Farhansyaddad weblog

Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik

Kecelakaan Bagi Orang yANG Menghalangi Dakwah Islamiyah (Kajian Surat Al Lahab)

Posted by abifasya pada 31 Januari 2010


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـنِ الرَّحِيمِ

تَبَّتْ يَدَآ أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ مَآأَغْنَى عَنْهُ مَالُهُ وَمَاكَسَبَ سَيَصْلَى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ فيِ جِيدِهَا حَبْلُُ مِّن مَّسَدٍ

Artinya :

Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa(1).Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan. (2)Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak. (3)Dan (begitu pula) isterinya, pembawa kayu bakar. (4)Yang di lehernya ada tali dari sabut. (5)

Ayat ini diawali dengan kutukan terhadap  seorang tokoh Quraisy Abu Lahab yaitu dengan kata  “تَبَّتْ يَدَآ أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ ”. Hal ini berkenaaan dengan sebab turunnya surat tersebut, sebagaimana yang diriwayatkan Imam Bukhori dan Muslim serta yang lainnya : “ Nabi Muhammad saw keluar menuju lapangan yang luas sehingga dia naik ke atas bukit shofa dan beliau menyeru : “Ya shabahahu (wahai waktu subuh)”. Maka orang-orang Quraisypun bertanya : “siapakah orang yang melakukan seruan ini?”. Diantara mereka ada yang menjawab : “Dialah Muhammad”. Maka berdatanganlah orang-orang Quraisy mengerumuninya, beliau bersabda : “Bagaimana pendapat kalian jika saya katakan bahwa saat ini di seberang bukit ada musuh sedang mengintai untuk menyerbu diwaktu petang, apakah kalian mempercayaiku”?. Mereka menjawab : “Kami Percaya !. seterusnya beliau bersabda : “Sesungguhnya aku ini pemberi peringatan bagi kamu sekalian sebeblum menghadapi azab yang sangat dahsyat”. Abu Lahab berkata : “Celakalah engakau wahai Muhammad, Hanya untuk ini sajakah engkau mengumpulkan kami ?”. Kemudian dia berdiri sambil menghempaskan tangannya (ngusap birit bari indit = Sunda).

Sebenarnya Abu Lahab Adalah paman Nabi, dia adalah yang bernama Abdul Izza putra dari Abdul Muthalib paman Nabi, sementara istrinya adalah Al Aura  Ummu Jamil saudara perempuannya Abu Sufyan bin Harb. Keduanya sangat memusuhi dan menyakiti Nabi. Jadi ia tidak punya moral dan tidak punya jiwa melindungi terhadap kerabatnya. Maka Allah mencelanya dengan celaan yang keras ini, yang merupakan kehinaan baginya sampai hari kiamat .

Abu Lahab, dinamai  demikian karena ketampanan dan kebersinaran wajahnya, terkadang dia juga dipanggil dengan sebutan Abu Nur dan Abu Dliya yang keduanya bisa dipergunakan sebagai panggilan yang menyenangkan dan panggilan ytang tidak menyenangkan. Tetapi kebanyakan dari keluarganya menyebutnya dengan sebutan Abu Lahab yang dikhususkan untuk sebutan yang tidak menyenangkan dan memperolok-olok bahkan dimaksudkan untuk menghinakan.

Kemudian Allah memberitahukan bahwa ternyata anak yang menjadi kebanggaan Abu Jahal dan hartanya yang berlimpah ruah ternyata tidak akan dapat menolak siksa Allah tatkala siksa itu datang kepadanya. Begitu pula kegigihannya untuk memusuhi dan membinasakan Nabi tidak akan pernah berhasil sama sekali, bahkan justru Abu Lahab lah yang akan dihinakan dan dibinasakan Allah. Dia akan dimasukkan ke dalam neraka yang bergejolak, yang akan membakar dan mengepungnya dari segala arah.

Sementara istri Abu Lahabpun (Ummu Jamil) akan di azab sebagaimana suaminya di azab.  Dia diazab karena usahanya menyebarkan fitnah dan senantiasa berusaha memadamkan dakwah Nabi SAW. Orang Arab mengatakan bahwa  orang yang berusaha mnyebarkan fitnah dan berusaha merusak hubungan antar manusia seolah-olah ia membawa kayu bakar dan menyulut api fitnah diantara manusia.

Dalam ayat terahir Allah menyatakan keburukan perbuatan istri Abu Lahab, rendah budinya dan jahat amal perbuatannya. Pada lehernya selalu ada seutas tali yang  kuat, digunakan utuk memikul duri-duri yang akan diletakkannya pada jalan yang dilalui Nabi. Ini adalah penghinaan untuk diriya dan suaminya. Dan ini adalah seburuk-buruk perumpamaan bagi perempuan.

Kesimpulan

  1. Abu Lahab bersama istrinya dibinasakan Allah di dunia dan Akhirat, harta dan usahanya tidak berguna sedikitpun.
  2. Di akhirat kelak keduanya sudah pasti dimasukkan ke dalam api neraka yang bergejolak.
  3. Istri Abu Lahab akan diazab dengan kalung api dilehernya karena ketika di dunia selalu menyakiti Nabi dengan membawa kayu bakar berduri yang diikatkannya di lehernya.
  4. Kehinaan yang ditimpakan Allah tidak hanya akan berlaku bagi Abu Lahab saja, tetapi bagi semua manusia yang memperolok-olok kebenaran dan menghalang-halangi dakwah Islamiyah.

Semoga kita semua tidak termasuk orang-orang yang akan dihinakan Allah karena seringnya kita memperolok-olok kebenaran dan menghalangi dakwah Islamiyah. Satu hal yang perlu kita waspadai terkadang kita memutar balikan kebenaran dengan membingkainya seperti kebenaran sejati padahal yang kita lakukan sedang memperolok-olok kebenaran, naudzubillahi min dzalik.

Wallahu ‘alam bishshawab.

Sumber : Dari berbagai sumber.

Iklan

24 Tanggapan to “Kecelakaan Bagi Orang yANG Menghalangi Dakwah Islamiyah (Kajian Surat Al Lahab)”

  1. aldy said

    Menghalangi dakwah berarti menghalangi berkembangnya Firman Allah dan sudah sepantasnya orang-orang seperti ini dimasukan kedalam api neraka.

    Suka

  2. abuzar said

    Abu Lahab masa kini juga berarti sama-sama akan dimasukan neraka yah ?

    Suka

  3. Abula said

    semoga saya terhindar dari tingkah dan laku memperolok kebenaran,,,,

    selamat malam

    salam hangat selalu

    Suka

  4. Junaedi said

    Sekecil apapun perbuatan kita yg menyebabkan terhalangnya dakwah, itu berarti menantang kecelakaan, nauzubillah.

    Suka

  5. Junaedi said

    Semoga kita tidak termasuk kelompok yg menghalangi dakwah Islamiyah,
    Allahu Akbar !!!
    Allahu Akbar
    Allahu Akbar

    Suka

  6. Semangat dakwah,,,,,
    🙂

    Suka

  7. darahbiroe said

    insya allah saya akan dukung dakwah dakwah tentang islam

    berkunjung n ditunggu kunjungan balikna makasih

    Suka

  8. dedekusn said

    Setiap muslim diwajibkan dakwah dgn sekemampuan. Menghalangi dakwah brarti menolak ketentuan Allah SWT.

    Suka

  9. Dangstars said

    Luar biasa Pak infonya

    Suka

  10. Dangstars said

    Wilujeung wengi sukses sealu

    Suka

  11. Dangstars said

    Kumaha damang kang ?

    Suka

  12. nurhayadi said

    Awas!!! Abu lahab jaman sekarang, hati-hati, Allah pasti akan mengazabmu.

    Suka

  13. Siti Fatimah Ahmad said

    Assalaamu’alaikum

    Mudahan kita dalam kalangan yang sentiasa menggerakkan perjalanan dakwah islamiyyah agar islam akan selalu tersebar walau di mana sahaja. Takutilah hari pembalasan di mana Allah akan meminta kita bertanggungjawab atas segala perbuatan kita di dunia ini. Maaf kerana lama tidak berkunjung. Mudahan silaturahminya senttiasa terjaga dalam barakah Allah swt. salam mesra selalu dari Sarikei, Sarawak.

    Suka

  14. adi isa said

    selalu saja dapat hal yang bermanfaat saat mengunjungi rumah kang abi 😉

    Suka

  15. Peristiwa Abu Lahab diabadikan oleh Allah dalam Al-Qur’an agar menjadi peringatan bagi siapa yang mencoba menghalangi dakwah 🙂

    Suka

  16. KangBoed said

    😆 😆 😆 😆 😆

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    Suka

  17. Ruang Hati said

    Menyapa sahabatku (kang Farhan) yang belum pernah kujumpa dalam nyata hanya lewat maya, namun hati kita serasa bersama, kicau burung pagi singsing mentari mulai bersinar, mengikis embun beranjak hari, ku hadir membuka layar mengetikan kata buat sahabat tercinta ingin kuucapkan sepatah kata ” kaulah sahabatku” Tuhanku Yang Maha Kuasa, berikanlah pada sahabatku nun jauh disana kebahagiaan dan kedamaian serta taburkanlah cinta pada dirinya beserta keluarganya, semoga harapan dan Doa menjadikan kita lebih bersaudara.
    Salam Kedamaian- Penuh Kebahagiaan- Dengan Cinta
    Ruang Hati.com
    ==========
    Selamat Berakhir Pekan, Have a nice weeekend

    Suka

  18. ABDUL AZIZ said

    Assalamu’alaikum,

    Surat ini biasa dihafal sejak kecil oleh anak-anak Muslim, tapi tentu hanya bacaannya saja. Anak-anak tidak dibiasakan untuk memahaminya, karena itu di sinilah pentingnya tulisan ini. Sayang kalau hanya memberi komentar tanpa dibaca dulu dengan teliti.

    Terima kasih Pak Ustadz.
    Salam buat keluarga.

    Suka

  19. tulisan mencerahkan…semoga kita tidak tergolong sebagai orang yang menghalangi jalannya dakwah Islamiyah. amin

    Suka

  20. HAMBA ALLAH said

    bagaimana membuktikan di negara kita ada ABU LAHAP JUGA ?

    APAKAH SUKARNO
    SUHARTO
    SBY
    TERMASUK ABU LAHAP JUGA dengan HUKUM THOGUTNYA / berhalanya ?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: