Farhansyaddad weblog

Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik

Lima Paket Soal UN Akan Tekan Kecurangan

Posted by abifasya pada 21 Februari 2011


REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG–Penerapan mekanisme baru dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2011 dinilai pihak sekolah bisa menekan potensi terjadinya tindak kecurangan.
“Dalam UN tahun ini ada lima paket soal, berbeda dengan tahun lalu yang hanya dua paket,” kata Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Semarang, Sutomo di Semarang, Senin.Menyikapi mekanisme baru UN itu, ia mengatakan paket soal yang semakin banyak memang mengurangi potensi kecurangan, sebab sangat sulit bagi sekolah sekalipun untuk berlaku curang.
Ia membandingkan dengan mekanisme pelaksanaan UN tahun lalu yang hanya mengujikan dua paket soal, yakni A dan B, sementara tahun ini ada lima paket soal, yakni A hingga E. “Logikanya seperti ini, kalau ada lima paket soal, apakah mudah bagi sekolah membantu siswa mengerjakan semua soal, apalagi kelima paket pasti memiliki soal yang berbeda,” katanya.
Selain mengurangi potensi terjadinya kecurangan, Sutomo menilai mekanisme kelulusan sekolah yang diterapkan tahun ini juga lebih memudahkan siswa dibanding mekanisme tahun lalu. Ia mengatakan formulasi kelulusan siswa pada tahun ini dilakukan dengan menggabungkan nilai UN dan nilai sekolah, keduanya tak lagi dinilai secara terpisah seperti tahun lalu.
“Ini kemungkinan terburuk, misalnya siswa mendapatkan nilai matematika 3 dan IPA sebesar 1,5 dan kemungkinan lulus ada jika nilai rata-rata setelah penggabungan memenuhi ketentuan,” katanya.
Kendati menilai mekanisme kelulusan siswa tahun ini lebih meringankan, ia mengaku tetap menyiapkan siswa sebaik-baiknya dalam menghadapi UN, seperti halnya tahun lalu.
“Siapa yang tidak ingin siswanya mendapatkan nilai terbaik dalam UN. Kami tetap mempersiapkan siswa, apalagi sekolah kami ini rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI),” kata Sutomo.
Senada dengan itu, Kepala SMP Negeri 5 Semarang, Suharto juga mengatakan potensi kecurangan dalam pelaksanaan UN justru semakin kecil dengan semakin banyaknya paket soal.
Dalam UN tahun ini ada lima paket soal, kata dia, kalau dalam satu kelas ada 20 siswa, maka setiap empat siswa soalnya berbeda, mereka sulit melakukan kerja sama dalam mengerjakan soal.
“Setiap siswa tentu lebih berkonsentrasi untuk mengerjakan soalnya sendiri, mau mencontek temannya soalnya berbeda, bahkan perbedaannya sampai lima paket soal,” kata Suharto.

Sumber : Republika

Iklan

20 Tanggapan to “Lima Paket Soal UN Akan Tekan Kecurangan”

  1. alamendah said

    (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Semoga dengan dibuatnya soal dalam 5 paket benar-benar mampu meminimalisir kecurangan dan mampu menunjukkan angka nyata kemampuan siswa.

    Suka

  2. Emang sangat sulit banget pemberantasan kecurangan di ngeri ini..!

    Suka

    • abifasya said

      kecurangan yang terorganisir akan mampu mengalahkan kejujuran yg hanya dilakukan segleintir orang, bahkan si jujur akan dikatakan bersalah bahkan mungkin dicap penghianat jika td ikut2an gila seperti org2 yg curang.

      Suka

  3. MENONE said

    makin lama makin sulit ya heheheheheheehhee….

    salam persahabatan sobat ………MENONE

    Suka

  4. yap kayanya makin hari makin sulit aja hehe,….salam kenal gan

    Suka

  5. Kakaakin said

    Wah… ternyata pihak sekolah ada yang berlaku curang dengan membantu siswanya menjawab soal ya!! 😯
    Parah banget…
    Semoga kalo ini bisa meminimalisir kemungkinan kecurangan dalam bentuk apapun…

    Suka

  6. Rahmat said

    Kalo demikian adanya, semoga kali ini tidak ada lagi kecurangan.

    Suka

  7. Betul
    Moga UN kli ini lebih jujur 🙂

    Maaf baru nongol lagi sobat
    Baru update dan BW lagi nih daku
    Salam persohiblogan 🙂

    Suka

  8. ya jangan ada kecurangan lg donk..

    Suka

  9. Mampir ngisi coretan yg berarti ya gan.

    Suka

  10. Salam persohiblogan

    Suka

  11. Maju terus pendidikan kita,,,

    Suka

  12. Bang Iwan said

    Semoga saja hal ini tidak malah merugikan siswa.

    Suka

  13. Mudah2an dengan ini Negara kita bebas dari kecurangan

    Suka

  14. nurhayadi said

    memang harus ada inovasi dalam pembuatan soal, tapi tiap paket harus mempunyai tingkat kesulitan yg sama.

    Suka

  15. Bali Hotel said

    semoga kecurangan demi kecurangan dapat di tekan pada UN mendatang

    Suka

  16. agha said

    bullshit!!
    biar pun paketnya jadi 5 , yang curang tetep bakalan curang.
    kasihan kan bwt yang nggak curang bikin stress jadinya.
    bukan nambah semangat siswa,. eeeh malah bikin repot.

    Suka

  17. Kejujuran memang harus dimulai sejak dini….Salah satunya dengan menekan segala bentuk kecurangan

    Suka

  18. imas komala sari said

    BERHARAP KITA SEMUA LULUS 100% .. amin

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: