Farhansyaddad weblog

Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik

Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2010/2011

Posted by abifasya pada 8 Januari 2011


Sudah bukan saatnya berbicara setuju dan tidak setuju pelaksanaan ujian nasional karena permendiknas yang mengatur tentang pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2010/2011 telah ditetapkan per tanggal 31 Desember 2010 yaitu permen no. 46 tahun 2010 tentang pelaksanaan ujian nasional, bahkan bukan hanya itu Kementerian Pendidikan Nasional pun telah mengeluarkan permen no 45 tahun 2010 tentang kriteria kelululusan peserta didik, yang boleh dikatakan permen 45 tersebut sebagai Formula Baru Ujian Nasional 2011.

Setelahnya saya baca kedua permen tersebut dipadukan dengan hasil pembacaan saya dari beberapa media online maka setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para penyelenggara ujian Nasional di tingkat Sekolah, daintaranya adalah :

  1. Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk SMP/MTs,SMPLB, SMA/MA, SMALB, dan SMK dilaksanakan SETELAH pelaksanaan Ujian Sekolah (US), padahal tahun tahun sebelumnya pelaksanaan UN dilakukan sebelum pelaksanaan US, jadi UN lebih dulu dilakukan. (Lih. Pasal 4 Permendiknas No. 46). Waktu pelaksanaannya sebagaimana disebutkan dalam pasal 8 UN utama untuk tingkat SMA/SMK dilaksanakan Mulai tanggal 18 s.d 21 April 2011, sedangkan UN Susulan dilaksanakan mulai tanggal 25 s.d. 28 April 2011. Sementara pelaksanaan UN Utama untuk tingkat SMP dilaksanakan mulai tanggal 25 s.d. 28 April 2011 dan untuk UN susulannya dilaksanakan dari tanggal 03 s.d. 06 Mei 2011.
  2. Ujian Nasional hanya dilakukan  satu kali, tidak ada ujian Nasional ulangan (pasal 8 ayat 1), bahkan mendiknas M. Nuh sebagaimana ditulis pontianak pos online mengatakan : “Jika tidak lulus ya ikut kejar paket B atau C,”
  3. Kelulusan Peserta didik dalam UN ditentukan berdasarkan NA (Nilai Akhir). (pasal 6 Permendiknas No. 45 tahun 2010).
  4. Nilai Akhir (NA) diperoleh dengan cara mengakomodir Nilai Sekolah (NS) dengan komposisi 60 % nilai UN dan 40 % nilai Sekolah (NS). Nilai Sekolah (NS) diperoleh dari gabungan antara Nilai Ujian Sekolah dan Nilai rata-rata rapor semester 1, 2, 3, 4, dan semester 5 untuk SMP/MTs dan SMPLB  dengan pembobotan 60% untuk nilai US dan 40 % untuk nilai rata-rata rapor. (Pasal 5 Permendiknas No. 45 th. 2010).
  5. Peserta didik dinyatakan lulus UN apabila rata-rata dari semua NA paling rendah 5,5 dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (Permendiknas No.45 Pasal 6 ayat 2). Ilustrasinya, jika pada salah satu pelajaran siswa mendapat nilai Unas 4,00, berarti dia harus mendapatkan nilai ujian sekolah 8,00. Sebab, jika dihitung anak ini mendapatkan nilai 5,60. Di atas batas nilai terendah yaitu 5,50. Sementara jika siswa mendapatkan nilai unas 6,00, nilai ujian sekolah yang dibutuhkan tidak besar. Cukup dapat nilai 6 saja sudah bisa lulus. Ilustrasinya, jika pada salah satu pelajaran siswa mendapat nilai Unas 4,00, berarti dia harus mendapatkan nilai ujian sekolah 8,00. Sebab, jika dihitung anak ini mendapatkan nilai 5,60. Di atas batas nilai terendah yaitu 5,50. Sementara jika siswa mendapatkan nilai unas 6,00, nilai ujian sekolah yang dibutuhkan tidak besar. Cukup dapat nilai 6 saja sudah bisa lulus. (Pernyataan Mendiknas M.Nuh sebagaimana ditulis dalam pontianakpos.online)
  6. Di tingkat SMP Tim pemantau independen yang bertugas memantau UN akan ditiadakan. Tugas pemantauan akan diserahkan kepada disdik provinsi. (Pernyataan Ketua BSNP Djemari Mardapi dalam diskusi dan lokakarya UN di Jakarta pada hari Jum’at 15/10/2010 seperti yang ditulis dalam ujiannasional.org.
  7. Sekolah yang nilainya rendah akan dilakukan intervensi seperti tahun 2010 yaitu dengan diberikan insentif sebesar Rp 1 M sebagai stimulus kepada 100 Kabupaten/Kota yang memiliki nilai rendah (Pernyataan Mendiknas sebagaimana ditulis dalam kompas.com)

Demikianlah semoga bermanfaat, dan untuk melengkapi tulisan ini bisa diunduh permendiknas no. 45 dan 46 serta prediksi soal UN tahun 2011 berikut ini :

Permendiknas No. 45 Tentang Kriteria Kelulusan

Permendiknas No. 46 Tentang Pelaksanaan UN 2010/2011

Lampiran Permendiknas No. 46 (Kisi-Kisi UN 2010/2011)

Prediksi Soal Matematika SD/MI TP 2010/2011

Prediksi Soal Bahasa Indonesia SD/MI TP 2010/2011

Prediksi Soal IPA SD/MI   TP.2010/2011

Prediksi Matematika SMP TP. 2010/2011

Prediksi Soal Bahasa Indonesia SMP/MTs  TP. 2010/2011

Prediksi Soal Bahasa Inggris SMP/MTs TP.2010/2011

Prediksi Soal IPA SMP/MTs T.P. 2010/2011

Kisi-kisi UASBN SD/MI TP. 2010/2011

Iklan

32 Tanggapan to “Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2010/2011”

  1. Bang Iwan said

    Makasih banyak atas infonya Kang….
    Izin sedot.

    Suka

  2. alamendah said

    (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Saya mau ikutan sedot permennya saja, sekalian ikut menelaah lebih lanjut, Pak.

    Suka

  3. Pria said

    luar biasa, manfaat banget aq unduh ya kang, baru kali ini bisa mdptkan kisi2 uasbn SD.

    Suka

  4. cepuman said

    ikutan nyedot pak, semuanya kecuali yang uasbn sd/mi …..hehehehe… inimah ibarat pucuk dicinta ulampun tiba, nyari yg kicari dapetnya disini …. 😆

    Suka

    • abifasya said

      emang knapa ? yang MI gak disedot, padahal lumayan untuk beramal. kasih aja ke guru2 SD/MI. sedot dan cetak dulu ku kang ncep teras dibagikeun tah … kan janten amal …, leres teu ?

      Suka

  5. uswatun hasanah said

    Al Hamdulillah, terimakasih banget bapak saya bisa belajar lebih giat lagi karena punya prediksi soal un. saya adalh pelajar salah satu MTs swasta yang haus mendapatkan materi tambahan sebagai bagian dari usaha saya untuk mendapatkan nilai yang sangat memuaskan.
    mohon izin untuk donlod ya pak ….

    Suka

  6. Patriani said

    anak kami sedang duduk di kelas IX pak di salah satu SMP di Bekasi, makasih atas infonya semoga apa yang bapak tuliskan bermanpaat bagi semunya. amiin

    Suka

  7. Semoga aja yg pada melaksanakan un pada berhasil dg niai yg memuaskan. Salam sukses

    Suka

  8. ujang said

    buju buneng…..,, teu salah ieu jadual!!!

    Suka

  9. Hello, POST agree with you, should you go to Romania you have a ale coming from my family: ) Cheers!

    Suka

  10. dausy said

    Punten Pa, ngiring nyedot… nuhun bantosanana. Bade naros, wios? kanggo kisi uasbn sd leres kitu kanggo 2011 ? Margi eusina henteu benten sareng nu taun kapengker. Nuhun

    Suka

  11. idham said

    Pak .., mohon maaf. link untuk predeiksi soal ipa smp masuknya kok prediksi soal ipa sd ?
    mohon perbaikannya pak, kami butuh banget. dan terimakasih bpk telah memuat prediksi ini

    Suka

  12. Sugeng Waspodo said

    Terima kasih atas segala informasi yang sangat berguna ini ya… semoga kebaikan Bapak mendapat ganjaran yang berlimpah dari Tuhan YME.

    Suka

  13. mbendol said

    diknas tu …… ya.buat keputusan seenaknya sendiri kayak mereke klo disuruh ngerjain bisa

    Suka

  14. Silvia said

    gmn y menghadapi un kynya ssh ni bg sklh dsr pd tgl 10-12 mei

    Suka

  15. Success does not suddenly come to you You have to go out and work hard to get it

    Suka

  16. Ikhlas adalah sebuah kekayaan yang tidak ternilai.

    Suka

  17. Penularan dari sipilis sendiri biasanya terjadi akibat bergantiganti pasangan ketika melakukan hubungan seksual terutama dengan orangorang yang tidak mereka kenal. Penularan sipilis dapat terjadi melalui alat kelamin dan mulut. Oleh sebab itu untuk mencegah tertularnya penyakit ini anda sebaiknya tidak bergantiganti pasangan saat melakukan hubungan seksual.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: