Farhansyaddad weblog

Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik

POS UN 2010/2011: “Kelulusan UJian Nasional”

Posted by abifasya pada 16 Januari 2011


Kriteria Kelulusan Ujian Nasional tahun 2010/2011 berbeda dengan tahun sebelumnya, kalau pada kelulusan tahun sebelumnya sering terdengar dari para guru mata pelajaran yang di UN-kan bahwa kriteria kelulusan itu mengabaikan hasil jerih payah dan kerja keras para guru selama tiga tahun dan kelulusan itu ditentukan oleh sistem evaluasi yang penyelenggaraannya hanya 4 hari saja, tahun ini kelulusan ujian nasional menggunakan formula baru hasil evaluasi terhadap ujian nasional dari masyarkat mengingat kondisi dan kualitas sekolah sangat bervariasi, masukan konstruktif dari lapangan dan pemangku kepentingan sehingga kerja keras guru selama tiga tahun tidak lagi diabaikan karena kelulusan ujian nasional tahun ini menyertakan Nilai Sekolah/Madrasah (NS) yang merupakan gabungan dari nilai Ujian sekolah/madrasah dengan rata-rata nilai rapor semester 1 s.d. semester 5 dengan komposi 60 % untuk nilai US dan 40 % untuk nilai rata-rata rapor.

Untuk Lebih Jelasnya berkenaan dengan Kelulusan Ujian Nasional tahun ini berikut ini cuplikan dari POS UN 2010/2011 :

KELULUSAN UJIAN NASIONAL

  1. Peserta  didik  dinyatakan  lulus  US/M    SMP/MTs,  SMPLB,  SMA/MA,  SMALB,  dan SMK  apabila  peserta  didik  telah  memenuhi  kriteria  kelulusan  yang  ditetapkan  oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan Nilai  S/M.
  2. Nilai S/M sebagaimana dimaksud pada nomor 1 diperoleh dari  gabungan antara nilai US/M  dan  nilai  rata-rata  rapor  semester  1,  2,  3,  4,  dan  5  untuk  SMP/MTs  dan SMPLB  dengan  pembobotan 60% untuk  nilai US/M  dan  40% untuk  nilai  rata-rata rapor.
  3. Nilai S/M  sebagaimana  dimaksud  pada  nomor  1    diperoleh  dari    gabungan  antara nilai US/M dan  nilai rata-rata rapor  semester 3, 4, dan 5 untuk SMA/MA, SMALB dan SMK  dengan pembobotan 60% untuk nilai US/M  dan 40% untuk nilai rata-rata rapor.
  4. Kelulusan peserta didik dari UN ditentukan berdasarkan NA.
  5. NA  sebagaimana  dimaksud pada  butir  nomor 4 diperoleh  dari  gabungan  Nilai S/M   dari  mata  pelajaran  yang  diujinasionalkan  dengan  Nilai UN,    dengan  pembobotan 40% untuk Nilai S/M dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan 60% untuk NilaiUN.
  6. Skala  yang digunakan pada nilai S/M,  nilai rapor  dan  nilai akhir  adalah  nol sampaisepuluh.
  7. Pembulatan  nilai  gabungan  nilai  S/M  dan  nilai  rapor  dinyatakan  dalam  bentuk  dua decimal, apabila decimal ketiga ≥ 5 maka dibulatkan ke atas.
  8. Pembulatan nilai akhir dinyatakan dalam bentuk satu decimal, apabila decimal kedua ≥ 5 maka dibulatkan ke atas.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan Ujian Nasional Tahun ini, karena adanya perbedaan dengan tahun sebelumnya, yaitu :

  1. UN Tahun ini hanya dilaksanakan satu kali, tidak ada UN ulangan
  2. UN Susulan dilaksanakan 1 minggu setelah UN Utama
  3. Ujian Praktek Kejuruan untuk SMK dilaksanakan paling lambat satu bulan sebelum UN Utama
  4. Ujian Teori kejuruan dilaksanakan di sekolah dengan Soal dari pusat
  5. TIDAK ADA TPI
  6. Kriteria kelulusan berbeda dengan tahun sebelumnya
  7. Jumlah PAKET SOAL
  8. Akan ADA UJI PETIK (Sumber : Bahan Sosialisasi UN BSNP)

Untuk jumlah paket soal yang biasanya hanya dua paket saja, untuk tahun ini direncanakan sebanyak 5 paket soal, setiap hari peserta didik akan mendapat paket soal yang berbeda, tidak seperti tahun sebelumnya jika hari pertama seorang anak mendapat paket soal A, maka sampai hari terakhirpun akan mendapatkan paket yang sama.

Sedangkan yang dimaksud Uji petik berdasarkan penjelasan dari DR. H. Bambang Suryadi, pada sejumlah satuan pendidikan akan dilakukan pengawasan langsung oleh panitia pusat, jika pada suatu ruangan disiapkan dua orang pengawas maka pada satuan pendidikan tertentu salah seorang pengawasnya  adalah dari panitia pusat, LJK akan di Lak ditempat, diawasi dengan seksama, dan hasilnya akan dibawa dan diperiksa langsung oleh panitia pusat.

Saya yakin semua ini dilakukan untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik, jadi jangan lagi ada kecurangan kalau memang kita semua menyayangi anak didik kita, jangan ajarkan anak didik kita berbuat curang. Jangan sampai terjadi “KORUPSI DIAJARKAN SEJAK DI BANGKU SEKOLAH DASAR”.

Wallahu ‘Alam.

Tambahan:

Buat yang membutuhkan POS UN Bisa di unduh di bawah ini :

  1. POS UN SD Tahun Pelajaran 2010/2011
  2. POS UN SMP Tahun Pelajaran 2010/2011
  3. Bahan Sosialisi UN 2010/2011 BSNP

Semoga Bermanfaat

Iklan

33 Tanggapan to “POS UN 2010/2011: “Kelulusan UJian Nasional””

  1. rahmat said

    TPI emang Ga Ada ya Pak, ganti dengan MNC …. hehehehe …
    terimakasih atas tayangannya, smoga dijadaikan amal ibadah dan dicatat di sisi Allah sebagai amal shaleh

    Suka

  2. sankar said

    Mohon izin, ikut nyedot POS nya pak

    Suka

  3. Jamilah said

    Subhanallah, ….
    Bener nih pak 5 paket soal ?
    Al Hamdulillah …, semoga saja bener dan tidak hanya sekedar rencana, insya Allah dengan cara seperti itu akan mempersulit orang2 yang biasa licik

    Suka

  4. putra said

    Syukur deh kalo kriteria kelulusan UN dah berubah menjadi lebih baik, hidup pendidikan Indonesia

    Suka

  5. BERAPA PAKET SOAL DALAM RUANG UJIAN YA PAK…SY BINGUNG NIH,YG BENAR PAKET A DAN B ATAU MALAH 5 PAKET? TOLONG DIJWB YA PAK………

    Suka

    • abifasya said

      Berdasarkan penjelasan dari salah seorang anggota BSNP bahwa untuk UN kali ini soalnya 5 paket, tapi di POS UN yang menerangkan tentang hal itu tidak ada, mungkin nanti dalm juklak dan juknis akan dijelaskan. Jangankan 5 paket dalam satu ruangan, satu orang satu paket soal (20 paket) juga ga masalah demi perbaikan sistem pendidikan kita.
      Mengenai paket A dn B itu akan ada jika hanya 2 paket kalau 5 paket berarti paket A, B, C, D, DAN E.
      Dengan pengkodean yang disesuaikan kalau kemarin ada kode 12 dan 45 nanti mungkin tidak hanya itu.

      Salam hangat slalu, smoga bermanfaat.

      Suka

      • rajiv said

        saya setuju kalo dibikin 5 paket, biar yag suka bikin tim sukses di jalan yang salah kelabakan. bukan hanya itu penjagaan soal harus diperketat karena biasanya di rayon/sub rayon sering terjadi kongkalingkon.

        Suka

  6. MENONE said

    salam knl sobat…………… menone dr malang…… salam satu jiwa salam persahabatan

    Suka

  7. silaturrahmi, kunjungan balik dari http://paismpn4skh.wordpress.com/
    jazakallah ustadz atas infonya, saling mengingatkan ustadz.

    Suka

  8. yose kawuryan said

    mbok paket soalnya 2 aja jng 5 kasian

    Suka

  9. wah, bermanfaat sekali pak… boleh izin copast pak…???? haturnuhun sebelumnya pak….

    Suka

  10. Tabah said

    apapun formulanya, hanya satu kata HAPUSKAN un

    Suka

  11. rasyid said

    makasih semuanya pak izin download ya pak …

    Suka

  12. Rifqi said

    Pak …, contoh soal PAI nya di upload dong !
    Mudaah2an aja ada

    Suka

  13. fuad said

    “ohy saya mau bertanya apakah yang 5 paket sudah positive pak,,,,,,terimakasih ata infonya…..

    Suka

  14. zamdi yogasara said

    kalau masih ragu 2 atau 5 lima paket,kenapa diinfokan…,kami butuh informasi yang pasti dan kongkrit bukan hanya sekedar isu”…,

    Suka

  15. Rahmat said

    5 paket soal ?
    Kujemput kedatanganmu dengan penuh suka cita

    Suka

  16. ekki said

    ok lah klau begitu

    Suka

  17. Life would not be better because a chance life will always be better because of the courage to take action at every chance

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: