Farhansyaddad weblog

Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik

Archive for the ‘Shilaturrahmi’ Category

Disini akan diceritakan mulai dari posting awal kang Farhan sampai dengan hal-hal yang ada kaitanya dengan hubungan sesama manusia (hablum minannas)

Caradamai Bershalawat bersama Habib Muhammad Mahdi bin Hamzah bin ‘Alwi Asseggaf

Posted by abifasya pada 29 Januari 2017

1-jamaah

Sejak Ba’da Maghrib para Jama’ah telah berkumpuk di halaman rumah Bapak Saepudin Zuhdi untuk mengikuti pengajian bersama Habib Mahdi, seorang Habib Muda yang cerdas, tegas dan bisa masuk kepada jama’ah lintas generasi mulai dari anak-anak, pemuda pemudi, bahkan aki-aki jeung nini semua senang mendengar ceramah sang Habib. Sebelum Habib datang terlebih dahulu telah datang grup Hadroh Syam (syababul Mukhtarin) melantunkan berbagai macam shalawat dan qasidah yang membuat jama’ah betah. Ada beberapa qasidah yang dilantunkan yang saya tidak hapal liriknya, hanya turi putih dan padang bulan yang agak sedikit tahu tentang liriknya dan sempat ikut melantunkan walaupun rada balelol. Sambil menunggu kedatangan Habib tampilah Ustadz Ridwan, seorang ustadz Muda yang sudah cukup terkenal diwilayah Bogor karena isi ceramahnya yang berisi, tidak terlalu banyak bercanda dan kalaupun  ada candanya tetap tidak terlepas dari konten utama. Diantara isi ceramah yang beliau sampaikan adalah perlunya syukur nikmat yang sesuai dengan tuntunan agama, jangan lakukan syukur dengan cara yang salah, beiau mencontokan saat kita mendapatkan nikmat panjang umum boleh kita merayakanya sebagai tanda syukur, tapi ingat jangan ada maksiat dalam pelaksanaanya, lakukanlah perayaan ulang tahun dengan memperbanyak istighfar, memperbanyak shadaqah, memberi makan fakir miskin, anak yatim, dan kaum dhu’affa.

Baca entri selengkapnya »

Iklan

Posted in Dunia Islam, KISS, Shilaturrahmi | Dengan kaitkata: , , , , | Leave a Comment »

Susahnya Menjadi Pemaaf

Posted by abifasya pada 30 Juli 2015

Halal bihalal di STIKOM

Halal bihalal di STIKOM

Assalaamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selepas lebaran di setiap instansi selalu saja ada yang menyelenggarakan shilaturrahmi idulfitri yang di negeri kita kegiatan tersebut sering disebut halal bil halal, pun demikian dengan di STIKOM Bina Niaga yang merupakan bagian dari Pajajaran Grup (STIE Bina Niaga, STIKOM BIna Niaga, Amik Bgor, BBC Sukabumi) tidak ketinggalan menyelenggarakan acara tersebut.

Walaupun saat ini saya tidak lagi merupakan bagian dari perguruan tinngi tersebut tapi setidaknya saya pernah bergabung dengan salah satu anggota grup tersebut yaitu AMIK Bogor. Dan pada kesempatan halal bil halal tersebut saya diberikan tugas untuk menyampaikan “mauidzhatul hasanah” (istilah Pak Syamsul STIKOM …heheheh). Yaa … walaupun sebenarnya acara tersebut berbarengan dengan acara halal bil halal di SMPN 5 Bogor saya sanggupi aja. Dan materi yang saya sampaikan pada kesempatan tersebut adalah kajian dari Q.S. Ali Imran ayat 133 s.d. 135 berikut ini :

وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَاْلأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ   الَّذِينَ يُنفِقُونَ فِي السَّرَّآءِ وَالضَّرَّآءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ   وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَن يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ اللهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa, (QS. 3:133)

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (QS. 3:134)

Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah – Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengatahui. (QS. 3:135)

Baca entri selengkapnya »

Posted in Shilaturrahmi | Dengan kaitkata: , , , , | 2 Comments »

APA KABAR SAHABAT ????

Posted by abifasya pada 13 Desember 2013

blog apdetAssalaamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Lama tidak menulis membuat saya susah untuk memulai tulisan lagi, apa yang harus saya tulis untuk memulainya lagi, bingung pokok n amah ga tahu harus menulis apa. Padahal saat blog ini dibuat boleh dibilang saya lagi banyak-banyaknya job, saat itu saya masih jadi wakasek kurikulu, Ketua MGMP PAI Kota Bogor, Pengurus MGMP PAI Jabar, dan berbagai macam kegiatan lainnya. Disela-sela kesibuakan saat itu saya masih sempat menulis atau sekedar COPAS dari web lain yang saya rasa bermanfaat untuk dishare di dunia maya ini. Saat ini kesibukan saya hanya mengajar di SMP dan di beberapa PTS di Bogor (STIE Kesatuan, Kent Akademi, dan AMIK Bogor)tapi sulit sekali saya menyempatkan diri untuk menulis. Mungkin wabah penyakit MMMMM yang saat ini sedang melanda saya yaitu MALAS MENULIS MELALUI MEDIA MAYA. Baca entri selengkapnya »

Posted in Shilaturrahmi | Dengan kaitkata: , , , , | 22 Comments »

Hari Ini Kami Berlebaran

Posted by abifasya pada 30 Agustus 2011

Lapangan Sempur, 30 Agustus 2011

Walaupun semalaman dalam sidang isbat kementerian agama telah ditetapkan bahwa hari raya Idul Fitri jatuh pada hari Rabu besok, tapi kami tetap  melaksanakan idul fitri tahun ini pada hari ini. Karena kami lebih yakin kalau “rukyatul hilal cakung” bisa kami percaya terlebih mereka telah berani untuk disumpah. Jangan berrita rukyatul hilal itu datang dari orang-orang terpecaya para ustadz dari FPI (kalau tidak salah), datang dari org fasiqpun insya Allah saya akan percaya kalau mereka mau disumpah. Baca entri selengkapnya »

Posted in Shilaturrahmi | Dengan kaitkata: , | 4 Comments »

Dua Bulan Ga nge-Blog

Posted by abifasya pada 15 Agustus 2011

Entah apa yang harus saya persalahkan, karena akhir-akhir ini malas sekali untuk menulis di blog ini, baik menulis yang memang tulisan sendiri ataupun sekedar copy paste dari tulisan orang lain untuk terus disebarkan di blog ini, yang jelas setelah saya gonta-ganti templet ternyata templet yang awal seperti yang saya pakai saat ini (andreas09) jauh lebih membawa saya bersemangat untuk menulis.

Setidak setiap bulan ada satu tulisan yang saya tampilkan di blog ini, tapi sudah dua bulan ini tak satupun saya tampilkan, bahkan saat ini bulan ramadlan biasanya lebih dari dua tulisan yang saya sajikan, mudah-mudahan saja setelah kembali ke temlet awal saya bisa lebih rajin lagi menulis dan bisa mengunjungi sahabat2 saya di dunia maya para blogger setia yang selalu saya nantikan kunjungan2nya dan komen-komenya.

Templet seperti yang ada pada gambar di atas adalah templet yang paling membuat saya malas menulis tulisan terakhir dibuat dua bulan yang lalu pada tgl 19 Mei 2011 dengan judul Salah Kaprah dalam Pelaksanaan UTS,UAS, dan UKK, mohon doa restu dari semua semoga setelahnya saya kembali ke templet awal, kemalasan itu tidak ada lagi.

Penempatan widget mungkin masih acak-acakan, Insya Allah dalam waktu beberapa hari sudah bisa dirapikan seperti dulu. semangat … semangat … semangat.

Salam hangat selalu

*ABIFASYA*

Posted in Shilaturrahmi | Dengan kaitkata: , | 10 Comments »

Empat Kartu AS Untuk GPAI

Posted by abifasya pada 26 November 2010

Drs. H. Saeroji, MM

Luarrr biasa ….!!!

Barangkali itu yang harus saya katakan ketika Ka Kanwil Kemenag Prof. Jabar memberikan pembinaan dalam acara “PEMBINAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH UMUM BERBASIS ICT PADA SD, SMP, SMA, DAN SMK” di Hotel Endah Parahyangan. Betapa tidak … ? karena walaupun Ka Kanwil ini pernah menjadi Kepala Kemenag Kota Bogor, tapi baru kali ini aku mendegarkan beliau  memberikan pembinaan yang panjang lebar dan sangat berbobot dan tentunya tidak membosankan. Yang biasanya “BIMASLOR”BegItu MASuk langsung moLOR, kali ini alhamdulillah terbebas dari kantuk itu dan bisa membuat postingan ini untuk disebar luaskan kepada seluruh GPAI yang ada di dunia ini .  😆 😆 🙂 😉  :mrgreen: Baca entri selengkapnya »

Posted in Shilaturrahmi | Dengan kaitkata: , , , , | 13 Comments »

Datang Bulan – Bulan Malas

Posted by abifasya pada 25 Oktober 2010

 

malas

Padahal banyak momen yang bisa dijadikan untuk bahan tulisan, tapi duka kunaon atuhnya abifasya teh kena ku owah gingsir, pokoknya malas banget untuk menulis, bahkan untuk menyalin tulisan orang dari blog pilihan seperti dari arrahmah.com, voalislam, dan lai-lain juga tidak abi lakukan. Mudah-mudahan penyakit malas ini tidak berlanjut sampai dengan bulan November, terlebih bulan november itu ada dua kejadian penting buat abifasya, mudah-mudahan kedua kejadian poenting itu bisa dijadikan bahan tulisan abi di bulan November mendatang. Baca entri selengkapnya »

Posted in Shilaturrahmi | Dengan kaitkata: , , , , , , , | 29 Comments »

Sertijab Ketua MGMP PAI Kota Bogor

Posted by abifasya pada 5 Oktober 2010

serijab

Al hamdulillah, akhirnya selesai juga amanah itu dilaksanakan. Setelahnya dua periode saya menjabat sebagai ketua MGMP PAI Kota Bogor hari senin kemarin tanggal 04 Oktober 2010 dilakukan serah terima jabatan dari pengurus lama periode 2008/2010 ke pengurus baru 2010/2014. Kepengurusan lama yang saya komandani sesuai SK Kepala dinas Kota Bogor tahun 2008 dan sesuai AD/ART MGMP PAI Kota Bogor masa berlakunya hanya dua tahun saja, sementara untuk kepengurusan baru yang dikomandani Pak Edi Suwanto, M.PdI masa baktinya selama 4 tahun tapi tetap masa jabatannya hanya boleh dua periode saja. Baca entri selengkapnya »

Posted in Shilaturrahmi | Dengan kaitkata: , , , , , , , | 19 Comments »

Maafkan Lahir Dan Bathin

Posted by abifasya pada 9 September 2010

Idul Fitri 1431 H

Al hamdulillah, ramadlan tahun ini bisa dilalui mudah-mudahan saja sampai terbenam matahari nanti Allah masih memberikan umur kepada Aku sehingga ramadhan tahun ini tidak menjadi ramadlan terakhir bagiku, tetapi andaikan ramdhan tahun ini adalah ramadlan terakhirku, maafkanlah segala kesalahanku, izinkanlah aku untuk menjadi pemenang. Bahkan aku berharap mendapat derajat taqwa, sehingga tidak keluar dari mulut manisku taqwa ku kejar tapi apa yang kudapat ?. Sejak awal ramadlan telah kucoba memperbaiki diri mulai dari Muhasabah jelang Ramadlan, menghindarkan diri dari segala sesuatu yang merusak shaum seperti bermesraan dengan istri tercinta di siang hari, bahkan akupun berusaha shaumkan lisan dari hal-hal yang tidak bermanfaat. Setiap malam senantiasa berharap  merasakan nikmatnya ramadlan, dan bercumbu dengan Allah menjemput lailatul qadr bahkan dengan memburu malam ganjil. Dan Semoga saja saat hari raya besok bisa meninggalkan segala perbuatan yang termasuk munkarat.

Untuk itu abifasya dan kelurga mengucapkan :

SELAMAT IDUL FITRI 1431 H

MAAFKAN LAHIR DAN BATHIN

TAQABBALALLAHU MINKUM WAMINNA

TAQABBAL YAA KARIIM

Salam Hangat Selalu Dari Kota Hujan Untuk Semua Blogger Dan Pembaca Farhansyaddad weblog

Salaaaaaaaaaaaam

Posted in Shilaturrahmi | Dengan kaitkata: , , , | 35 Comments »

Tas Baru Dari Pakdhe Cholik

Posted by abifasya pada 28 April 2010

abifasya n tali asih

Pengumuman Kejuaran supermanshow aksi dan kreasi telah dilakukan sejak 21 April yang lalu, dan ternyata abi fasya masuk ke dalam lima besar jawara supermanshow. Kemarin siang tali asih untuk juara ke V sampai ke tangan abifasya. Dan Al Hamdulillah abifasya sangat berbahagia mendapat tali asih tersebut tak terasa keluar dari mulutnya : “Al hamdulillah Tas Laptop bisa gantian yang lama dg yang baru”, karena setidaknya dengan tas yang diberikan pakdhe tas laptop abi bisa bergantian (tidak hanya itu-itu aja). Baca entri selengkapnya »

Posted in Shilaturrahmi | Dengan kaitkata: , , , , | 25 Comments »

Tali Kasih Dari Pakdhe Cholik

Posted by abifasya pada 21 Februari 2010

Siang itu hari sabtu tanggal 20 Februari 2010 saat abi dan beberapa teman tim ROHANI ISLAM sedang sibuk menghitung infaq dari para donatur untuk penyelenggaraan sunatan massal dalam rangka peringatan maulid Nabi seorang teman mengabarkan bahwa ada kiriman dari seseorang untuk abi, sambil teriak sang teman berkata : “Pak Farhan ada kiriman niiihh dari SBY”. Kaget Juga mendengar kata SBY itu, Pikir saya saat itu :” Pak SBY ngirim apa yah buat saya ?”. Setelahnya kiriman itu saya terima ternyata bukan dari Pak SBY yang presiden itu tapi SBY di sini maksudnya dari Surabaya.

Langsung saja Abi Lihat siapa pengirimnya …, weleh… ternyata dari pakdhe Kholik, Al Hamdulillah … ternyata aku dapat talikasih dari pakdhe, sebuah tali kasih yang sampai dihadapanku saat istrinya pakdhe cholik bertambah usianya satu tahun sama dengan keberadaanku yang hanya berbeda satu hari. Istrinya Pakdhe cholik lahir pada tanggal 20 Februari sementara aku dilahirkan pada tanggal 19 Februari, jadi hanya berbeda satu hari ❓  ❓ 😆 😆 .Jadi pakdhe tali kasih ini juga merupakan hadiah ulang tahun dari pakdhe buat aku. Baca entri selengkapnya »

Posted in Shilaturrahmi | Dengan kaitkata: , , , , , , , | 9 Comments »

Persembahan Cinta KK Afni dan DD Nazha

Posted by abifasya pada 21 Februari 2010

tanda cinta sang buah hati

Kejadiannya sih pada hari jum’at pagi, seperti biasa si Abi ini kebagian mandi paling akhir karena sebelumnya harus mandiin Kaka Afni dan Dede Nazha walau hanya sekedar ngejagain sebab kalo gak dijagain bukannya cepet2 mandi malah mainin air, kalo dah selesai mereka mandi urusan makein baju giliran uminya yang ngejagain, nah saat mereka pake baju itulah abi baru bisa mandi. Baca entri selengkapnya »

Posted in Shilaturrahmi | Dengan kaitkata: , , , , | 3 Comments »

Seberapa pentingkah Kelurgaku Untukku ?

Posted by abifasya pada 24 Januari 2010

Ketika konsep lillahi ta’ala hilang pada awal langkah kita melakukan sesuatu, biasanya suka nete semplek nincak semplak. Segalanya selalu serba salah, berbuat A salah, melakukan B Juga salah. Sering kita dengar dari mulut manis para pria yang bekerja sebuah kalimat merdu yang mungkin bisa membuat istrinya bahagia dan terlena yaitu :

“Aku bekerja siang dan malam, membanting tulang demi engkau pujaan hatiku, dan demi buah hati kita”.

APakah anda termasuk yang berkata seperti itu ?, benarkah apa yang telah anda katakan ? yo …. kita coba buktikan :

Baca entri selengkapnya »

Posted in Shilaturrahmi | Dengan kaitkata: , , , , , , , | 23 Comments »

Pertemuan Dua Sahabat

Posted by abifasya pada 6 November 2009

abi n shohib

abifasya dan Irwan

Bahagia tak terhingga aku rasakan hari ini, bagaimana tidak … setelahnya lebih dari 19 tahun berpisah hari ini bertemu lagi dengan seorang sahabat yang saat SLTA (MAN Cipasung) dahulu sahuap salingkung sagulung sagalang, kemana-mana selalu bersama. Bila salah seorangnya bahagia, maka kebahagiaan itu dirasakan yang lainnya. Dan sebaliknya bila ada duka yang dirasakan salah seorangnya maka yang lain berusaha menghiburnya. Namun sayang pertemuan itu hanya terjadi antara dua sahabat yang tergabung dalam empat sekawan dengan sebutan akrab PANERA (panakawan penarik roda). Mengapa Panera ?, Karena Pada saat itu di tempat kami mencari Ilmu disebuah pondok pesantren terkenal yaitu Pondok Pesantren Cipasung, pada setiap hari Ahad, Rabu, dan Jum’at  Kami berempat gak pernah merasa betah jika sampah bertumpuk disekitar asrama kami dan asrama akhawat. Walaupun Jadwal santri yang sekolah siang adalah hari Rabu tapi kami gak pernah itung-itungan, walaupun hari itu giliran santri yang sekolah pagi (Ahad) atau giliran santri negeri dan mahasiswa (Jum’at) jika tak ada satupun santri yang memungut, mengumpulkan, dan membuang sampah ke saruni (tempat pembuangan sampah) maka tak segan-segan kami mengambil alih pembuangan sampah itu. sehingga kami terkenal dengan sebutan PANERA (Panakawan Penarik Roda) dengan beranggotakan empat orang. Yaitu : abifasya, irwan, maman, dan ruhiyat. Baca entri selengkapnya »

Posted in Shilaturrahmi | Dengan kaitkata: , , , , , , | 25 Comments »

Dan Akupun Kembali ….

Posted by abifasya pada 9 Oktober 2009

Semoga masa depan Gemilang

dan akupun kembali

Sahabat …, akhirnya setelah lama aku pergi kini aku kembali menyapa seluruh sahabat mayaku. Lama tak menulis bukan karena tak lagi semangat untuk menulis, sebenarnya banyak yang ingin aku ceritakan padamu sahabat mulai dari perjalanan mudikku ke garut sampai arus balik ke Bogor. Tapi akhir-akhir ini ada suatu perasaan yang selalu mengundahkanku terlebih setelah aku menyampaikan materi tentang hari kiamat dihadapan anak didikku perasaan itu semakin aku rasakan menyesakan dada, dan ternyata aku masih menjadi manusia yang takut dengan kematian padahal aku termasuk orang yang meyakini bahwa JIKA SUDAH SAATNYA PASTI AKAN DATANG. … ya pasti akan datang kematian itu sehinga tidak ada salahnya jika aku pernah meminta kepada sahabat semua MAAPKAN AKU BILA AKU BERSALAH. Terlebih Setelah GEMPA TASIK terjadi aku merasa semakin takut karena bisa jadi penyebab SERING TERJADInya MUSIBAH itu adalah kita, hal itu sesuai dengan apa yang pernah diamanatkan Rasul bahwa ada 15 PERBUATAN PENYEBAB TERJADINYA MALAPETAKA,   tapi aku tak boleh terus berdiam diri meratapi semua musibah yang terjadi aku harus bangkit, kita semua harus bangkit dan ingatlah sahabat BANGKITLAH !!! TANGGULANGI MUSIBAH SESUAI AL QUR’AN,   Luruslah selalu dalam menghadapi dan menjalankan hidup ini berbuat baiklah kepada semua orang di semua tempat dan pada semua keadaan dan tetaplah berbuat baik walaupun harus BERBUAT BAIK KEPADA ORANG YANG BERBUAT JAHAT kepada kita, dan jangan pernah bertanya MASIH ADAKAH SALAH DAN BENAR ITU ?. Baca entri selengkapnya »

Posted in Shilaturrahmi | Dengan kaitkata: , , | 67 Comments »