Farhansyaddad weblog

Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik

Materi Ajar : Memahami Ajaran Al Hadits Tentang Kebersihan

Posted by abifasya pada 25 Februari 2014


IMG

Cinta Kebersihan

Sering terdengar di telinga kita kalimat singkat yang mudah diingat berisikan ajakan atau bahkan sebuah nasihat yang berkaitan dengan kebersihan, diantaranya adalah : BERSIH PANGKAL SEHAT. Ungkapan ini mengandung makna betapa pentingnya kebersihan bagi kesehatan manusia, baik perorangan, keluarga, masyarakat, maupun lingkungan. Kebersihan adalah upaya manusia untuk memelihara diri dan lingkungan dari berbagai macam kotoran baik kotoran jasmani maupun kotoran rohani. Kotoran jasmani bisa dibersihakan dengan berbagai bentuk dan cara bersuci bisa dengan cara mandi, gosok gigi, memotong kuku, dan lain-lain. Sementara Kotoran Rohani seperti berbagai macam penyakit hati mulai dari ujub, ria, takabu, hasud, dengki, syirik, dan lain-lain membersihkan dilakukan dengan cara bertaubat. Kalaulah Taubat itu diterima Allah swt. maka bersihlah dosa-dosa kita.

Begitu Pentingnya kebersihan bagi kehidupan manusia, sampai-sampai Allah swt memberikan cintanya kepada mereka yang senantiasa bertaubat dan menjaga kebersihan, seperti dalam Firmannya :

ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูŠูุญูุจู‘ู ุงู„ุชู‘ูŽูˆู‘ูŽุงุจููŠู†ูŽ ูˆูŽูŠูุญูุจู‘ู ุงู„ู’ู…ูุชูŽุทูŽู‡ู‘ูุฑููŠู†ูŽ

Artinya : Sesunguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang menyucikan diri (Al Baqarah : 222).
Selain di dalam Al Quran masalah kebersihan ini dibahas juga di dalam hadits Nabi, diantaranya :

Hadits ke-1

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠู’ ู…ูŽุงู„ููƒู’ ุงู„ู’ุญูŽุงุฑูุซููŠ ุงุจู’ู†ู ุนูŽุงุตูู…ู’ ุงู’ู„ุฃูŽุดู’ุนูŽุฑููŠ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ : ุงู„ุทู‘ูู‡ููˆู’ุฑู ุดูŽุทู’ุฑู ุงู’ู„ุฅููŠู’ู…ูŽุงู†ู….

โ€œDari Abu Malik, Al Harits bin Al Asy’ari ra, ia berkata: Rasulullah SAW telah bersabda: โ€œSuci itu setengahnya dari iman….โ€ (HR. Muslim)

ย Hadits ke-2

ุนูŽู†ู’ ุณูŽุนู’ุฏู ุงุจู’ู†ู ุงูŽุจููŠู’ ูˆูŽู‚ูŽุงุตู’ ุนูŽู†ู ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠูู‘ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ:ุงูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ุทูŽูŠูู‘ุจูŒ ูŠูุญูุจู‘ู ุงู„ุทู‘ูŽูŠูู‘ุจูŽ ู†ูŽุธููŠู’ููŒ ูŠูุญูุจู‘ู ุงู„ู†ู‘ูŽุธูŽุงููŽุฉูŽ ูƒูŽุฑููŠู’ู…ูŒ ูŠูุญูุจู‘ู ุงู„ู’ูƒูŽุฑูŽู…ูŽ ุฌูŽูˆู‘ูŽุงุฏูŒ ูŠูุญูุจู‘ู ุงู„ู’ุฌููˆู’ุฏูŽ ููŽู†ูŽุธูู‘ูููˆู’ุง ุงูŽูู’ู†ููŠูŽุชูŽูƒูู…ู’ูˆู„ุง ุชุดุจู‡ูˆุง ุจุงู„ูŠู‡ูˆุฏ

โ€œDiriwayatkan dari Saโ€™ad bin Abi Waqos dari Rasulullah SAW, Beliau bersabda: โ€œSesungguhnya Allah baik, menyukai kebaikan. Dia Maha Bersih, menyukai kebersihan. Maha Mulia, menyukai kemuliaan. Maha Dermawan , menyukai kedermawanan. Karena itu bersihkanlah halaman rumahmu dan jangan meniru-niru orang-orang Yahudi.โ€ (HR. Tirmidzi)

Hadits ke-3

ุงูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ:ุจูŽูŠู’ู†ูŽู…ูŽุง ุฑูŽุฌูู„ูŒ ูŠูŽู…ู’ุดููŠู’ ุจูุทูŽุฑููŠู’ู‚ู ูˆูŽุฌูŽุฏูŽ ุบูุตู’ู†ูŽ ุดูŽูˆู’ูƒู ููŽุฃูŽุฎูŽุฐูŽู‡ู ููŽุดูŽูƒูŽุฑูŽ ุงู„ู„ู‡ู ู„ูŽู‡ู ููŽุบูŽููŽุฑูŽู„ูŽู‡ู

โ€œSesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: Ketika seorang laki-laki sedang berjalan di jalan, ia menemukan dahan berduri, maka ia mengambilnya (karena mengganggu). Lalu Allah berterima kasih kepadanya dan mengampuni dosanya.โ€ (HR. Bukhori)

Hadits ke-4

ุญุฏู‘ุซู†ุง ุฃูŽุจููˆ ุจูŽูƒู’ุฑู ุจู’ู†ู ุฃูŽุจููŠ ุดูŽูŠู’ุจูŽุฉูŽ ูˆูŽ ุนูŽู…ู’ุฑูŒูˆ ุงู„ู†ู‘ุงู‚ูุฏู ูˆูŽ ุฒูู‡ูŽูŠู’ุฑู ุจู’ู†ู ุญูŽุฑู’ุจูุŒ ุฌูŽู…ููŠุนุงู‹ุŒ ุนูŽู†ู’ ุณููู’ูŠูŽุงู†ูŽ.

ย ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุจููˆ ุจูŽูƒู’ุฑู: ุญูŽุฏู‘ุซูŽู†ูŽุง ุงุจู’ู†ู ุนููŠู’ูŠูŽู†ูŽุฉูŽ ุนูŽู†ู ุงู„ุฒู‘ู‡ู’ุฑููŠู‘ุŒ ุนูŽู†ู’ ุณูŽุนููŠุฏู ุจู’ู†ู ุงู„ู’ู…ูุณูŽูŠู‘ุจูุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽุŒ ุนูŽู†ู ุงู„ู†ู‘ุจููŠู‘ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ูŽุงู„ูŽ:ุงู„ู’ููุทู’ุฑูŽุฉู ุฎูŽู…ู’ุณูŒ (ุฃูŽูˆู’ ุฎูŽู…ู’ุณูŒ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ููุทู’ุฑูŽุฉู) ุงู„ู’ุฎูุชูŽุงู†ูุŒ ูˆูŽุงู„ุงูุณู’ุชูุญู’ุฏูŽุงุฏูุŒ ูˆูŽุชูŽู‚ู’ู„ููŠู…ู ุงู„ุฃูŽุธู’ููŽุงุฑูุŒูˆูŽู†ูŽุชู’ูู ุงู„ุฅูุจูุทูุŒ ูˆูŽู‚ูŽุตู‘ ุงู„ุดู‘ุงุฑูุจู.

โ€œFitrah manusia ada lima yaitu dikhitan (disunat), mencukur rambut kemaluan, memotong kuku (kuku tangan dan kaki), mencabuti bulu ketiak, serta menggunting (merapikan) kumis.โ€ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย 

(HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasaโ€™I, dan Ibnu Majah)

Makna Yang Terkandung dalam Hadits tentang Kebersihan :

Dalam hadits yang pertama Rasulullah memberikan penjelasan bahwa :

1.ย ย ย ย ย ย  Kebersihan itu setengahnya dari iman. Maksudnya bila manusia tidak melakukan kebersihan maka mereka belum sempurna keimanannya, karenan setengah keimanan yang ada pada kebersihan tidak mereka lakukan.

2.ย ย ย ย ย ย  Kebersihan yang menjadi separoh dari keimanan itu bisa difahami, karena kebersihan itu terdiri dari kebersihan lahir dan bathin, jadi kebersihan bisa dikatkan setengah dari keimanan jika yang dilakukan itu meliputi kebersihan lahir dan bathin. Kebersihan lahir berarti kita senantiasa menjaga badan, pakaian, tempat tinggal, dan lingkungan dari berbagai kotoran dan najis bahkan hadas. Sementara kebersihan bathin berarti kita menjauhkan diri dari berbagai penyakit hati seperti ujub, ria, takabur dan lain-lain.

Dalam hadits yang kedua Rasulullah menjelaskan bahwa :

1.ย ย ย ย ย ย  Hendaklah kita menjadi orang yang baik karena Allah adalah Dzat yang Maha Baik dan menyukai kebaikan

2.ย ย ย ย ย ย  Hendaklah kita menjadi orang yang bersih dan menjaga kebersihan karena Allah adalah dzat yang Maha Bersih dan menyukai kebersihan

3.ย ย ย ย ย ย  Hendaklah kita menjadi orang yang Mulia dengan sikap dan perangai yang ditampilkan dalam kehidupan seperti senantiasa menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan dan jangan sekali-kali berbuat kerusakan di lingkungan sekitar kita seperti dengan cara mencoret-coret dinding tembok sekolah dan lain-lain, maka Allah akan mencintai kita karena Allah adalah Dzat yang Maha mulia dan mencintai kemuliaan

4.ย ย ย ย ย ย  Hendaklah kita menjadi orang yang dermawan, berikanlah sebagian rezeki yang diberikan Allah kepada kita kepada fakir miskin, niscaya kita akan menjadi orang yang dicintgai Allah karena Allah adalah Dzat Yang Maha Dermawan dan Mencintai Kedermawanan

5.ย ย ย ย ย ย  Janganlah Sekali-kali kita meniru-niru perilaku orang-orang Yahudi memiliki sikap jahat, kotor dan jorok, hina, dan pelit.

Dalam hadits yang ketiga Rasulullah menjelaskan bahwa : bagian dari cinta kebersihan adalah menghilangkan berbagai halangan dan rintangan yang dapat memberikan madarat (kesulitan) bagi orang lain, dan bagi orang-orang yang mampu memberikan kemudahan bagi orang lain Allah akan memberikan pujian dan pengampunan, semantara bagi orang-orang yang memberikan kemadlaratan atau kesulitan bagi orang laim maka Allah akan memberikan kutukan dan dosa-dosanya tidak akan diampuni Allah.

Sementara dalam hadits yang ke empat Rasulullah memberikan tuntunan kebersihan yang harus dilakukan oleh kita sebagai manusian yang beriman dan hal itu merupakan tabiat yang bersih, yaitu khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kuku, mencabuti bulu ketiak, dan menggunting (merapikan) kumis.

Di mana pun kita berada haruslah membiasakan hidup bersih, baik di lingkungan sekolah, tempat tinggal dan lingkungan masyarakat

Demikianlah beberapa hadits tentang kebersihan, semoga bermanfaat.

Wallahu ‘Alam.

*) Jika Terdapat Hadits Dhoif dalam tulisan di atas mohon dikabarkan.

Iklan

4 Tanggapan to “Materi Ajar : Memahami Ajaran Al Hadits Tentang Kebersihan”

  1. Asep Haruman said

    Terimakasih atas dimuatnya materi ajar ini

    Suka

  2. Asep Haruman Zapira Tea said

    Ana belum bisa membedakan antara hadis sohih dan dhoif, gimana ya kang ?

    Suka

  3. deha said

    Subhanallah dan barakallah…

    Suka

  4. M. Luthfi Jasir Yadri said

    Sukses selalu pak!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: