Farhansyaddad weblog

Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik

UJIAN NASIONAL SMP, KISRUH JUGA ?

Posted by abifasya pada 19 April 2013


raapat unHari ini, Jumat 19 April 2013 dilakukan rapat pengawas silang UN SMP Tahun Pelajaran 2012/2013. Setiap Pengawas dari masing-masing sekolah hari ini tentunya berada di sekolah tempat mereka mengawas. Tahun ini, seperti tahun-tahun sebelumnya sejak tahun 2007 saya tidak bisa mengikuti rapat pengawas di sekolah lain, karena harus mengikuti bahkan mengantarkan jalannya rapat di sekolah sendiri. Tapi semua itu saya nikmati sebagai sebuah taqdir.
Ketika penyelenggaraan UN tingkat SMA diberitakan penuh dengan carut marut, mulai dari penundaan pelaksanaan bahkan pembatalan, pengerjaan soal foto copy, LJUN yang terlalu tipis, pengerjaan soal yang saling contek dan menggunakan HP sebagai alat komunikasi bertukar kunci jawaban dan sebagainya. Kami penyelenggara UN di tingkat SMP tentunya tidak berharap kekacauan itu terjadi, walaupun bunga-bunga ke arah sana sudah terlihat seperti adanya perbedaan waktu pelaksanaan UN antara yang tertulis di POS BSNP dan juknis pelaksanaan UN yang dikeluarkan Disdik Jabar, Dalam POS UN waktu pelaksanaan dimulai pukul 07.30 s.d. 09.30, sedangkan dalam juknis pelaksanaan UN yang dikeluarkan disdik Jabar dimulai pukul 08.00 s.d. 10.00.
Selain itu dalam tata tertib peserta UN pun ada yang tidak sesuai dengan teknik pelaksanaan UN tahun ini, coba perhatikan Tata tertib Peserta UN no 11di halaman 35 POS UN TP. 2012/2013 yang berbunyi : PESERTA UN YANG MEMPEROLEH NASKAH SOAL YANG CACAT ATAU RUSAK, PENGERJAAN SOAL TETAP DILAKUKAN SAMBIL MENUNGGU PENGGANTIAN NASKAH SOAL UN. padahal dalam penjelasan panitia UN tingkat kota saat membacakan tata tertib pengawas UN nomor 8 yang berbunyi : mewajibkan peserta UN untuk menuliskan nama dan nomor ujian pada kolom yang tersedia di halaman 1 naskah soal dan LJUN sebelum dipisahkan. Dalam penjelasannya disebutkan bahwa pastikan bahwa bila ada lembar soal yang cacat maka harus diganti. Dengan demikian kalau tatib peserta UN no 11 itu tetap diberlakukan maka akan ada ketidak sesuaian antara kode soal yang dikerjakan siswa dengan kode LJUN yang dibuat. Apakah hal ini tidak akan menimbulkan masalah ???.
Tetapi dibalik itu semua, kita semuanya tentu berharap TIDAK ADA KEKISRUHAN dalam pelaksanaan UN tingkat SMP.
Amiiiin
Wallahu ‘Alam
Iklan

3 Tanggapan to “UJIAN NASIONAL SMP, KISRUH JUGA ?”

  1. zapira said

    Ternyata Benar2 Kisruh juga ya pak ?
    dibeberapa tempat soal datang terlambat, termasuk di kabupaten bogor UN baru bisa dilaksanakan pukul 10.00,

    Suka

  2. Jangan membenci mereka yang mengatakan hal buruk tuk menjatuhkanmu karena merekalah yang buatmu semakin kuat setiap hari.

    Suka

  3. Perbuatan adalah cerminan isi hati Jika hati dipenuhi kebaikan maka sikap dan tindakan akan baik pun sebaliknya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: