Farhansyaddad weblog

Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik

Susahnya Menjadi Pemaaf

Posted by abifasya pada 30 Juli 2015

Halal bihalal di STIKOM

Halal bihalal di STIKOM

Assalaamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selepas lebaran di setiap instansi selalu saja ada yang menyelenggarakan shilaturrahmi idulfitri yang di negeri kita kegiatan tersebut sering disebut halal bil halal, pun demikian dengan di STIKOM Bina Niaga yang merupakan bagian dari Pajajaran Grup (STIE Bina Niaga, STIKOM BIna Niaga, Amik Bgor, BBC Sukabumi) tidak ketinggalan menyelenggarakan acara tersebut.

Walaupun saat ini saya tidak lagi merupakan bagian dari perguruan tinngi tersebut tapi setidaknya saya pernah bergabung dengan salah satu anggota grup tersebut yaitu AMIK Bogor. Dan pada kesempatan halal bil halal tersebut saya diberikan tugas untuk menyampaikan “mauidzhatul hasanah” (istilah Pak Syamsul STIKOM …heheheh). Yaa … walaupun sebenarnya acara tersebut berbarengan dengan acara halal bil halal di SMPN 5 Bogor saya sanggupi aja. Dan materi yang saya sampaikan pada kesempatan tersebut adalah kajian dari Q.S. Ali Imran ayat 133 s.d. 135 berikut ini :

وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَاْلأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ   الَّذِينَ يُنفِقُونَ فِي السَّرَّآءِ وَالضَّرَّآءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ   وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَن يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ اللهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa, (QS. 3:133)

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (QS. 3:134)

Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah – Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengatahui. (QS. 3:135)

Baca entri selengkapnya »

Posted in Shilaturrahmi | Dengan kaitkata: , , , , | 1 Comment »

Sebaran Peserta Didik SMPN 5 Bogor Ke Jenjang SLTA

Posted by abifasya pada 10 Juli 2015

Selamat Jalan

Selamat Jalan

Firman Allah dalam Surat Al Insyirah :

Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, (QS. 94:7).

Diantara makna dari ayat tersebut bisa saja diartikan bahwa bila kita telah selesai sekolah di tingkat SLTP (menengah pertama), maka segeralah melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi (SLTA). Dan tentunya agar setiap gerakan kita bernilai ibadah  cari sekolah yang lebih tinggi itu sekolah yang memiliki keunggulan sehingga bisa mengantarkan kita pada kesuksesan, tentunya dengan cara-cara yang halal dan thoyib. Tidak menghalalkan segala cara. Jangan jadikan kedudukan orang tua kita di masyarakat dan atau pemerintahan sebagai alat untuk memperoleh kepuasan kita bersekolah di sekolah yang kita inginkan tapi tidak sesuai dengan kemampuan otak kita.

Saat ini kita patut bersyukur memiliki wali kota yang memperhatikan akuntabilitas dan tranfaransi dalam pelaksanaan PPDB dengan adanya PPDB online yang mampu meminimalisir kecurangan dalam PPDB yang biasa dilakukan para BIONG, bahkan mungkin boleh dikatakan kecurangan itu hampir tidak ada. Walaupun cara ini sangat tidak disukai para BIONG yang saat ini hanya bisa bengong.  Baca entri selengkapnya »

Posted in Dunia Pendidikan | Dengan kaitkata: , , | 1 Comment »

PASSING GRADE SMP NEGERI KOTA BOGOR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Posted by abifasya pada 8 Juli 2015

Para OPS SMPN 5 Bogor sedanga melayani Para Pendaftar

Para OPS SMPN 5 Bogor sedang melayani Para Pendaftar

Passing grade SMP Negeri Kota Bogor tahun ini boleh dikatakan ada penurunan dibanding tahun yang lalu. Tahun lalu SMP Negeri 1 Kota Bogor berada di posisi pertama dengan passinggrade 28.35. Tahun ini SMP Negeri 1 memang tetap berada di posisi pertama tapi passinggrade nya hanya 27.75 (277.500), disusul SMP Negeri 4 dengan passinggrade 274.000, dan SMP Negeri 5 dengan passinggrade 271.500.

Walaupun nilai minimum tertinggi atau passinggrade ada di SMP Negeri 1 Bogor dengan nilai 277.500, tetapi siapa disangka kalau nilai maksimum tertingginya ada di SMP Negeri 8 Bogor dengan nilai 295.000, disusul SMP N 15 Bogor dengan nilai 293.000, SMP Negeri 1 291.500, SMP N 19 291.000. Sementara nilai minimum (passinggrade) terendah ada di SMP Negeri 17 Bogor dengan nilai 221.000.  Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dalam tabel berikut : Baca entri selengkapnya »

Posted in Dunia Pendidikan | Dengan kaitkata: , | Leave a Comment »

DAFTAR SISWA KELAS VIII DAN IX SMPN 5 BOGOR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Posted by abifasya pada 7 Juli 2015

Ruang Kelas

Ruang Kelas

Tahun Pelajaran Baru sebentar lagi akan segera dimulai, Insya Allah mulai 27 Juli nanti Kegiatan Belajar Mengajar akan berlangsung efektif, diawali dengan MOPDB untuk kelas VII yang menjadi penghuni baru di SMPN 5 Bogor.

Di SMPN 5 Bogor dan tentunya di sekolah-sekolah lainnya juga tidak ada istilah minggu pertama belum bener belajarnya jadi boleh santai-santai saja. untuk itu mulai sejak seminggu  yang lalu pembagian kelas untuk kelas VIII dan IX sudah mulai dilakukan, semua siswa harus mau menerima atas pembagian kelas yang telah dilakukan karena pembagian ini telah melalui berbagai macam pertimbangan, dan Insya Allah sangat matang. Berikut pembagian kelas VIII s.d. IX SMPN 5 Bogor tahun Pelajaran 2015/2016 : Baca entri selengkapnya »

Posted in Seputar SMPN 5 | Dengan kaitkata: , , | Leave a Comment »

Passing Grade SMAN/SMKN Kota Bogor T.P. 2015/2016

Posted by abifasya pada 3 Juli 2015

ALhamdulillah, washolatu wassalamu ‘ala rosulillah, waba’du …

Hari ini, Jumat tgl. 03 Juli 2015 adalah hari diumumkannya penerimaan peserta didik baru SMA/SMK jalur reguler, dan kemarin adalah hari terakhir PPDB. Dan dengan demikian hari ini telah diketahui berapa passinggrade masing-masing sekolah, berikut ini passinggrade SMA/SMK Kota Bogor T.P. 2015/2016 :

1. Passing Grade SMA Negeri Kota Bogor Tahun Pelajaran 2015/2016

Passing Grade SMA Negeri Kota Bogor T.P. 2015/2016

Passing Grade SMA Negeri Kota Bogor T.P. 2015/2016

2. Passinggrade SMK Negeri 1 dan 2 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2015/2016

Passing Grade SMKN 1 dan 2

Passing Grade SMKN 1 dan 2

3. Pasiinggrade SMK Negeri 3 dan 4 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2015/2016

Passing Grade SMKN 3-4

Passing Grade SMKN 3-4

Demikian informasi seputar passinggrade  SMA/SMKN Kota Bogor Tahun Pelajaran 2015/2016, semoga bermanfaat. Jika ada kekeliruan mohon maaf, dan Insya Allah akan diperbaharui.

Posted in Dunia Pendidikan | Dengan kaitkata: , | 2 Comments »

PPDB ONLINE KOTA BOGOR

Posted by abifasya pada 29 Juni 2015

Para Siswa Sedang Login

Para Siswa Sedang Login

Nampaknya harapan untuk pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru onLine yang lebih baik dari tahun lalu masih belum bisa terlaksana pada hari ini di tahun ini, besok berharap bisa lebih baik. Hari ini di SMPN 5 disediakan 6 buah komputer lengkap dengan printernya untuk memudahkan para peserta didik alumni SMPN 5 Bogor TP 2014/2015 melakukan login selain itu ada juga para alumni lima yang membawa laptop dan modem sendiri tapi yang terjadi justru loginya semakin susah walaupun ada beberapa siswa yang berhasil login tapi itu mereka lakukan sebelum pukul 08.00, padahal jadwan PPDB online dimulai pukul 08.00, walau demikian syukurlah mereka bisa login bahkan bisa cetak bukti pendaftaran. Baca entri selengkapnya »

Posted in Dunia Pendidikan | Dengan kaitkata: , | 5 Comments »

Info Seputar PPDB online Kota Bogor Tahun Pelajaran 2015/2016

Posted by abifasya pada 11 Juni 2015

PPDB onLine Kota Bogor

PPDB onLine Kota Bogor

Mulai hari ini di Kota Bogor telah menerima Pendaftaran Peserta Didik Baru melalui Jalur Prestasi, jalur Keluarga Miskin, dan jalur Tendik. Kegiatan ini Insya Allah akan berlangsung sampai dengan Hari Sabtu tanggal 13 Juni 2015. Sementara untuk jalur reguler yang diselenggarakan secara online, Insya Allah akan dimulai pada tanggal 29 Juni s.d. 02 Juli 2015 Untuk jenjang SMA/SMK. Dan mulai tanggal 03 s.d. 07 Juli untuk jalur SMP.
Untuk sekedar turut serta menyebarkan informasi seputar PPDB online di Kota Bogor berikut ini akan saya kutifkan dari situs resminya PPDB online Kota Bogor berbagai ketentuan terkait PPDB online di Kota Bogor, semoga bermanfaat : Baca entri selengkapnya »

Posted in Dunia Pendidikan | Dengan kaitkata: , , , , | 42 Comments »

Kisi-Kisi Ujian Sekolah Tingkat SMP Kota Bogor Seluruh Mata Pelajaran

Posted by abifasya pada 22 Maret 2015

illustrasi : saat TUC kota

illustrasi : saat TUC kota

Bismillah, al hamdulillah, Asyhadu an la ilaha illallah waasyhadu anna muhammadan rosululloh, washolatu wassalamu ala Rosulillah wa ala alihi waashabihi wamawwalah, waba’du.

Tinggal satu pekan lagi seluruh siswa SMP di kota Bogor akan menghdapi masa ujian sekolah, karena Insya Allah mulai hari Senin tanggal 30 Maret tahun 2015 nanti masa ujian sekolah akan segera mereka lakoni. Berbagai macam persiapan tentu telah dilakukan baik secara mandiri maupun melalui bimbingan para guru, bahkan hampir disetiap sekolah sejak awal telah dilakukan berbagai macam kegiatan untuk suksesnya pelaksanaan ujian sekolah dan ujian nasional. Mulai dari kegiatan bimbingan belajar sampai kegiatan doa bersama dan kegiatan motivasi, tak terkecuali di SMPN 5 Bogor semua kegiatan untuk menuju suksesnya US dan UN juga telah dilakukan. Bimbingan belajar telah dilakukan sejak awal tahun ajaran 2014/205, Tes Uji Coba UN pun telah dilakukan mulai dari TUC yang dilakukan di tingkat sekolah, tingkat kota, bahkan Insya Allah pertengahan April nanti akan dilaksanakan TUC tingkat provinsi. Bukan hanya itu hari selasa pekan lalu  (17 Maret 2015) telah dilaksanakan pemberian motivasi menuju sukses UN 2015 bedi ruang serbaguna lantai 3 SMPN 5 Bogor. Baca entri selengkapnya »

Posted in Dunia Pendidikan | Dengan kaitkata: , , , | 9 Comments »

KISI-KISI USBN PAI SMP TAHUN 2015

Posted by abifasya pada 22 Februari 2015

Kisi-Kisi USBN 2015

Kisi-Kisi USBN 2015

Tak selamanya jagung itu direbus

nyatanya hari ini dibakar …… harganya cuma seeribuu…….

eh… salah … demam ini talkshaw jadinya we ngaco, maksudnya tak selamanya telat alias terlambat itu berdampak buruk, buktinya saya merasa telat dan terlambat untuk mengunggah kisi-kisi USBN PAI SMP tahun 2015 karena saya mendapatkan kisi-kisi tersebut dari ketua MGMP PAI SMP Kota Bogor yang konon kabarnya beliau mendapatkan kisi-kisi tersebut dari AL Mukarom Ustadz Oleh Ruhyana pengurus MGMP Provinsi Jawa Barat sejak 3 minggu yang lalu, ternyata kisi-kisi tersebut adalah kisi-kisi yang belum FINAL alias masih babak penyisihan …eh ..masih dalam kondisi draft dan iseng-iseng berhadiah kemarin buka-buka file soal dan kisi-kisi yang dikirim Seksi PAIS Kota Bogor dalam bentuk CD dengan maksud mau membandingkan antara soal yang dibuat provinsi dengan soal yang dibuat Kota Bogor ternyata pas sampai soal nomor 9 ada perbedaan yang cukup menonjol, maka mau tidak mau harus cek kisi-kisi dan ternyata kisi-kisinya memang berbeda, pada kisi-kisi yang didapat sebelumnya (dari MGMP) soal untuk nomor 9 itu bunyi kisi-kisinya adalah “disajikan ilustrasi yang berkaitan dengan taqdir, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang termasuk takdir mu’alaq” sementara pada kisi-kisi yang baru (dari seksi PAIS) soal nomor 9 itu bunyi kisi-kisinya adalah : “disajikan sebuah kasus tentang sikap  yang bertentangan dengan qada dan qadar Allah swt, peserta didik dapat menentukan pernyataan sikap yang sesuai dengan ajaran Islam”. Baca entri selengkapnya »

Posted in Dunia Pendidikan | Dengan kaitkata: , , | 1 Comment »

Din Syamsuddin Jangan Meremehkan Dengan Ucapan Selamat …

Posted by abifasya pada 29 Desember 2014

Din Syamsuddin dan Tokoh Agama Lain

Din Syamsuddin dan Tokoh Agama Lain

JAKARTA (voa-islam.com– Perdebatan mengenai ucapat selamat Hari Raya Natal oleh umat Islam pada umat Nasrani tak pernah berhenti. Sebagian muslim dan kalangan ulama menganggap ucapan tersebut haram karena bisa mengganggu akidah.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Din Syamsuddin mengatakan”MEMBOLEHKAN”ucapan selamat Natal karena tidak di-atur secara spesifik dalam fatwa mereka. Din bahkan mengatakan ucapan selamat Natal boleh saja dilakukan oleh Muslim.

“Selama hal tersebut tidak memengaruhi akidah muslim, maka (ucapan selamat Natal) dapat dilakukan,” ujar Din saat menghadiri acara di Kompleks MPR/DPR RI, Jakarta, Selasa (23/12).

Menurut Din, ucapan selamat Natal biasa dilakukan berdasarkan rasa persahabatan dan kultur di Indonesia.

“Menurut saya, jika sekadar konteks kultural budaya sebagai refleksi persahabatan, (ucapan selamat Natal) juga dapat dilakukan,” kata Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah tersebut seperti dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (23/12/2014) yang lalu.
Baca entri selengkapnya »

Posted in KISS | Dengan kaitkata: , , | Leave a Comment »

Hukum Mengucapkan Selamat Natal Dan Memakai Atribut Khas Natal

Posted by abifasya pada 25 Desember 2014

Ustadz Yusuf Mansur

Ustadz Yusuf Mansur

Bismillahirrahmaanirrahiim,..

Perlu pemahaman yang mendalam bahkan mungkin harus pada ngaji lagi sebuah kitab klasik yang banyak dikaji di Pesantren-pesantren berbasis NU, yaitu Kitab Sulam Taufiq di dalam kitab tersebut disebutkan tentang murtad dan macam-macamnya seperti murtad qauly (ucapan), fi’ly (perbuatan), dan i’tiqadi (hati). masing-masing murtad tersebut berdiri sendiri, artinya ketika kita melakukan murtad ucapan maka tidak ada istilah : “aqu kan cuma ngomong doang, ga pake hati”. Jadi saat ngomong yang ga pake hatipun ketika kita mengucapkan kata-kata yang bisa menyebabkan kita keluar dari ajaran Islam atau sering disebut istilah murtad, maka terjadilah MURTAD itu.

Sejak hari kemaren banyak sekali pertanyaan yang saya dapat seputar ucapan selamat natal dan memakai atribut khas natal baik dari rekan kerja maupun dari anak didik saya, padahal pertanyaan ini hampir setiap tahun mereka tanyakan dan jawaban saya tetep bahwa mengucapkan selamat natal adalah HARAM. Diantara penanya ada yang memberikan informasi bahwa di sebuah media onine Hidayat Nur Wahid membolehkan mengucapkan selamat Natal, merasa penasaran saya coba membuka media tersebut dan ternyata yang saya dapatkan pertama kali justru TABAYUN/KLARIFIKASI dari beliau bahwa beliau tidak berkata begitu. TIdak hanya itu penanyapun menyampaikan info bahwa ketua MUI mengatakan kalau MUI gak pernah melarang mengucapkan selamat Natal.

Hadooohhh … kenapa pula ini padahal kata ustadz Yusuf Mansyur : Ingin dianggap toleran tak perlu Beri Ucapan Natal, ada cara lain. Setuju banget nih dengan ustadz Yusuf Mansyur, karena toleransi buat saya bukan berarti harus turut serta merayakan acara mereka, baik hanya mengucapkan selamat apalagi turut serta merayakannya. Naudzubillahi mindzalik, semoga Allah menjauhkan kita semua dari hal-hal yang bisa memurtadkan hamba dan kelaurga hamba serta kaum muslimin seluruhnya.

Baca entri selengkapnya »

Posted in KISS | Dengan kaitkata: , , | 4 Comments »

Jalan Tengah untuk Kurikulum 2013

Posted by abifasya pada 13 Desember 2014

Generasi Kurtilas ???

Generasi Kurtilas ???

Presiden Obama pun pada tahun 2014 mulai memasukkan konten nonfiksi dari mata pelajaran IPA, IPS, dan PKN ke dalam mata pelajaran Bahasa. Jadi, kita sudah sejak 2013, tapi Amerika baru memulai tahun 2014.”

Surabaya (ANTARA News) – Jangan dikira antara Mendikbud Anies Baswedan dengan mantan Mendikbud Mohammad Nuh itu memiliki perbedaan dalam menyikapi Kurikulum 2013.

Keduanya sepakat bahwa Kurikulum 2013 itu sangat baik, karena kurikulum itu lebih komprehensif dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya.
Keduanya berpendapat, kurikulum yang ada selama ini hanya menghasilkan kompetensi kognitif siswa, namun Kurikulum 2013 justru menghasilkan tiga kompetensi sekaligus yakni kognitif (pengetahuan), ketrampilan, dan sikap (spiritualitas).
Kurikulum 2013 mengubah proses pembelajaran yang selama ini berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa (bahkan juga mendorong proses pembelajaran yang melibatkan orang tua siswa).
Selain itu, kurikulum itu juga mengubah proses pembelajaran yang selama ini menghasilkan siswa yang pintar secara kognitif dengan mengandalkan hafalan menjadi siswa yang kreatif dan berkarakter.
Namun, kedua pejabat yang sama-sama peduli dengan dunia pendidikan itu memiliki perbedaan dalam teknis implementasi di lapangan.
Saat menjabat, Mohammad Nuh menerapkan implementasi Kurikulum 2013 pada 6.221 sekolah percontohan pada tahun ajaran 2013/2014 (April 2013), dan pada tahun ajaran 2014/2015 langsung diberlakukan untuk seluruh sekolah (218.000-an sekolah).
Namun, di tengah perjalanan atau saat Kurikulum 2013 berlaku “setengah jalan” pada tahun ajaran 2014/2015 (seharusnya berakhir April 2015), Mendikbud Anies Baswedan mengeluarkan putusan pada Desember 2014 untuk kembali pada Kurikulum 2006 atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Dalam putusan itu, penggagas Indonesia Mengajar itu tidak menghentikan pemberlakukan Kurikulum 2013, namun membatasi pemberlakuan pada 6.221 sekolah percontohan, karena siswa dan guru dinilai belum siap.
“Kurikulum itu hal yang berbeda sama sekali dengan BBM. Kalau BBM itu sekarang diumumkan naik, maka esoknya sudah dapat langsung dieksekusi (harga naik),” kata Anies setelah berbicara dalam Leader for Change Program BEM Unair Surabaya (23/11).
Dalam konteks itu, mantan Rektor Universitas Paramadina Jakarta itu menghendaki hasil penerapan Kurikulum 2013 pada 6.221 sekolah percontohan itu dievaluasi terlebih dulu untuk mengetahui perbaikan apa yang perlu dilakukan untuk tahap berikutnya.
Artinya, Anies Baswedan tidak sepakat bila Kurikulum 2013 langsung diberlakukan untuk seluruh sekolah pada tahun ajaran berikutnya. “Ibaratnya, pelaksanaan Kurikulum 2013 itu terlalu prematur,” katanya.
Di hadapan 100 peserta “Leader of Change Program 2014” BEM Unair itu, Anies menyatakan dirinya ingin menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan dan menghasilkan para pembelajar.
“Pembelajar itu merupakan orang yang mengalami dan bukan sekadar menjalani. Pembelajar itu selalu belajar dari pengalaman, tidak terpaku pada program, dan berpikir kreatif, karena itu pendidikan harus mengarah ke sana,” katanya.
Baca entri selengkapnya »

Posted in Dunia Pendidikan | Dengan kaitkata: , , | Leave a Comment »

Kurikulum 2013 Dihentikan

Posted by abifasya pada 6 Desember 2014

Mendikbud

Mendikbud

Sejak tadi malam sebenarnya telah membaca pada teks berjalan salah satu televisi swasta yang menyebutkan bahwa Kurikulum 2013 untuk sekolah yang baru melaksanakan satu semester kembali kepada kurilulum 2006, dan bagi sekolah yang sudah melaksanakan selama 3 semester dilanjutkan. Dan tadi pagi di sekolah rame dibicarakan tentang penghentian kurikulum tersebut. Sekolahku termasuk sekolah yang baru melaksanakan kurikulum 2013 selama satu semester, itu artinya sekolahku kembali ke kurikulum 2006. Padahal sejak hari rabu teman-teman guru di sekolahku telah sibuk melakukan entry nilai di komputer sekolah yang di dalamnya sudah ada format aplikasi penilaian kurikulum 2013, banyak diantara teman-teman yang melakukannya sampai menjelang sore saking “semangatnya” memasukan hasil penilaian sesuai KURTILAS, dan hari ini pemandangan seperti itu tidak lagi ditemukan karena “KURTILAS nya BATAL” alias dihentikan oleh Pak Menteri.  Baca entri selengkapnya »

Posted in Dunia Pendidikan | Dengan kaitkata: , , | 14 Comments »

KISI-KISI UAS GANJIL Kelas IX 2014/2015

Posted by abifasya pada 29 November 2014

Ulangan di SMPN 5 Bogor

Ulangan di SMPN 5 Bogor

Ada yang berbeda dalam pelaksanaan ulangan akhir semester (UAS) di tahun pelajaran 2014/2015 ini, setelah lebih dari lima tahun semenjak diberlakukannya kurikulum tingkat satuan pendidikan tahun 2006 tidak pernah ada yang namanya ulangan bersama

se kota Bogor kini makhluk yang bernama ulangan bersama itu hadir lagi seiring diberlakukannya kurikulum 2013, padahal tak ada satupun regulasi yang ada mendukung terlaksananya ulangan bersama. Coba lihat permendiknas no 20 tahun 2007 tentang penilaian, atau permendikbud no 66 tahun 2014 tentang perihal yang sama pada kedua permen tersebut disebutkan bahwa Ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester, dilakukan oleh pendidik di bawah koordinasi satuan pendidikan. Jadi tidaklah tepat Jika UAS atau UTS dilakukan secara bersama-sama di bawah koordinasi dinas pendidikan atau MKKS. Tapi terlepas dari semua itu kita bisa ambil hikmah dari kondisi ini, setidaknya tahun ini tidak terjadi ada sekolah yang telah terlebih dahulu melakukan UAS sementara sekolah yang lainnya masih melakukan kegiatan KBM. Baca entri selengkapnya »

Posted in Dunia Pendidikan | Dengan kaitkata: , | 4 Comments »

Dari SMPN 5 Untuk Palestina

Posted by abifasya pada 25 Juli 2014

doa untuk gaza

Shalat Ghaib

Hari Sabtu seminggu yang lalu (19 Juni 2014) adalah hari akhir pelaksanaan Pesantren Kilat di SMPN 5 Bogor yang pelaksanaannya bekerja sama dengan Pondok Pesantren Khusnul Khotimah Kuningan. Pada penutupan acara sanlat tersebut dilakukan serangkaian acara yang Insya Allah sangat bermanfaat. Selain acara ceremonial yang mengakhiri kegiatan sanlat di SMPN 5 Bogor, dilaksanakan juga sebuah acara amal yang menunjukan kepedulian ummat Islam warga SMPN 5 Bogor untuk saudara-saudaranya di Gazsa Palestina, diawali dengan shalat Ghaib yang dipimpin oleh Ustadz Mahmudin untuk lebih dari  200 orang mujahidin yang telah terlebih dahulu Syahid dilanjutkan dengan doa untuk kejayaan Islam dan kaum muslimin dan kehancuran Bangsa Yahudi Israil Laknatullah, dilanjutkan pula dengan orasi dari beberapa orang siswa mewakili tingkatan kelasnya masing-masing ditutup dengan orasi dari salah seorang guru agama yang memberikan semangat berjihad dan senantiasa peduli kepada saudara-saudara di Palestina sana.

Baca entri selengkapnya »

Posted in Dunia Islam | Dengan kaitkata: , , , | 4 Comments »

 
Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 392 pengikut lainnya.