Farhansyaddad weblog

Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik

Archive for the ‘KISS’ Category

di sini ada Kajian Islam Santai dan serius. Mungkin seputar Fiqh, aqidah, ahlaq, tafsir, dll.

Caradamai Bershalawat bersama Habib Muhammad Mahdi bin Hamzah bin ‘Alwi Asseggaf

Posted by abifasya pada 29 Januari 2017

1-jamaah

Sejak Ba’da Maghrib para Jama’ah telah berkumpuk di halaman rumah Bapak Saepudin Zuhdi untuk mengikuti pengajian bersama Habib Mahdi, seorang Habib Muda yang cerdas, tegas dan bisa masuk kepada jama’ah lintas generasi mulai dari anak-anak, pemuda pemudi, bahkan aki-aki jeung nini semua senang mendengar ceramah sang Habib. Sebelum Habib datang terlebih dahulu telah datang grup Hadroh Syam (syababul Mukhtarin) melantunkan berbagai macam shalawat dan qasidah yang membuat jama’ah betah. Ada beberapa qasidah yang dilantunkan yang saya tidak hapal liriknya, hanya turi putih dan padang bulan yang agak sedikit tahu tentang liriknya dan sempat ikut melantunkan walaupun rada balelol. Sambil menunggu kedatangan Habib tampilah Ustadz Ridwan, seorang ustadz Muda yang sudah cukup terkenal diwilayah Bogor karena isi ceramahnya yang berisi, tidak terlalu banyak bercanda dan kalaupun  ada candanya tetap tidak terlepas dari konten utama. Diantara isi ceramah yang beliau sampaikan adalah perlunya syukur nikmat yang sesuai dengan tuntunan agama, jangan lakukan syukur dengan cara yang salah, beiau mencontokan saat kita mendapatkan nikmat panjang umum boleh kita merayakanya sebagai tanda syukur, tapi ingat jangan ada maksiat dalam pelaksanaanya, lakukanlah perayaan ulang tahun dengan memperbanyak istighfar, memperbanyak shadaqah, memberi makan fakir miskin, anak yatim, dan kaum dhu’affa.

Baca entri selengkapnya »

Posted in Dunia Islam, KISS, Shilaturrahmi | Dengan kaitkata: , , , , | Leave a Comment »

MENGAGUNGKAN BUDAYA ADAT MELESTARIKAN SYIRIK DAN MAKSIAT

Posted by abifasya pada 12 Juli 2016

Illustrasi

Sekedar Ilustrasi

SINETRON, film, bahkan konser musik, sudah menjadi media penghantar untuk menjejalkan kemusyrikan dan aneka kemunkaran kepada penikmatnya. Namun, ada yang telah lebih dulu mejadi media penghantar bahkan pelestari kemusyrikan dan aneka kemunkaran, yaitu apa yang disebut dengan tradisi atau budaya lokal.

Tradisi atau budaya lokal itu disamping dijadikan sebagai sarana penghantar bahkan pelestari kemusyrikan, kemaksiatan, dan kemunkaran; masih pula kemudian dijejalkan kepada murid-murid sekolah, yang sering dikemas dalam pelajaran apa yang disebut Bahasa Indonesia yang setiap sepekannya menghabiskan sekitar 8 sampai 10 jam pelajaran. Sedang pelajaran agama hanya sekitar 2 jam pelajaran alias 80 sampai 90 menit. Sementara Pelajaran Bahasa Indonesia menghabiskan waktu sekitar 450 menit. Jadi pelestarian kemusyrikan dan kemunkaran lebih punya banyak waktu dibanding waktu untuk pelajaran agama. Mari kita simak kembali kondisi pendidikan di Indonesia. Baca entri selengkapnya »

Posted in KISS | Dengan kaitkata: , , , , | Leave a Comment »

Lemahnya Etos Kerja Penyebab Hilangnya Keberkahan Rezeki

Posted by abifasya pada 1 September 2015

staf TU SMPN5bgrDalam sebuah hadits dikatakan bahwa :
“Sesungguhnya di antara perbuatan dosa ada dosa yang tidak bisa terhapus oleh shaum dan Shalat. Ditanyakan pada beliau : ‘Apakah yang dapat menghapuskannya, Ya Rasulullah ?” Jawab Rasul saw: “Bekerja (kesusahan) dalam mencari nafkah penghidupan”(HR. Abu Nu’aim)
“Ada sebagian dosa manusia yang tidak dapat diampuni dengan melakukan shalat, puasa, zakat, haji, dan umrah. Tapi dosa tersebut terampuni lantaran keprihatinannya memikirkan nafkah keluarga.” (HR. Imam Muslim)
Dalam kedua hadits di atasa tidak disebutkan dosa apa yang bisa dihapus dengan lelahnya bekerja, tidak disebukan juga pekerjaan apa yang bisa menghapus dosa. Itu artinya bahwa apapun pekerjaan kita, bila dilakukan dengan sunguh-sungguh dan penuh keikhlasan dan didekasikan hanya untuk mengigat dan berbakti kepada Allah maka pekerjaan teresbut berpotensi menjadi penghapus dosa.
Tapi perlu kita waspadai juga karerna ternyata jika kita tidak memiliki etos kerja yang tinggi dalam pekerjaan kita, bekerja hanya asal-asalan, kalau datang ke kantor hanya mengisi absen saja, duduk santai, ngobrol ngalor ngidul, tanpa ada pekerjaan yang berarti yang kita lakukan. Maka perbuatan seperti ini bisa menyebabkan hilangnya berkah dari uang gaji yang kita terima. Baca entri selengkapnya »

Posted in KISS | Dengan kaitkata: , | 3 Comments »

Din Syamsuddin Jangan Meremehkan Dengan Ucapan Selamat …

Posted by abifasya pada 29 Desember 2014

Din Syamsuddin dan Tokoh Agama Lain

Din Syamsuddin dan Tokoh Agama Lain

JAKARTA (voa-islam.com– Perdebatan mengenai ucapat selamat Hari Raya Natal oleh umat Islam pada umat Nasrani tak pernah berhenti. Sebagian muslim dan kalangan ulama menganggap ucapan tersebut haram karena bisa mengganggu akidah.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Din Syamsuddin mengatakan”MEMBOLEHKAN”ucapan selamat Natal karena tidak di-atur secara spesifik dalam fatwa mereka. Din bahkan mengatakan ucapan selamat Natal boleh saja dilakukan oleh Muslim.

“Selama hal tersebut tidak memengaruhi akidah muslim, maka (ucapan selamat Natal) dapat dilakukan,” ujar Din saat menghadiri acara di Kompleks MPR/DPR RI, Jakarta, Selasa (23/12).

Menurut Din, ucapan selamat Natal biasa dilakukan berdasarkan rasa persahabatan dan kultur di Indonesia.

“Menurut saya, jika sekadar konteks kultural budaya sebagai refleksi persahabatan, (ucapan selamat Natal) juga dapat dilakukan,” kata Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah tersebut seperti dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (23/12/2014) yang lalu.
Baca entri selengkapnya »

Posted in KISS | Dengan kaitkata: , , | Leave a Comment »

Hukum Mengucapkan Selamat Natal Dan Memakai Atribut Khas Natal

Posted by abifasya pada 25 Desember 2014

Ustadz Yusuf Mansur

Ustadz Yusuf Mansur

Bismillahirrahmaanirrahiim,..

Perlu pemahaman yang mendalam bahkan mungkin harus pada ngaji lagi sebuah kitab klasik yang banyak dikaji di Pesantren-pesantren berbasis NU, yaitu Kitab Sulam Taufiq di dalam kitab tersebut disebutkan tentang murtad dan macam-macamnya seperti murtad qauly (ucapan), fi’ly (perbuatan), dan i’tiqadi (hati). masing-masing murtad tersebut berdiri sendiri, artinya ketika kita melakukan murtad ucapan maka tidak ada istilah : “aqu kan cuma ngomong doang, ga pake hati”. Jadi saat ngomong yang ga pake hatipun ketika kita mengucapkan kata-kata yang bisa menyebabkan kita keluar dari ajaran Islam atau sering disebut istilah murtad, maka terjadilah MURTAD itu.

Sejak hari kemaren banyak sekali pertanyaan yang saya dapat seputar ucapan selamat natal dan memakai atribut khas natal baik dari rekan kerja maupun dari anak didik saya, padahal pertanyaan ini hampir setiap tahun mereka tanyakan dan jawaban saya tetep bahwa mengucapkan selamat natal adalah HARAM. Diantara penanya ada yang memberikan informasi bahwa di sebuah media onine Hidayat Nur Wahid membolehkan mengucapkan selamat Natal, merasa penasaran saya coba membuka media tersebut dan ternyata yang saya dapatkan pertama kali justru TABAYUN/KLARIFIKASI dari beliau bahwa beliau tidak berkata begitu. TIdak hanya itu penanyapun menyampaikan info bahwa ketua MUI mengatakan kalau MUI gak pernah melarang mengucapkan selamat Natal.

Hadooohhh … kenapa pula ini padahal kata ustadz Yusuf Mansyur : Ingin dianggap toleran tak perlu Beri Ucapan Natal, ada cara lain. Setuju banget nih dengan ustadz Yusuf Mansyur, karena toleransi buat saya bukan berarti harus turut serta merayakan acara mereka, baik hanya mengucapkan selamat apalagi turut serta merayakannya. Naudzubillahi mindzalik, semoga Allah menjauhkan kita semua dari hal-hal yang bisa memurtadkan hamba dan kelaurga hamba serta kaum muslimin seluruhnya.

Baca entri selengkapnya »

Posted in KISS | Dengan kaitkata: , , | 4 Comments »

9 Ciri Dukun Berbaju Ulama Menurut Ustadz Arifin Ilham

Posted by abifasya pada 11 Maret 2014

arifin-ilhamz

Ustadz Arifin Ilham

JAKARTA (Arrahmah.com) – Menurut Ustadz Arifin Ilham, sedikitnya ada 9 ciri untuk mengetahui apakah seseorang yang mengaku ustadz, habib, atau ulama, merupakan dukun atau bukan. Dikutip dari facebook Ustadz Arifin Ilham dan fimadani.com, berikut ciri-ciri dukun yang mengaku ulama, kiai, atau ustadz, habib tersebut.

Dukun akan menggunakan semua cara untuk memperdaya pasiennya, terutama yang sangat awam pengetahuan Syariat Islam, bahkan kalau perlu mengunakan gelar kehormatan ulama, seperti Kiai, Ustadz, Habib, dan sebagainya. Untuk itu kenalilah dukun “berbaju mulia” ini, di antaranya:

1. Tidak mengunakan nama aslinya, tetapi nama yang dikesankan ada “kedigjayaan”

Inilah ciri khas para dukun dan paranormal. Mereka sangat suka menggelari diri mereka dengan sebutan-sebutan aneh dan menyiratkan kesaktian. Para dukun juga menggelari mereka sendiri dengan julukan ‘Ki’ contoh : Ki ……, Ki ……… , dan lain-lain. Yang bergelar ‘ustadz’ pun tidak sedikit, padahal nama aslinya bisa jadi adalah ‘Muhammad Susilo Wibowo’. Baca entri selengkapnya »

Posted in KISS | Dengan kaitkata: , , , | 4 Comments »

KONSEP NAFS DALAM AL-QUR’AN

Posted by abifasya pada 8 Juli 2012

Oleh : Abdul Muhid – Penulis adalah Dosen Tetap Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya

Jurnal 338 Ilmu Dakwah Vol. 16 No. 1 April 2008

(Telaah tentang Konsep Manusia Menurut Al-Qur’an)

Pendahuluan

Di dalam al-Qur’an surat al-Dzuriyat ayat 21 Allah berfirman: “Dan tentang anfus kalian, apakah kalian tidak memperhatikan (“untuk menganalisisnya”). Seruan Allah ini mengisyaratkan bahwa betapa pentingnya menganalisis diri pribadi (anfus) manusia. Di dalam al-Qur’an telah cukup banyak diterangkan tentang konsep manusia. Salah satu yang diterangkan dalam al-Qur’an adalah tentang rahasia-rahasia yang ada dalam diri manusia (anfus), sebagaimana firman Allah dalam surat Fushilat ayat 53, yang artinya: “Kami perlihatkan kepada mereka tanda-tanda kekuasaan Kami pada seluruh ufuk dan di dalam “anfus”mu sendiri, sehingga jelas bahwasannya al-Qur’an itu benar”.
Di dalam ayat tersebut terdapat kata anfus jama’ dari kata nafs yang banyak disebut dalam al-Qur’an. Konsep tentang nafs dalam al-Qur’an banyak variasi maknanya. Hal itu disebabkan karena berasal dari bervariasinya makna katakata nafs itu sendiri dalam sumbernya, yaitu berbagai ayat dalam al-Qur’an. Quraish Shihab berpendapat, bahwa kata nafs dalam al-Qur’an mempunyai aneka makna, sekali diartikan sebagai totalitas manusia (QS:5;32), tetapi di tempat lain nafs menunjuk kepada apa yang terdapat dalam diri manusia yang menghasilkan tingkah laku (QS:13;11). Namun, secara umum dapat dikatakan bahwa nafs dalam konteks pembicaraan manusia, menunjuk kepada sisi dalam manusia yang berpotensi baik dan buruk1. Berdasarkan hal inilah, maka perlu dibahas suatu konsep tentang hakekat manusia yang tertera dalam ayat-ayat al-Qur’an yang berbunyi nafs. Pembahasan tentang nafs sangat menarik untuk dikaji, karena di dalam al-Qur’an cukup banyak menyebutnya. Hal ini menandakan bahwa pribadi manusia atau nafs itu sangat penting untuk dibahas dan dianalisis. Baca entri selengkapnya »

Posted in KISS | Dengan kaitkata: , , , , , | 9 Comments »

Wanita, Cobaan Atas Kaum Pria

Posted by abifasya pada 6 Mei 2012

Bunga

Bunga

Dari Usamah bin Zaid radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah aku tinggalkan sesudahku suatu fitnah/cobaan yang lebih membahayakan bagi kaum pria daripada fitnah kaum wanita.” (HR. Muslim [2740])

Dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya dunia itu manis dan hijau. Dan sesungguhnya Allah mempercayakan kalian untuk mengurusinya, Allah ingin melihat bagaimana perbuatan kalian. Maka berhati-hatilah kalian dari fitnah dunia dan takutlah kalian akan fitnah kaum wanita. Karena sesungguhnya fitnah pertama di kalangan Bani Isra’il adalah dalam masalah wanita.” (HR. Muslim [2742])

Baca entri selengkapnya »

Posted in KISS | Dengan kaitkata: , , , , | 12 Comments »

Syubhat Seputar Larangan Isbal

Posted by abifasya pada 28 April 2012

Isbal

Isbal

Isbal artinya menjulurkan pakaian melebihi mata kaki. Isbal terlarang dalam Islam, hukumnya minimal makruh atau bahkan haram. Banyak sekali dalil dari hadits Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam yang mendasari hal ini.

Dalil seputar masalah ini ada dua jenis:

Pertama, mengharamkan isbal jika karena sombong.

Nabi shallallahu‘alaihi wa sallam bersabda:

من جر ثوبه خيلاء ، لم ينظر الله إليه يوم القيامة . فقال أبو بكر : إن أحد شقي ثوبي يسترخي ، إلا أن أتعاهد ذلك منه ؟ فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : إنك لن تصنع ذلك خيلاء . قال موسى : فقلت لسالم : أذكر عبد الله : من جر إزاره ؟ قال : لم أسمعه ذكر إلا ثوبه

Barangsiapa menjulurkan pakaiannya karena sombong, tidak akan dilihat oleh Allah pada hari kiamat. Abu Bakar lalu berkata: ‘Salah satu sisi pakaianku akan melorot kecuali aku ikat dengan benar’. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: ‘Engkau tidak melakukan itu karena sombong’.Musa bertanya kepada Salim, apakah Abdullah bin Umar menyebutkan lafadz ‘barangsiapa menjulurkan kainnya’? Salim menjawab, yang saya dengan hanya ‘barangsiapa menjulurkan pakaiannya’. ”. (HR. Bukhari 3665, Muslim 2085) Baca entri selengkapnya »

Posted in KISS | Dengan kaitkata: , , , , | 6 Comments »

Malam Jum’at Disunnahkan Baca Surat Al-Kahfi, Bukan Surat Yasin

Posted by abifasya pada 12 April 2012

Bacalah !!!

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, keluarga dan para sahabatnya serta umatnya hingga akhir zaman.

Membaca surat Yasin pada malam Jum’at menjadi tradisi yang melekat pada masyarakat Melayu, seperti Indonesia dan Malaysia. Selepas Maghrib, rumah-rumah, masjid, dan mushalla ramai dengan lantunan surat Yasin baik dengan sendiri-sendiri maupun berjamaah. Terekam dalam benak, bahwa ini adalah amal yang benar-benar disyariatkan dan memiliki pahala besar. Bagaimana sebenarnya hukum takhsis malam Jum’at dengan membaca surat Yasin? Baca entri selengkapnya »

Posted in KISS | Dengan kaitkata: , , , , | 14 Comments »

Perbedaan Shalat Isyraq dan Shalat Duha

Posted by abifasya pada 16 November 2011

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, keluarga dan para sahabatnya.

Shalat Isyraq, menurut Syaikh Utsaimin adalah shalat yang dikerjakan setelah matahari meninggi satu tombak, sekitar lima belas menit setelah matahari terbit. Disebut demikian karena dikerjakan sesudah terbitnya matahari. Menurut Syaikh Utsaimin, Syaikh Ibnu Bazz, dan lainnya adalah Shalat Isyraq termasuk Shalat Dhuha itu sendiri. Karena Shalat Dhuha dikerjakan sesudah matahari terbit dan meninggi satu tombak, -sekitar 15 sampai 20 menit sesudah terbit-  sampai matahari mendekati dipertengahan, -sekitar 10 menit sebelum di pertengahan-. Baca entri selengkapnya »

Posted in KISS | 22 Comments »

Celaka! Mati Berjihad, Rajin Sedekah & Baca Al-Quran, Tapi Masuk Neraka

Posted by abifasya pada 24 Agustus 2011

Kita pasti bertanya, kok bisa, seorang hamba yang mati di medan jihad, berilmu dan membaca al-Qur’an, serta dikenal karena kedermawanannya, tapi pada akhirnya terlempar ke neraka. Apa sebabnya?

Abu Hurairah meriwayatkan, ia pernah mendengar Rasulullah Saw bersabda, ”Manusia pertama yang diadili pada hari Kiamat nanti adalah orang yang mati syahid. Orang yang mati syahid didatangkan di hadapan Allah. Kemudian ditunjukkan segala kenikmatan yang telah diberikan kepadanya, dan ia mengakuinya. Baca entri selengkapnya »

Posted in KISS | 7 Comments »

Saatnya Mengencangkan Ikat Pinggang

Posted by abifasya pada 22 Agustus 2011

itikaf (doc.pribadi)

