Farhansyaddad weblog

Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik

Workshop KTSP di Madrasah Ibtidaiyah….hmmm serrru…

Posted by abifasya pada 25 Januari 2010


abifasaya, Kepala MI, dan Pengawas

“Mohon maaf pak bicaranya jangan terlalu cepat, dan tolong kalau ada singkatan-singkatan dijelaskan apa kepanjangannya”, demikian salah satu pernyataan peserta IHT Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di salahsatu MI yang ada di Kecamatan Tanah Sareal.

Wellehh…. Ternyata aku masih belum bisa merubah gaya bicaraku, masih terlalu cepat dan terlalu Husnudzhan bahwa orang yang diajak bicara itu telah mengerti dengan apa yang akan aku bicarakan. Yah demi melayani kepuasan pelanggan aku mencoba mengendurkan tempo bicaraku menjadi lebih pelan lagi, belum juga aku menikmati gaya bicaraku yang ngadadak jadi nyalse and ancad laer tiba-tiba ada peserta yang lain yang bertanya lagi : “Mohon Maaf Pak, kami kan baru jadi guru dan belum mengerti dengan singkatan-singkatan yang tertulis di Slide bapak, kalau SK dan KD itu apa pak?”.

Ya … Allah ternyata aku masih belum bisa menjadi seorang yang bijaksana, yang bisa menyelami hati orang yang diajak bicara kenapa aku masih egois bahwa orang yang diajak bicara itu semuanya telah mengerti dengan apa yang akan aku bicarakan. Ya…kembali demi memberikan kepuasaan pada audien saya harus sabar menghadapi pertanyaan peserta itu dan tentu harus menjelaskannya. Dan akupun berkata pada mereka : “Maaf bapak dan ibu saya lupa tidak menjelaskan singkatan-singkatan itu, baik lah akan saya jelaskan SK adalah Standar Kompetensi sedangkan KD adalah Kompetensi Dasar. Standar Kompetensi (SK), merupakan ukuran kemampuan minimal yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus dicapai, diketahui, dan mahir dilakukan oleh peserta didik pada setiap tingkatan dari suatu materi yang diajarkan. Sedangkan Kompetensi dasar (KD), merupakan penjabaran SK peserta didik yang cakupan materinya lebih sempit dibanding dengan SK peserta didik. Wahhh… lengkap deh jawabanku dan ternyata bener apa yang aku katakana membuat para peserta IHT terdiam dan semakin penuh perhatian, dan setelah itu tidak ada lagi pertanyaan yang terlontar dari peserta sebelum aku menyelesaikan materi, lancaarrrrr dehhhh. 😆  🙂 🙂 😉

Dalam kesempatan IHT tersebut aku diberikan tugas oleh panitia untuk menyampaikan materi :

  1. Analisis SK dan KD/ analisis standar Isi
  2. Pengembangan Silabus
  3. Pengembangan RPP
  4. Penetapan KKM untuk MI

lagi nagapain yaaahhhh ????

Setelah selesai menyampaikan materi akupun masih harus membimbing para guru menyelesaikan pembuatan analisis SK/KD, pembuatan silabus, pembuatan RPP dan penetapan KKM. Rencananya hari ini ditargetkan para peserta bisa membuat satu KD Model Analisis SK/KD, dan Silabus. Besok pembuatan RPP untuk setiap mata pelajaran dan penetapan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum), bagi teman-teman yang membutuhkan salinan keempat materi di atas silahkan unggah di sini.

Wallahu ‘Alam.

Iklan

39 Tanggapan to “Workshop KTSP di Madrasah Ibtidaiyah….hmmm serrru…”

  1. alamendah said

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Di sini sudah diadakan workshop KTSP sejak dua tahun yang lalu. Sekarang sudah mulai berjalan. Walaupun untuk pembuatan silabus dan RPP sering kali masih saling copy paste.

    Suka

    • abifasya said

      sebenarnya di sini juga sih sudah, tapi karena sebagian besar guru yg lama diangkat PNS dan ditempatkan ditempat lain, jadi yg ada guru baru. tentunya perlu penyegaran ttg pengetahun per-KTSP-an mereka.
      Budaya COPAS silabus-rpp itulah yg menyebabkan hakikat tujuan pendidikan tdk tercapai.

      Suka

  2. Junaedi said

    Makasih banget, materinya aku unduh ya pak ?
    lengkap banget, kebetulan aku lagi cari contoh KKM, dan Alhamdulillah di sini aku dapet.
    Hanya sekedar usul, banyakin donk materi ttg KTSP biar aku bisa unduh.
    pokoknya tks bangeddd deh.

    Suka

  3. Mahbub said

    Mantap surantap, kau berikan apa yang kumau. ada KKM nya, ada cara nentuyin kkm nya ada prosmesnya, wlau untuk MI tapi ada yg untuk SMPNya, terutama KKM kelas IX.
    Mohon ridhonya untuk diadaptasi

    Suka

  4. Abula said

    setuju dengan para pelanggannya pak,,, singkatannya harus dijelaskan….
    takutnya ada salah paham (maap blm bisa nyebut “f”), KD disangkanya Kris Dayanti… 😀

    Salam Hangat,
    Sukses dengan Workshopnya…

    Suka

  5. Abula said

    KTSP, IHT, KKM, RPP itu singkatan-singkatan dalam istilah pendidikan ya pak???

