tidak menghentikan pemberlakukan Kurikulum 2013, namun membatasi pemberlakuan pada 6.221 sekolah percontohan, karena siswa dan guru dinilai belum siap.
“Kurikulum itu hal yang berbeda sama sekali dengan BBM. Kalau BBM itu sekarang diumumkan naik, maka esoknya sudah dapat langsung dieksekusi (harga naik),” kata Anies setelah berbicara dalam Leader for Change Program BEM Unair Surabaya (23/11).
Dalam konteks itu, mantan Rektor Universitas Paramadina Jakarta itu menghendaki hasil penerapan Kurikulum 2013 pada 6.221 sekolah percontohan itu dievaluasi terlebih dulu untuk mengetahui perbaikan apa yang perlu dilakukan untuk tahap berikutnya.
Artinya, Anies Baswedan tidak sepakat bila Kurikulum 2013 langsung diberlakukan untuk seluruh sekolah pada tahun ajaran berikutnya. “Ibaratnya, pelaksanaan Kurikulum 2013 itu terlalu prematur,” katanya.
Di hadapan 100 peserta “Leader of Change Program 2014″ BEM Unair itu, Anies menyatakan dirinya ingin menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan dan menghasilkan para pembelajar.
“Pembelajar itu merupakan orang yang mengalami dan bukan sekadar menjalani. Pembelajar itu selalu belajar dari pengalaman, tidak terpaku pada program, dan berpikir kreatif, karena itu pendidikan harus mengarah ke sana,” katanya.
Baca entri selengkapnya »

Posted in Dunia Pendidikan | Dengan kaitkata: , , | Leave a Comment »

Kurikulum 2013 Dihentikan

Posted by abifasya pada 6 Desember 2014

Mendikbud

Mendikbud

Sejak tadi malam sebenarnya telah membaca pada teks berjalan salah satu televisi swasta yang menyebutkan bahwa Kurikulum 2013 untuk sekolah yang baru melaksanakan satu semester kembali kepada kurilulum 2006, dan bagi sekolah yang sudah melaksanakan selama 3 semester dilanjutkan. Dan tadi pagi di sekolah rame dibicarakan tentang penghentian kurikulum tersebut. Sekolahku termasuk sekolah yang baru melaksanakan kurikulum 2013 selama satu semester, itu artinya sekolahku kembali ke kurikulum 2006. Padahal sejak hari rabu teman-teman guru di sekolahku telah sibuk melakukan entry nilai di komputer sekolah yang di dalamnya sudah ada format aplikasi penilaian kurikulum 2013, banyak diantara teman-teman yang melakukannya sampai menjelang sore saking “semangatnya” memasukan hasil penilaian sesuai KURTILAS, dan hari ini pemandangan seperti itu tidak lagi ditemukan karena “KURTILAS nya BATAL” alias dihentikan oleh Pak Menteri.  Baca entri selengkapnya »

Posted in Dunia Pendidikan | Dengan kaitkata: , , | 14 Comments »

KISI-KISI UAS GANJIL Kelas IX 2014/2015

Posted by abifasya pada 29 November 2014

Ulangan di SMPN 5 Bogor

Ulangan di SMPN 5 Bogor

Ada yang berbeda dalam pelaksanaan ulangan akhir semester (UAS) di tahun pelajaran 2014/2015 ini, setelah lebih dari lima tahun semenjak diberlakukannya kurikulum tingkat satuan pendidikan tahun 2006 tidak pernah ada yang namanya ulangan bersama

se kota Bogor kini makhluk yang bernama ulangan bersama itu hadir lagi seiring diberlakukannya kurikulum 2013, padahal tak ada satupun regulasi yang ada mendukung terlaksananya ulangan bersama. Coba lihat permendiknas no 20 tahun 2007 tentang penilaian, atau permendikbud no 66 tahun 2014 tentang perihal yang sama pada kedua permen tersebut disebutkan bahwa Ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester, dilakukan oleh pendidik di bawah koordinasi satuan pendidikan. Jadi tidaklah tepat Jika UAS atau UTS dilakukan secara bersama-sama di bawah koordinasi dinas pendidikan atau MKKS. Tapi terlepas dari semua itu kita bisa ambil hikmah dari kondisi ini, setidaknya tahun ini tidak terjadi ada sekolah yang telah terlebih dahulu melakukan UAS sementara sekolah yang lainnya masih melakukan kegiatan KBM. Baca entri selengkapnya »

Posted in Dunia Pendidikan | Dengan kaitkata: , | 4 Comments »

Dari SMPN 5 Untuk Palestina

Posted by abifasya pada 25 Juli 2014

doa untuk gaza

Shalat Ghaib

Hari Sabtu seminggu yang lalu (19 Juni 2014) adalah hari akhir pelaksanaan Pesantren Kilat di SMPN 5 Bogor yang pelaksanaannya bekerja sama dengan Pondok Pesantren Khusnul Khotimah Kuningan. Pada penutupan acara sanlat tersebut dilakukan serangkaian acara yang Insya Allah sangat bermanfaat. Selain acara ceremonial yang mengakhiri kegiatan sanlat di SMPN 5 Bogor, dilaksanakan juga sebuah acara amal yang menunjukan kepedulian ummat Islam warga SMPN 5 Bogor untuk saudara-saudaranya di Gazsa Palestina, diawali dengan shalat Ghaib yang dipimpin oleh Ustadz Mahmudin untuk lebih dari  200 orang mujahidin yang telah terlebih dahulu Syahid dilanjutkan dengan doa untuk kejayaan Islam dan kaum muslimin dan kehancuran Bangsa Yahudi Israil Laknatullah, dilanjutkan pula dengan orasi dari beberapa orang siswa mewakili tingkatan kelasnya masing-masing ditutup dengan orasi dari salah seorang guru agama yang memberikan semangat berjihad dan senantiasa peduli kepada saudara-saudara di Palestina sana.

Baca entri selengkapnya »

Posted in Dunia Islam | Dengan kaitkata: , , , | 4 Comments »

Peserta Didik Baru SMPN 5 Bogor Tahun 2014/2015

Posted by abifasya pada 7 Juli 2014

Gedung SMPN 5 Bogor

Gedung SMPN 5 Bogor

Selamat Datang Calon Peseta Didik Baru di SMP Negeri 5 Kota Bogor. Insya Allah Masa Depan Anda Berawal dari sini, Karena SMP Negeri 5 mengilham harapan dan mencipta masa depan, emua itu akan mengantarkan anda menjadi manusia yang Berprestasi dilandasi Iman dan Taqwa Disiplin dan berbuDaya Lingkungan, sesuai dengan Visi sekolah yang hendak kami capai.

Anda mungkin salah seorang yang beruntung dari 291 siswa yang diterima, menyisihkan puluhan bahkan mungkin ratusan orang yang telah memilih SMPN 5 sebagai pilihan pertama. Dan diantara anda ada yang menjadikan SMPN 5 sebagai pilihan 1, pilihan 2, bahkan munghkin pilihan perubahan dari pilihan 2.

Berikut daftar peserta didik baru SMP Negeri 5 Bogor Tahun Pelajaran 2014/2015

1. Peringkat 1-20

1-20

Peringkat 1-20

2. Peringkat 21 -40 Baca entri selengkapnya »

Posted in Seputar SMPN 5 | Dengan kaitkata: , , | 3 Comments »

Passing Grade SMP Negeri Kota Bogor Tahun Pelajaran 2014/2015

Posted by abifasya pada 6 Juli 2014

Ka Disdik Kota Bogor beserta rengrenganya sesaat setelah selesai verifikasi

Ka Disdik Kota Bogor beserta rengrenganya sesaat setelah selesai verifikasi

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP telah selesai dilaksanakan, verifikasi Nilai Ujian Sekolah dan Nilai  sertifikat prestasi siswapun telah selesai dilaksanakan. Tapi bagi para calon peserta didik dan para calon orang tua siswa masih harus melakukan serangkaian kegiatan agar anaknya bener-bener bisa diterima di sekolah tujuan. Rangkaian kegiatan yang paling segera harus dilakukan oleh para orang tua setelahnya melihat  menu pengumuman pada website ppdb online kota Bogor dan dinyatakan diterima adalah SUJUD SYUKUR sebagai bukti terimakasih kita kepada Allah bahwa anaknya telah diterima di sekolah tujuan, demikian pula anaknya harus segera sujud syukur kepada Allah atas nikmat berupa diterima di sekolah tujuan. Berikutnya adalah melakukan LOGIN untuk untuk mencetak Surat Tanda diterima di sekolah tujuan dan selanjutnya melakukan daftar ulang  sesuai jadwal yang tertera dalam Surat Tanda Diterima.

Seiring dengan berakhirnya masa PPDB tingkat SMP diperoleh passinggrade SMP KOta Bogor yang luar biasa cukup tinggi, salah satu penyebabnya adalah dijadikannya sertifikat kejuaraan sebagai poin penambah nilai hasil US. Passing Grade tertinggi diraih oleh SMPN 1 Kota Bogor yaitu 28.35, disusul oleh SMPN 4 Kota Bogor sebagai perngkat 2 dengan Nilai 27.85. Sementara urutan ke 3 diraih SMPN 5 Bogor dengan Nilai 27.65. Untuk lebih jelasnya, berikut ini passing grade SMP Negeri Kota Bogor Tahun Pelajaran 2014/2015 : Baca entri selengkapnya »

Posted in Dunia Pendidikan | Dengan kaitkata: , | Leave a Comment »

Hasil Jepretan Kamera Seputar PPDB Online Ke SMAN/SMKN

Posted by abifasya pada 2 Juli 2014

Operator SMPN 5 Bogor Yang Setia Melayani

Operator SMPN 5 Yang Setia Melayani Anda

Banyak hal yang dilakukan oleh para peserta didik SMPN 5 Bogor yang mendaftar ke SMA/SMK saat pelaksanaan pendaftaran PPDB melalui online yang baru dilaksanakan pertama kali di kota Bogor ini. Ada yang berusaha sekuat tenaga login sendiri melalui laptop atau HP nya masing, walaupun lodingny cukup mengesalkan dan membosankan tapi mereka tetap berusaha untuk bisa login. Ada juga yang bermain game, ada yang sekedar bercanda dengan temannya, dan berbagai macam kegiatan lainnya yang dilakukan untuk mengusir kepenatan dan kegalauan yang mereka rasakan saat menungu apakah diterima atau tidak disekolah favorit, tergeser atau tidak namanya diurutan aman pada sekoalh favorit atau justru berada dalam zona merah. Berikut ini beberap poto hasil jepretan kamera saat pelaksanaan PPDB online ke SMA/SMK Kota Bogor Tahun 2014/2025 : Baca entri selengkapnya »

Posted in Dunia Pendidikan | Dengan kaitkata: , | 3 Comments »

Passing Grade SMAN/SMKN Kota Bogor Tahun Pelajaran 2014/2015

Posted by abifasya pada 30 Juni 2014

Passing Grade ????

Passing Grade ????

Alhamdulillahi Robbil ‘alamiin, seiring dengan berakhirnya masa penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk tingkat SMA/SMK di Kota Bogor yang diselenggarakan secara online pada hari Sabtu yang lalu. Sejak hari kemarin (Minggu) sekitar lewat pukul 5 WIB dapat  diketahui pula passing grade masing-masing sekolah di kota Bogor. Passing Grade tahun ini berbeda dengan passing grade tahun sebelumnya. Jika tahun-tahun sebelumnya setiap sekolah hanya memiliki 1 passing garade saja, maka pada tahun pelajaran 2014/2015 ini passin grade masing-masing sekolah bergantung pada jumlah jurusan/ peminatan yang dimiliki. Untuk SMA rata-rata memiliki 2 program peminatan yaitu MIA dan IIS maka passing garade nya pun ada 2 yaitu passing grade untuk program MIA dan program IIS, sementara untuk SMK yang memiliki 5 program peminatan maka passing gradenya pun ada 5. Jadi pada satu sekolah tidak lagi memiliki 1 passinng grade tapi bisa 2 passing grade bahkan lebih. Berikut ini kami sajikan Passing Grade setiap Sekolah di Kota Bogor untuk Tahun Pelajaran 2014/2015 : Baca entri selengkapnya »

Posted in Dunia Pendidikan | Dengan kaitkata: , , | 1 Comment »

Serunya PPDB Online

Posted by abifasya pada 29 Juni 2014

Panitia PPDB sedang Memberikan Penjelasan

Panitia PPDB sedang Memberikan Penjelasan

Alhmdulillahirobil ‘alamiin
Kalimah thoyibah itulah yang pertama kali aku ucapkan saat aku mulai bisa membuka portal PPDB disdik Kota Bogor , kenapa demikian ? Karena sejak semalam lampu mati dan tidak bisa memantau kondisi terakhir sebaran peserta didik SMPN 5 di SMA/SMK yang mereka idolakan. Satu persatu mulai dari SMAN 1 jurusan/peminatan MIA ku buka dan aku ucapkan astaghfirullah karena sedikit sekali yang diterima di sekolah tersebut tapi segera aku ganti kalimah thoyibah itu dengan ucapan hamdalah karena jika aku tidak mengucapkan hamdalah berarti aku tidak bersyukur atas nikmat yang Allah berikan dan akhirnya akupun bisa menyelesaikan pemantauan sebaran peserta didik SMPN 5 seiring dengan berakhirnya pencarian peserta didik yang diterima di SMKN 4 kota Bogor. Baca entri selengkapnya »

Posted in Dunia Pendidikan | Dengan kaitkata: , , , | 3 Comments »

Informasi PPDB Online Kota Bogor

Posted by abifasya pada 10 Juni 2014

 

portal ppodbSumber :https://ppdb.disdikbogor.net

buksdis

Ka Disdik Kota Bogor

Pengantar PPDB 2014
Penerimaan Peserta didik baru harus dapat menciptakan suatu sistem pendidikan nasional yang dapat menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global sehingga perlu dilakukan pembaharuan dalam proses pendidikan, yang diawali mulai dari proses penerimaan peserta didik baru secara terencana, terarah, dan berkesinambungan.

Pedoman Penerimaan calon Peserta Didik Baru pada TK, SD, SMP, SMA dan SMK Negeri dan Swasta di Kota Bogor Tahun Pelajaran 2013/2014, dimaksudkan untuk menjamin pemerataan akses, peningkatan mutu dan relevansi, Dalam proses penyelenggaraan penerimaan peserta didik baru, menganut prinsip bersih, transparan, profesional, dan akuntabel, sehingga masyarakat mendapatkan layanan yang lebih baik.

Bogor, 01 Maret 2014

Dasar Hukum

  1. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahuan 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4301)
  2. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 125, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4437) sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 59, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4844)
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik IndonesiaTahun 2005 Nomor 41, Tambahan Lembaran Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 4496), sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Peerintah Nomor 32 Tahun 2013 (Lembaran Negara Republik IndonesiaTahun 2013 Nomor 71, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5410)
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010Nomor23, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5105) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan atas Peraturan PemerintahNomor17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor112, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5157)
  5. Peraturan Bersama antara Menteri Pendidikan Nasional dan Menteri Agama Nomor 04/VI/PB/2011, Nomor MA/111/2011 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-kanak/Raudhatul Athfal/Bustanul Athfal dan Sekolah/Madrasah
  6. Surat Edaran Gubernur Jawa Barat Nomor 420/25/Yansos tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Tahun Pelajaran 2014/2015
  7. Peraturan Daerah Kota Bogor Nomor 3 Tahun 2008 tentang Urusan Pemerintahan Kota Bogor (Lembaran Daerah Kota Bogor Tahun 2008 Nomor 2 Seri E)
  8. Peraturan Daerah Kota Bogor Nomor 3 Tahun 2010 tentang Organisasi Perangkat Daerah (Lembaran Daerah Kota Bogor Tahun 2010Nomor1 Seri D)
  9. Peraturan Daerah Kota Bogor Nomor 13 Tahun 2012 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Daerah Kota Bogor Tahun 2012 Nomor 6 Seri E)
  10. Peraturan Walikota Bogor Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas /Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Dan Swasta Di Kota Bogor Berita Daerah Kota Bogor Tahun 2014 Nomor Seri )

Baca entri selengkapnya »

Posted in Dunia Pendidikan | Dengan kaitkata: , , , | 137 Comments »

Stand Up Comedy Berpotensi Lecehkan Agama

Posted by abifasya pada 5 Juni 2014

اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ

اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ

اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ

أشهد أن لا اله الا الله وأشهد ان محمد رسول الله

أشهد أن لا اله الا الله وأشهد ان محمد رسول الله

أشهد أن لا اله الا الله وأشهد ان محمد رسول الله

Serentak semua siswa SMPN 5 Bogor yang hadir dalam puncak acara perayaan HUT SMPN 5 pada hari Sabtu tanggal 31 Mei 2014 mengucapkan dua kalimah thayyibah tersebut. Semua siswa saya ajak untuk kembali mengucapkan dua kalimah syahadat sebagai tanda bahwa mereka telah kembali kepada ajaran Islam setelah sebelumnya mereka secara tidak sadar telah dibawa kepada kondisi penuh kecerian dan kesenangan yang BERBALUT MURTAD karena di dalam sajian STAND UP COMEDI kemarin banyak sisipan materi yang mencemoohkan ajaran Islam. Mengajarkan dan berbuat kurang ajar terhadap guru.

Saya berkeyakinan ketika kita tanyakan dan menginterogasi mereka, mereka akan menjawab : “ini kan hanya sekedar joke, ini kan sekedar bercanda, ini kan seni … sekedar hiburan ko, kita ga ada maksud untuk mencomooh ajaran agama tertentu” …. Dan mungkin seabreg jawaban bernada pembelaan dan pembenaran lainnya akan mereka katakana.

Padahal coba perhatikan peringatan Allah berikut ini :

وَلَئِن سَأَلْتَهُمْ لَيَقُولُنَّ إِنَّمَا كُنَّا نَخُوضُ وَنَلْعَبُ ۚ قُلْ أَبِاللَّهِ وَآيَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنتُمْ تَسْتَهْزِئُونَ لَا تَعْتَذِرُوا قَدْ كَفَرْتُم بَعْدَ إِيمَانِكُمْ

Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentu mereka akan menjawab: “Sesungguhnya kami hanya bersenda gurau dan bermain-main saja”. Katakanlah: “Apakah dengan Allah, ayat-ayatNya dan RasulNya kamu selalu berolok-olok?” Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah beriman… [At Taubah : 65-66].
Coba Perhatikan pula Sebuah Hadits yang Diriwayatkan dari lbnu Umar, Muhammad bin Ka’ab, Zaid bin Aslam dan Qatadah yang intinya sebagai berikut : Ketika dalam peristiwa perang Tabuk ada orang-orang yang berkata “Belum pernah kami melihat seperti para ahli baca Al Qur`an ini, orang yang lebih buncit perutnya, lebih dusta lisannya dan lebih pengecut dalam peperangan”. Maksudnya, menunjuk kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat yang ahli baca Al Qur`an. Maka berkatalah Auf bin Malik kepadanya: “Omong kosong yang kamu katakan. Bahkan kamu adalah munafik. Niscaya akan aku beritahukan kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ”. Lalu pergilah Auf kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk memberitahukan hal tersebut kepada Beliau. Tetapi sebelum ia sampai, telah turun wahyu Allah kepada Beliau. Ketika orang itu datang kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, Beliau telah beranjak dari tempatnya dan menaiki untanya. Maka berkatalah dia kepada Rasulullah: “Ya Rasulullah! Sebenarnya kami hanya bersenda-garau dan mengobrol sebagaimana obrolan orang-orang yang bepergian jauh untuk pengisi waktu saja dalam perjalanan kami”. Ibnu Umar berkata,”Sepertinya aku melihat dia berpegangan pada sabuk pelana unta Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam , sedangkan kedua kakinya tersandung-sandung batu sambil berkata: “Sebenarnya kami hanya bersenda-gurau dan bermain-main saja”. Lalu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadanya: “Apakah terhadap Allah, ayat-ayatNya dan RasulNya kamu selalu berolok-olok?”

Baca entri selengkapnya »

Posted in Dunia Pendidikan | Dengan kaitkata: , , , , | 11 Comments »

Waspadai 10 Sinetron dan FTV Tidak Layak Tonton

Posted by abifasya pada 18 Mei 2014

Ganteng-Ganteng Srigala

Ganteng-Ganteng Srigala

Apa yang pernah terjadi di Negeri china pada pertengahan bulan September 2013 yang lalu mungkin akan terjadi di Indonesia di mana saat itu Seorang siswa SMA di Fuzhou, tega membunuh kepala sekolahnya sendiri dengan sadis di sekolah hanya gara-gara sang kepala sekolah menyita dan merampas ponselnya serta berniat mengadukan masalah pelanggaran disiplin tersebut kepada orang tuanya. Kejadian mengenaskan ini bermula ketika sang siswa, yang tidak disebutkan namanya, sedang asyik memainkan ponselnya pada jam istirahat. Sang kepala sekolah melihatnya dan merampas serta menyita ponselnya. Atau mungkin kejadian semacam ini pernah terjadi di Indonesia hanya saya belum mendapatkan beritanya, sementara kasus murid yang memukul gurunya pernah terjadi di Indonesia salah satunya adalah apa yang dilakukan oleh salah seoarang murid di MTs.N 1 Bima terhadap gurunya karena balas dendam dan disuruh oleh orang tuanya untuk memukul gurunya di hadapan polisi dan guru-guru yang lain (sungguh peristiwa yang sangat memalaukan). Yang lebih ironisnya lagi sang guru honorer itu bukannya mendapat pembelaan dari satuan pendidikan tempat dia mengajar malah sang guru dinonaktifkan mengajar di sekolah tersebut.(video terkait).

Peristiwa terakhir kasus kekerasan yang akhir-akhir ini terjadi adalah kematian seorang siswa SD Negeri 09 Makasar Jakarta yang bernama Renggo Kadafi oleh temannya sendiri.
Bukan hanya kasus kekerasan fisik yang perlu kita khawatirkan, tetapi kebobrokan moral para penerus bangsa ini tak kalah pentingnya untuk kita khawatirkan. Kasus kekerasan seksual sudah terjadi di mana-mana, bahkan pernah terjadi pemerkosaan terhadap pelajar setingkat SMP yang dilakukan oleh teman-temannya. Sungguh bobrok sekali moral anak negeri ini, anak yang masih bisa disebut sebagai anak yang BAU KENCUR sudah melakukan perbuatan yang hanya boleh dilakukan oleh orang dewasa pasangan yang halal. Baca entri selengkapnya »

Posted in Sisi Lain | Dengan kaitkata: , , , , | 1 Comment »

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 298 pengikut lainnya.