Farhansyaddad weblog

Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik

Harapan Jelang Ramadlan

Posted by abifasya pada 7 Agustus 2010


Ramadlan tinggal beberap hari lagi, apakah kita semua termasuk orang-orang yang berbahagia saat Ramadlan itu menyapa kita ?, jika iya maka layak bagi kita untuk menjadi orang yang diharamkan Allah untuk disentuh api neraka.  Kedatangan Ramadhan yang mulia akan disambut dengan penuh kegembiraan oleh insan beriman yang selalu merindukan kehadirannya dan menghitung-hitung hari kedatangannya. Banyak keutamaan yang dijanjikan untuk diraih dan didapatkan di bulan mulia ini diantaranya adalah :

1. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan dalam keadaan iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Al-Bukhari no. 1901 dan Muslim no. 1778)
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
2. Dari ‘Imran bin Murrah Al-Juhani radhiallahu ‘anhu, ia berkata: Seseorang datang menemui Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam seraya berkata:

“Wahai Rasulullah, apa pendapat anda bila aku bersaksi bahwasanya tidak ada sesembahan yang benar kecuali Allah saja dan aku bersaksi bahwa engkau adalah Rasulullah, aku mengerjakan shalat lima waktu, menunaikan zakat dan puasa di bulan Ramadhan, maka termasuk dalam golongan manakah aku?” Rasulullah menjawab: “Engkau termasuk golongan shiddiqin dan syuhada.” (HR. Al-Bazzar, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban dalam Shahih keduanya, dan lafadz yang disebutkan adalah lafadz Ibnu Hibban. Dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu dalam Shahih At-Targhib wat Tarhib no. 989)


3. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Telah datang pada kalian Ramadhan bulan yang diberkahi. Allah Subhanahu wa Ta’ala mewajibkan atas kalian untuk puasa di bulan ini. Pada bulan Ramadhan dibuka pintu-pintu langit dan ditutup pintu-pintu neraka serta dibelenggu setan-setan yang sangat jahat. Pada bulan ini Allah memiliki satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Siapa yang diharamkan untuk mendapatkan kebaikan malam itu maka sungguh ia telah diharamkan.” (HR. Ahmad, 2/385, An-Nasa`i no. 2106, dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan An-Nasa`i. Lihat Shahih At-Targhib wat Tarhib no. 985, Al-Misykat no. 1962)
4. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Shalat lima waktu, Jum’at ke Jum’at berikutnya dan Ramadhan ke Ramadhan berikutnya adalah penghapus dosa di antara keduanya, apabila dijauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim no. 549)
يَا رَسُوْلَ اللهِ، أَرَأَيْتَ إِنْ شَهِدْتُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ الله، وَأَنَّكَ رَسُوْلَ اللهِ، وَصَلَّيْتُ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسَ، وَأَدَّيْتُ الزَّكاةَ، وَصُمْتُ رَمَضَانَ، فَمِمَّنْ أَنَا؟ قَالَ: مِنَ الصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَاءِ أَتَاكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌ مُبَارَكٌ، فَرَضَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ، تُفْتَحُ فِيْهِ أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَتُغْلَقُ فِيْهِ أَبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلُّ فِيْهِ مَرَدَةُ الشَّيَاطِيْنِ، لِلَّهِ فِيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، مَنْ حُرِمَ خَيْرُهَا فَقَدْ حُرِمَ الصَّلَوَاةُ الْخَمْسُ وَالْجُمُعَةَ إِلَى الْجُمُعَةِ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ، مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ، إِذَا اجْتُنِبَتِ الْكَبَائِرُ

Jika Allah masih menghendaki kita bisa bertemu dengan Ramadlan tahun ini maka manfaatkanlah sebaik-baiknya untuk mendapatkan rahmat dan pengampunan Allah sehingga kita akan terbebas dari siksa api neraka, tetapi jika tahun lalu adalah Ramadlan terakhir buat kita, tidak ada salahnya jika kita senantiasa berharap bisa bertemu dengan Allah dalam penuh keimanan dan terbebas dari segala bentuk kemaksiatan sehingga kita meninggalkan dunia ini dalam keadaan khusnul khotimah.

Wallahu ‘alam.

Sebagian sumber : AsySyari’ah

7 Tanggapan to “Harapan Jelang Ramadlan”

  1. Kakaakin said

    Marhaban ya… Ramadhan…
    Semoga kualitas dan kuantitas ibadah kita di Ramadhan ini jadi lebih baik lagi 🙂

    Suka

  2. Hajar Aswad said

    Selamat menunaikan ibadah Shaum kang

    Suka

  3. Fitri said

    Selamat menunaikan ibadah puasa.

    Mohon maaf lahir & bathin

    🙂

    Suka

  4. Ramadhan Mubarak!

    Salam kenal & Silaturahmi sama kang Adminya! Link sobat sudah ane pasang di Sidebar & hal.blogroll blogku. link balik nya ya ? terima kasih seblmnya 🙂

    Suka

  5. Abdul Aziz said

    Asslamu’alaikum wr wb,

    Kumaha damang Pak ? Tos lami nembe tiasa deui ngurunyung.

    Mudah-mudahan Ramadhan kali ini bisa mengurangi dosa-dosa kita, Semoga kita berhasil menggapai tujuan puasa , yaitu menjadi orang yang bertakwa.

    Selamat berpuasa.Mohon maaf bila selama ini ada hal-hal yang kurang berkenan di hati.

    Terima kasih.
    Salam,

    Suka

  6. nurhayadi said

    Semoga shaum kita tidak hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja

    Suka

  7. sekarang sudah masuk ramadhan
    aku juga punya harapan besar untuk bisa meningkatkan amal ibadahku
    dari waktu kewaktu
    amien
    😀

    Suka

Tinggalkan komentar