Diantara kita semua tidak ada yang pernah tahu kapan kita akan meninggalkan dunia ini, apakah hari ini atau besok ?, harapan di awal ramadlan bahkan sejak menapaki bulan Rajab kita semua minta : “Ya Allah Berkahi kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikanlah kami ke Bulan Ramadlan”. Hal itu kita lakukan karena kita ingin kembali merasakan nikmatnya ramadlan. untuk mengejar ketaqwaan yang menjadi target diperintahkannya shaum ramadlan banyak diantara kita yang melakukan perbuatan-perbuatan terpuji mulai dari muhasabah jelang ramadlan, menghindarkan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan pahala puasa diantaranya dengan berusaha sekuat tenaga shaumkan lisan, memburu malam-malam ganjil, bercum bu dengan Allah menjemput lailatul qadar, dan akhirnya kitapun menjadi pemenang dan dapat meninggalakan kemungkaran-kemungkaran dalam merayakan hari raya sehingga tampaklah pada diri kita perilaku yang mencerminkan tanda-tanda kalau ibadah ramadhan kita diterima Allah swt. Baca entri selengkapnya »

Posted in KISS | Dengan kaitkata: , | 5 Comments »

Hakekat I’tikaf Sepuluh Hari Akhir Ramadhan

Posted by abifasya pada 20 Agustus 2011

Ikhwani fiddien rahimakumullah…

Dari ‘Aisyah ra katanya: “Sesungguhnya Nabi saw i’tikaf pada tiap-tiap sepuluh yang akhir bulan Ramadhan hingga beliau wafat. Kemudian istri-istri beliau meneruskan i’tikaf seperti itu sesudah beliau wafat.” (HR Muslim)

Dari ‘Aisyah ra, ia berkata: “Apabila telah masuk sepuluh yang akhir pada bulan Ramadhan, Nabi saw lebih giat beribadah pada malam-malamnya. Beliau membangunkan keluarganya dan beliau lebih tekun. Beliau kencangkan ikat sarungnya (menjauhi istrinya untuk lebih mendekati Allah?).” (HR Muslim)

Banyak yang bertanya: Mengapa ada sunnah Rasulullah saw untuk i’tikaf 10 hari akhir Ramadhan? Kalau semua Muslim meksanakannya apa akan terjadi. Masjid-masjid akan penuh dan roda pemerintahan akan terhenti selama 10 hari, karena semua orang akan memadati masjid dan berhenti bekerja. Baca entri selengkapnya »

Posted in KISS | Dengan kaitkata: , , , | 5 Comments »

LAILATUL QADAR: Kapan Adanya dan Bagaimana Cara Mencarinya?

Posted by abifasya pada 18 Agustus 2011

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasulullah, keluarga, dan para sahabatnya.

Mendapatkan Lailatul Qadar menjadi dambaan insan beriman, karena di dalamnya Allah turunkan rahmat dan keberkahan. Amal-amal ibadah dan shaleh yang dikerjakan di dalamnya, nilainya lebih baik daripada amal-amal tersebut dikerjakan selama seribu bulan yang tidak ada Lailatul Qadar di dalamnya.

Di Lailatul Qadar tersebut, para malaikat turun ke bumi. Ada yang mengatakan mereka turun dengan membawa rahmat, keberkahan dan ketentraman bagi manusia. Ada yang berpendapat, mereka turun membawa semua urusan yang ditetapkan dan ditakdirkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’alauntuk masa satu tahun. Sebagaimana yang tertera dalam firman-Nya:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ أَمْرًا مِنْ عِنْدِنَا إِنَّا كُنَّا مُرْسِلِينَ

Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami.  Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutus rasul-rasul.” (QS. Al-Dukhan: 3-5)

Pada malam itu keamaan dan keselamatan menyatu dalam diri orang-orang beriman, dan mereka mendapatkan salam terus menerus dari para Malaikat. Para ahli ibadah merasakan ketentraman hati, lapangnya dada, dan lezatnya beribadah di malam istimewa itu yang tak pernah di dapatkan pada malam-malam selainnya. Baca entri selengkapnya »

Posted in KISS | Dengan kaitkata: , | 5 Comments »