    Suka

  6. ilyasafsoh.com said

    memang menarik,

    semoga pelatihannya berdampak bagus buat pendidikan di negeri ini

    🙂

    ilyas_afsoh

    Suka

  7. renal said

    Salam kenal
    Mantap pak materi yang di downloadnya, cuma agak lama pak ntedotnya, tapi Al hamdulillah terimakasih banget.

    TurNuhun

    Suka

  8. sangsaka said

    Heu2 karek ningali wujud asli kang Abi.. Aslina mah kumisan geuning kang, teu jiga apatarna 😀

    Suka

  9. dasir said

    Yang guru2 pasti pd bth nh. Yang kayak dasir mau diapain ya artikel ìni.?
    Sep dulu aja pak ya. Salam sksd eh salah sk gareng kade. Hehe..

    Suka

  10. ketika saya kecil, boleh jadi, para guru juga mengalami kerepotan yang sama dengan Kang Abi.
    tetapi sayangnya saya tidak lagi mendengar kabar guru-guru saya ketika sekolah dasar. semoga mereka selalu dalam lindungan Allah SWT…amin

    Suka

  11. mantapz pak

    Suka

  12. zulhaq said

    seru seru…menarik!!!
    wuee ada materinya pula 🙂

    Suka

  13. nurhayadi said

    Mantebs kang Abi… Beritanya jozzzz

    Suka

  14. dedekusn said

    Workshop Pendidikan sebaiknya rutin dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan & masa depan anak didi kita 🙂

    Suka

  15. Ruang Hati said

    Bertandang ke Lapak para Sahabat Nara Blog Tercinta, Ruanghati rasanya lama tidak jalan-jalan mengunjungi para Sahabat (Blogger) coz beberapa hari sangat sibuk sekali nih, Semoga para Sahabat selalu dalam keadaan baik dan bahagia selalu dalam rahmat serta kasih sayang Tuhan Yang Maha Kuasa, Amien. 2 hari terakhir ini juga Blog ruanghati keknya ada problem beberapa teman bilang ketika mau masuk ke blog kami ada semacam alert situs berbahaya, minta doanya semoga segera bisa normal kembali,

    Salam hangat

    Ruanghati

    Suka

  16. moga pendidkan negeri ini makin maju,,,,,,,,,

    Suka

  17. turmuzy hamid said

    Sukses terus pak, kapan ya ada pertemuan tingkat provinsi lagi ?
    Tumben pak ada kumisnya, ganteng juga euy.

    Suka

  18. Assalamu’alaikum mas,
    Kata orang, jika kita jadi guru atau pembicara, harus menganggap bahwa yang kita ajar belum tahu apa-apa. Dengan cara itu maka kita bisa memberikan penjelasan dengan lebih baik lagi.
    Sayapun kalau berbicara katanya terlalu cepat he he he
    Salam hangat dari Surabaya

    Suka

  19. duh, tulisan ini benar2 membuka mata bunda,ternyata banyak sekali kekurangan diri ini,
    terimakasih Mas Abi sudah mengingatkan,
    bagaimana kalau materi seperti ini lebih sering diturunkan disini ?
    hanya saran saja,Mas Abi.
    salam.

    Suka

  20. adi isa said

    keren banget..!! sebagai pemimpin, kang abi
    nggak diragukan.

    Suka

  21. muantaaf’s pak guru .. sukses pengajarannyah .. moga bangsa jadi cerdas .. krn gurunyah tambah cerdas

    Suka

  22. finda said

    sukses teruss pak..!!! 🙂 Moga pendidikan di Indonesia tambah baik lg ke depannya..

    Suka

  23. Mantaaf’s … salam kanu dibumi mugia sehat wal afiat

    sukses pak guru 😉

    Suka

  24. Ruang Hati said

    Penghujung bulan sudah datang, ada yg suka karena baru gajian, ada yang seding karena target tidak terpenuhi, apapun yang terjadi ruanghati.com ucapkan selamat berakhir pekan dan berakhir bulan, selamat ngeblog, yang barusan gajian bisa dihemat sampai akhir bulan berikutnya,

    salam hangat san sukses selalu

    semoga hidup Anda penuh dengan Cinta, Kesehatan, kebahagiaan dan Kedamaian selalu

    ruanghati.com

    Suka

  25. sangsaka said

    kunjungan tamba kesel kang… :mrgreen:
    kamana ieu juragan tos sababaraha dinten teu embol2 😆

    Suka

  26. andipeace said

    saya rasa penjelasan mengenai materi itu penting untuk mengetahui lebih detil tenteng hal ini…

    salam hangat dari cah lapindo

    Suka

  27. ABDUL AZIZ said

    Assalamu’alaikum,

    Memang rata-rata guru sering berbicara tanpa disadari apakah siswa mengerti atau tidak. Karena apa yang difahaminya, guru juga menganggap siswa akan dapat memahaminya. Maklum sim kuring oge guru.

    Rasanya kita menjelaskan sejelas-jelasnya, tapi ternyata siswa belum juga mengerti. Yang jelas bagi guru, bagi mereka belum tentu.
    Saya sering mengalami hal tersebut.

    Terima kasih telah diingatkan.
    Salam ka sadayana di Bogor.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: