Farhansyaddad weblog

Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik

Dari Bimtek Kurikulum 2013

Posted by abifasya pada 30 Desember 2013


IMG_20131222_083821

Pembukaan BIMTEK

Mulai tanggal 22 s.d. 24 Desember sepekan yang lalu di Kota Bogor dilaksanakan Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 Bagi Guru PAI SD, SMP, SMA, dan SMK. Saya termasuk Guru PAI yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan BIMTEK tersebut. Sebagai guru yang berada di sekolah yang bukan sekolah sasaran penerapan kurikulum 2013 pelaksanaan Bimtek ini tentunya menjadi ajang untuk menimba ilmu yang lebih dalam lagi tentang kurikulum 2013, karena walau bagaimanapun perubahan kurikulum harus senantiasa terjadi untuk pendidikan yang lebih baik. Jadi tidaklah benar jika ada sebuah pernyataan yang menyebutkan : “GANTI MENTERI GANTI KURIKULUM”. Karena perubahan kurikulum tidak mesti harus didahului dengan pergantian menteri, bahkan jika kita merujuk pada pengertian kurikulum yang disebutkan dalam UU SISDIKNAS nomor 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 19 yang berbunyi :

“kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu”.

Dengan demikian maka jika kurikulum diartikan sebagai seperangkat rencana … dst, maka jikalau tidak ada perubahan dari segi kerangka dasar dan struktur program kurikulum maka setidaknya RPP yang kita buat dari tahun ke tahun senantiasa uptodate, masih ingatkah kita dengan pernyataan Shahabat Nabi yang bernama Ali Bin Abi Thalib yang menyatakan bahwa :

قال علي بن أبي طالب – رضي الله عنه – علموا أولادكم فإنهم مخلوقون لزمان غير زمانكم 

Artinya : “Didiklah anak-ankmu itu, karena sesungguhnya mereka diciptakan untuk mengisi masa yang bukan masamu”

Berbicara tentang kurikulum 2013 sebagaimana dikatakan Bapak Muarifin, M.Ag dari Balai Diklat Keagamaan (BDK) Bandung salah seorang widiyaswara yang memberikan materi saat BIMTEK tersebut untuk memudahkan mengingatnya cukup dengan rumus 452. Yakni 4 elemen Perubahan, 5 langkah pendekatan scientific dan 2 Konsep Penilaian Autentik.

Empat elemen perubahan pada kurikulum 2013, yakni dari 8 Standar Nasional yang ada dalam PP 19 Tahun 2005 tentang SNP ada 4 Standar yang berubah sesuai dengan PP 32 tahun 2013 tentang perubahan atas peraturan pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang SNP, keempat SNP yang menjadi elemen perubahan kurikulum 2013 itu adalah :

1. Standar Kompetensi Lulusan (Permendikbud No. 54 th 2013)

2. Standar isi (Permendikbud No. 64 th 2013)

3. Standar Proses (Permendikbud No. 65 th 2013)

4. Standar Penilaian Pendidikan (Permendikbud No. 66 Th 2013)

Adapun 5 langkah dalam pendekatan scientifik adalah  : Mengamati, menanya, mengeksperimen/mengeksplorasi, mengasosiasi, dan Mengkomunikasikan. Sementara itu 2 penilaain Autentik terdiri dari penilai proses dan penilaian hasil.

Demikianlah oleh-oleh dari BIMTEK Kurikulum 2013 untuk GPAI Kota Bogor, semoga ada manfaatnya.

Wassalaam.

Untuk Melengkapi tulisan di atas penulis sajikan juga

1. Salinan Lampiran Permendikbud No. 54 tentang SKL

2. Salinan Lampiran Permendikbud No. 64 Tentsang Standar Isi

3. Salinan Lampiran Permendikbud No. 65 Tentang Standar Proses

4. SAlinan Permendikbud No. 66 Tantang Standar Penilaian Pendidikan

Iklan

11 Tanggapan to “Dari Bimtek Kurikulum 2013”

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb,….

    Jika guru sering didedahkan dengan perkembangan kurikulum semasa, maka akan memudahkan guru untuk bekerjasama dalam membangun marabat pendidikan. Guru adalah pelaksana kurilukum yang dibentuk mengikut keperluan semasa bagi memajukan sistem pendidikan yang harus selari dengan perkembangan pendidikan antarabangsa.

    Mudahan BIMTEK Kurikulum 2013 banyak memanfaatkan guru dan anak didik dalam mencapai aspirasi negara Indonesia sehingga melahirkan pembangunan insan yang cemerlang.

    Salam hormat dari Sarikei, Sarawak. 😀

    Suka

  2. Tatang said

    Saya setuju dg semua perubahan yang ada, namun masalahnya baru saja saya aga faham dg ktsp sekarang dah harus ganti lagi dg kur 2013. belum lagi rpp nya buat saya cukup sulit. mohon diberikan penjelasan cara pembuatan rpp dlm kur 2013

    Suka

  3. ilyasafsoh.com said

    452 yang menginspirasi

    Suka

    • abifasya said

      [̲̅̅B̲̅][̲̅̅ê][̲̅̅T][̲̅̅ü][̲̅̅L]•••[̲̅̅B̲̅][̲̅̅ê][̲̅̅T][̲̅̅ü][̲̅̅L]•••[̲̅̅B̲̅][̲̅̅ê][̲̅̅T][̲̅̅ü][̲̅̅L] mas
      tinggal melaksanakannya di lapangan. utk tahap awal mungkin msh ada kendala. doakan sj smoga kami dpt mlsanksnnya dg baik

      Suka

  4. saya belum kebagian bimtek pak, kalau surat yang saya terima akan ada pendampingan terus pada kepada sekolah, team kurikulum dan guru mapel (yang sudah baru matematika dan bahasa Indonesia)

    Suka

  5. Amin said

    Wah, kayaknya saya ketinggalan:D rencana minggu depan baru ikut workhsop kurikulum 2013 hehe… Salam Pak Guru…

    Suka

    • abifasya said

      Belum ketinggalan pak, jalan masih panjang pak. saya juga awalnya berpikir seperti itu saya merasa tertinggasl tapi begitu hari pertama ikut workshop saya merasa “insya Allah saya tidak tertinggal, dan saya bisa mengejar kalaupun saya tertinggal”.
      Selamat berjuang pak amin

      Suka

  6. Satria said

    Luaarr biasa
    Perjuangan menjadi pahlawan tanpa tanda jasa banyak nian rintangannya
    selamat
    semoga sukses

    Suka

  7. Wahai Yang Maha Cinta sandingkanlah aku dengan jiwa pilihan-Mu yang karena kebaikanku – baikkanlah ia tapi jika ia lebih baik – baikkanlah aku

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: