Farhansyaddad weblog

Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik

Peningkatan Wawasan Dan Kompetensi GPAI Melalui TOT PTK dan TIK; Kerjasama Kemenag RI dengan UNINUS

Posted by abifasya pada 30 Januari 2012


Pembukaan TOT

Pekan lalu, tepatnya mulai tanggal 24 s.d 28 Januari 2012 Guru PAI se-Jawa Barat dari 14 Kabupaten/kota dilatih menjadi trainer PTK dan TIK. Acara yang dibuka oleh Dr. Nipasri yang mewakili Direktur PAIS Kemenag RI itu diikuti oleh 40 orang GPAI. Dalam sambutannya Nipasri mengaharapkan agar guru-guru PAI mau meningkatkan kopetensinya dengan berbagai macam cara, terutama dalam meningkatkan kompetensi profesi hendaknya para guru mau melakukan penelitian, paling tidak melakukan penelitian tindakan kelas.

Kegiatan peningkatan kompetensi GPAI yang diselenggarakan kemenag RI bekerjasama dengan UNINUS ini, selain Nipasri turut memberikan sambutan dalam acara tesebut bapak rektor UNINUS DR. H. Didin Wahidin MPd, dalam sambutannya mantan ketua PW NU Jabar ini menegaskan bahwa tsantangan GPAI saat ini sangat komplek, kalau lah tidak mau meningkatkan kompetensinya maka para guru ini mungkin akan kalah bersaing dengan muridnya sendiri untuk itu para guru PAI hendaklah berpegang teguh pada prinsip : “al mahafadzotu ‘ala qadiimisshalih walakhdzu bil jadidil aslah” (berpegang teguh pada nilai-nilai lama yang baik dan mengambil manfaat dari nilai-nilai baru yang lebih baik).

Banyak Ilmu yang didapatkan dalam kegiatan TOT ini diantaranya :

Suasana Preetest ...

Pada hari pertama setelah pembukaan, para peserta langsung diberikan PREETESt, untuk mengetahui sajauh mana pengetahuan awal para peserta seputar Penelitian tindakan kelas (PTK) dan TIK. Soal yang berjumlah 45 soal ini dirasakan cukup berat oleh para peserta terbukti dari hasil perolehan nilai preetes nilai terendahnya dibawah 50 sedangkan nilai tertingginya kurang dari 73. Setelah itu dilanjutkan dengan aksi menarik pembertian materi oleh Prof. E. Mulyasa, seorang pakar pendidikan yang selama ini buku-bukunya sering saya jadikan bahan rujukan diskusi kelas saat menempuh kuliah S2 di Universitas Ibnu Khaldun tapi baru kali bertemu langsung dengan orangnya. Pembahasan materi Konsep dasar dan landasan filosofis PTK yang disampaikan beliau  membuat para peserta penasaran yang akhirnya menimbulkan berbagai pertanyaan, tapi semua pertanyaan peserta dapat dijawab dengan paik Prof. E. Mulyasa.

Duet Mauuuttt

Pada hari kedua, peserta masih disuguhi materi seputar PTK kali ini yang menyampaikan materi Dr. Hj. Ikka Kartika. Beliau menyampaikan materi tentang Desain PTK dan teknik penyusun proposal  PTK. Pada sesi ini selain diajarkan bagaimana cara menyusun proposal PTK para pesertapun diberikan kesempatan untuk mempresentasikan proposal yang pernah dibuatnya di sekolah masing-masing, kesempatan pertama untuk mempresantasikan proposal PTK jatuh kepada saya Farhan Syaddad dan Aam Muamar seorang guru PAI berprestasi dari Kabupaten Bandung, dan ternyata presentasi itu menjadi satu-satunya presentasi yang ditampilkan karena waktu yang tersedia telah habis.

Masih pada hari kedua setelah istirahat dan shalat dhuhur peserta mendapatkan materi tentang analisis data, pada sesi ini banyak peserta yang ngantuk, disamping karena suasana ba’da dzuhur yang sering membuat orang mengantuk gaya penyampaian materi yang dilakukan fasilitatorpun memberikan peranan yang sangat berarti dalam membangun “KENGANTUKAN” para peserta 😆  :).

Jika setelah IStirahat shalat dzuhur para peserta banyak yang mengantuk, berbeda dengan kondisi setelah istirahat shalat ashar,  Dr. Nanang Hanafiah menyampaikan materi Penyusunan Laporan PTK dengan gayanya yang Khas penuh canda, banyak istilah-istilah baru untuk menyegarkan suasana yang beliau sampaikan mulai dari “si pelem” sampai dengan bahasa jepangnya “menikah”. Pada hari kedua ini diakhiri dengan penyampaian materi oleh Drs. H. Agus Mulyanto, MPd. yang menyampaikan meteri tentang Praktik Penyusunan, Pelaksanaan, dan Pelaporan PTK.

Pada hari ketiga, materi yang disampaikan fasilitator tidak ada satupun yang membuat mengantuk karena pada hari ini materi yang disampaikan tidak disampaikan dalam bentuk ceramah, dosen benar-benar menjadi fasilitator buat para peserta dan peserta belajar dengan cara mempraktekan semua materi yang ada pada modul yang telah disiapkan dosen. Adalah Ir. Soecipto dan Tansah rahmatullah ST yang memberikan materi tentang TIK yang begitu sabar dan telaten dalam membimbing dan menjawab semua pertanyaan yang diberikan oleh para peserta. Dari Mulai Modul 4 sampai dengan modul 11 harus dibuat hasil karyannya oleh para peserta, dan pada akhirnya para peserta pun mampu menyelesaikan semua tugas yang diberikan dosen.

Presentasi TIK

Pada hari keempat, tidak kalah serunya dengan hari pertama karena pada hari ini seluruh peserta mewakili kelompoknya masing-masing mempresentasikan hasil karya modul 4 sampai dengan modul 11 yang telah dibuat pada hari ketiga. Kesan yang sangat luar biasa yang didapat pada hari ini yang dirasakan para peserta karena saat presentasi ada peserta yang membuat hyperlink dari power point yang dibuatnya ke sebuah film tapi sayang film itu tidak bisa dibuka karena saat mengcopy hasil karya tersebut tidak dibuat dalam satu folder dan hasilnya …. hmmmm … kotak dialog pun keluar “Cannot open the specified file”.

Hari keempat penyampaian materi setelah ashar disampaikan oleh bapak Rektor UNINUS, yaitu materi tentang pendidikan karakter, materi  yang seharusnya disampaikan pada hari pertama ini disajikan Bapak Rektor dengan baik dan para peserta pun memperhatikan dngan penuh antusian karena bapak Rektor menyampaikannya dengan S3 (serius, santai, dan sukses). Keseriusan yang berbalut sedikit canda membuat para peserta terkagum-kagum pada sosok bapak yang sangat simpatik dan apa adanya ini.

Setelah shalat isya pada hari keempat ini karena seluruh materi telah selesai disampaikan dilakukan POSTEST dan hasilnya kali ini cukup memuaskan karena perolehan para peserta telah mencapai standar minimal, semuanya mendapatkan nilai di atas 65 bahkan ada yang mendapatkan nilai di atas 90. dan setelah selesai pelaksanaan POSTESt bapak rektor UNINUS menutup rangkaian kegiatan acara TOT ini mewakili bapak direktur PAIS yang berhalangan hadir sehubungan dengan ditutupnya akses menuju Bandung oleh para pendemo dari kalangan buruh di Bekasi dan sekitarnya.

Demikian, semoga bermanfaat.

Iklan

10 Tanggapan to “Peningkatan Wawasan Dan Kompetensi GPAI Melalui TOT PTK dan TIK; Kerjasama Kemenag RI dengan UNINUS”

  1. Alimin said

    Assalamu ‘Alaikum
    Minta Ilmu tentang PTK nya dong pak, jika berkenan kirim dong ke email aq
    makasih sebelumnya.

    Suka

  2. asep tea said

    Nampaknya pucuk dicnta ulampun tiba, nyari ttg PTK dapet tulisan dari org yg baru TOT PTK, bagi-bagi dong kang ilmunya

    Suka

  3. Ahmad Suryana said

    SAma seperti yang lain, menunggu keihlasan pak ustadz untuk mengupaload materi TIK,

    Suka

  4. nurohman90 said

    semangat..

    Suka

  5. menarik sekali pak eventnya. . .
    sukses selalu. . .

    Suka

  6. andri said

    Gajian Mingguan!
    Mudah, Cepat, dan Dijamin Siapapun Berhasil!
    No PC/Laptop Gak Masalah!
    http://www.mesinpenghasilan.com

    Suka

  7. Jefry said

    Semoga kualitas yang diinginkan bisa tercapai ya Pak

    Suka

  8. aam muamar said

    kumaha kang udah disosialisasikan ilmu PTK ‘n ICT-nya di bogor? hebat… hebat…

    Suka

  9. cipto said

    Kapan bisa silaturahmi dan evaluasi.. plus tambahan materi lagi..yah..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: