Farhansyaddad weblog

Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik

Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun 2014 di SMPN 5 Bogor

Posted by abifasya pada 26 Maret 2014


Peserta Ujian Khusysu Mengerjakan Soal

Peserta Ujian Khusysu Mengerjakan Soal

“Tiada ada gading yang tak retak” mungkin peribahasa itu yang cocok untuk dijadikan sebuah gambaran yang terjadi pada pelaksanaan USBN tahun 2014 di SMPN 5 Khususnya dan di Kota Bogor pada umumnya.

Mengapa demikian ?, karena ternyata walaupun soal yang dibuat pusat (MGMP PAI Provinsi) telah melalui editing MGMP PAI kota Bogor masih saja ada beberapa yang masih keliru dan tidak sesuai dengan kaidah pembuatan soal pilihan ganda, yang paling parah adalah soal nomor 24 tentang hukum bacaan nun mati dan tanwin, di ..mana pada soal tersebut peserta didik diharapkan mampu menentukan pasangan antara hukum bacaan dengan contohnya melalui sajian tabel. ternyata untuk hukum bacaan idgham bilaghunnan tidak ada pasangannya, karena dalam kolom contoh hukum bacaan yang ada adalah contoh idgham bigunnah yaitu nun mati bertemu huruf “ya”. Belum lagi soal-soal yang secara materi, kontruksi, bahasa dan budaya masih banyak yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan soal pilihan ganda. Insya Allah beberapa hari kedepan saya akan menuliskan tentang hasil telaah penulisan soal yang dibuat oleh MGMP Propinsi.

Dalam rangkaian kegiatan Ujian sekolah tahun ini mata pelajaran PAI yang merupakan mata pelajaran yang di USBN kan, alhamdulillah dilaksanakan masih seperti tahun kemarin dengan soal digandakan oleh MKKS dan pemeriksaan hasilnya pun dilakukan oleh pihak MKKS, dukungan penuh dari dinas pendidikan kota bogor dan kementerian agama alhamdulillah terus kami dapatkan. Dengan demikian insya Allah pelaksanaan USBN ini berjalan bisa lebih objektif.

Ada haru yang cenderung khawatir mendengar keluhan anak-anak selepas pelaksanaan USBN, bermacam-macam ungkapan yang mereka sampaikan ada yang mengatakan : Pak soalnya MUANTABBBBB…….,  Pak …. soalnya susah, pak soalnya GAJE ….., pak belibet amat sih soalnya …., Pak soalnya lama bacanya …. jadi kita gak keburu deh …., pak … soalnya kaya baca koran… dan masih banyak lagi ungkapan-ungkapan yang mereka keluhkan. Walaupun ada juga yang berkata : Pak Al Hamdulillah materi yang saya hapalkan banyak yang keluar.

Dibalik kesulitan ada kemudahan. Insya Allah kesulitan itu telah kalian lewati anak-anaku dan kita tinggal menunggu kemudahan dari Allah. Smoga kalian semua mendapat kesuksesan. Amiin Ya Rabal ‘Alami…

Berikut beberapa Poto hasil jepretan abifasya saat pelaksanaan USBN di SMPN 5 Bogor.

Khusyu Mengerjakan Soal

Khusyu Mengerjakan Soal

Khuyu Mengerjakan Soal

Khuyu Mengerjakan Soal

Aduhhh susah ...

Aduhhh susah …

Khusyu Juga

Khusyu Juga

Iklan

2 Tanggapan to “Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun 2014 di SMPN 5 Bogor”

  1. Kalau demikian kang, nampaknya lebih baik lagi kalo USBN hanya kisi-kisinya saja yang dibuat pusat. sementara soal diserahkan kepada sekolahnya masing-masiang. atau setidaknya diserahkan kepada mgmp kab/kota masing-masing bukan oleh mgmp provinsi

    Suka

  2. Soal yang disajikan memang bener2 susah ya pak ?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: