Farhansyaddad weblog

Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik

Ingin Kemudahan ???? Bertaqwalah ….!!! (Kajian SUrat Al lail)

Posted by abifasya pada 15 Januari 2010


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـنِ الرَّحِيمِ

وَالَّيْلِ إِذَا يَغْشَى {1} وَالنَّهَارِ إِذَا تَجَلَّى {2} وَمَاخَلَقَ الذَّكَرَ وَاْلأُنثَى {3} إِنَّ سَعْيَكُمْ لَشَتَّى {4} فَأَمَّا مَنْ أَعْطَى وَاتَّقَى {5} وَصَدَّقَ بِالْحُسْنَى {6} فَسَنُيَسِّرُهُ لِلْيُسْرَى {7} وَأَمَّا مَن بَخِلَ وَاسْتَغْنَى {8} وَكَذَّبَ بِالْحُسْنَى {9} فَسَنُيَسِّرُهُ لِلْعُسْرَى {10} وَمَايُغْنِى عَنْهُ مَالُهُ إِذَا تَرَدَّى {11} إِنَّ عَلَيْنَا لَلْهُدَى {12} وَإِنَّ لَنَا لَلأَخِرَةَ وَاْلأُولىَ {13} فَأَنذَرْتُكُمْ نَارًا تَلَظَّى {14} لاَيَصْلاَهَآ إِلاَّ اْلأَشْقَى {15} الَّذِي كَذَّبَ وَتَوَلىَّ {16} وَسَيُجَنَّبُهَا اْلأَتْقَى {17} الَّذِي يُؤْتِي مَالَهُ يَتَزَكَّى {18} وَمَالأَحَدٍ عِندَهُ مِن نِّعْمَةٍ تُجْزَى {19} إِلاَّابْتِغَآءَ وَجْهِ رَبِّهِ اْلأَعْلَى {20} وَلَسَوْفَ يَرْضَى {21}

Artinya :

Demi malam apabila menutupi (cahaya siang), (QS. 92:1)dan siang apabila terang benderang, (QS. 92:2)dan penciptaan laki-laki dan perempuan, (QS. 92:3)sesungguhnya usaha kamu memang berbeda-beda. (QS. 92:4)Adapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertaqwa, (QS. 92:5)dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (surga), (QS. 92:6)maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah. (QS. 92:7)Dan adapun orang-orang yang bakhil dan merasa dirinya cukup, (QS. 92:8)serta mendustakan pahala yang terbaik, (QS. 92:9)maka kelak Kami akan menyiapkan baginya (jalan) yang sukar. (QS. 92:10)Dan hartanya tidak bermanfa’at baginya apabila ia telah binasa. (QS. 92:11)Sesungguhnya kewajiban Kamilah memberi petunjuk, (QS. 92:12)dan sesungguhnya kepunyaan Kamilah akhirat dan dunia. (QS. 92:13)Maka, Kami memperingatkan kamu dengan api yang menyala-nyala. (QS. 92:14)Tidak ada yang masuk ke dalamnya kecuali orang yang paling celaka, (QS. 92:15)yang mendustakan (kebenaran) dan (berpaling) dari iman. (QS. 92:16)Dan kelak akan dijauhkan orang yang paling taqwa dari neraka itu, (QS. 92:17)yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah) untuk membersihkannya, (QS. 92:18)padahal tidak ada seseorangpun memberikan suatu nikmat kepadanya yang harus dibalasnya, (QS. 92:19)tetapi (dia memberikan itu semata-mata) karena mencari karidhaan Rabbnya Yang Maha Tinggi. (QS. 92:20)Dan kelak dia benar-benar mendapat kepuasan (QS. 92:21)

Surat ini diawali dengan sumpah Allah Yang Maha Kuasa, dimana Allah bersumpah dengan waktu saat terjadinya perbuatan manusia dalam berbagai macam kondisi mereka. Allah berfirman : “Aku bersumpah dengan malam ketika menutupi makhluk dan bumi dengan gelapnya. Maka semua Mahluk tenang menuju ke tempat tinggalnya, dan istirahat dari kelelahan bekerja. Aku bersumpah dengan siang, tatkala siang itu muncul kepada mereka, mereka pun menjadi terang menderang dengan cahayanya dan meeka pun bergerak mencari keperluan hidup mereka.

Rabb kita juga bersumpah demi diri-Nya yang mulia yang memiliki sifat bahwa Dia adalah  pencipta laki-laki dan perempuan. Sebagai bagian dari kemahakuasaan-Nya Dia menciptakan semua makhluk yang dikehendakinya berpasangan yakni terdiri dari jantan dan betina supaya jenis makhluk tersebut tetap lestari. Masing-masing dijadikan tertarik kepada yang lain, dengan dorongan syahwat dan dibuat serasi. Maha Suci Allah Dzat sebaik-baik Pencipta.

Kemudian Rabb menyebutkan objek sumpah-Nya dengan firman-Nya : “Sesungguhnya Usaha kamu memang berbeda-beda”. Sesuai dengan perbedaan amal perbuatan itu sendiri, kadarnya dan semangat melakukannya. Juga sesuai dengan perbedaan niat dan tujuan perbuatan itu. Apakah karena mengharap ridla Allah atau karena ingin mendapat kemashalahatan duniawi saja yang hina dan sementara ?. Mereka yang berbuat karena mengharap ridla Allah pasti akan mendapat ganjaran sementara yang tidak demikian mereka hanya patut mendapatkan siksa yang menyedihkan. Dan sekali-kali balasan bagi mereka tidaklah akan sama.

أَمْ حَسِبَ الَّذِينَ اجْتَرَحُوا السَّيِّئَاتِ أَن نَّجْعَلَهُمْ كَالَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ سَوَآءً مَّحْيَاهُمْ وَمَمَاتُهُمْ سَآءَ مَايَحْكُمُونَ

Apakah Orang-orang yang berbuat jahat itu menyangka bahwa kami akan menjadikan mereka seperti orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh, yaitu sama antara kehidupan dan kematian mereka ? Amat buruklah apa yang mereka sangka itu ? (Al Jatsiyah : 21).

Dalam ayat berikutnya (5 –11)  Allah mengelompokkan manusia berdasarkan amalnya ke dalam dua golongan, yaitu :

Pertama :

Orang-orang yang memberikan harta pada jalan Allah  dan bertaqwa serta membenarkan adanya pahala dan perbuatan baik. Terhadap golongan ini Allah akan memudahkan segala urusannya dan Allah akan meringankan untuk berbuat kebaikan dan meninggalkan kejahatan.

Kedua :

Orang yang Bakhil (keked mengkene nyengklik buntut kasiran, pedit kadiri koret kadewek= Sunda). Orang ini telah merasa cukup dan tidak lagi merasa perlu terhadap pertolongan Allah serta mendustakan akan adanya pahala dan perbuatan baik. Terhadap kelompok ini Allah akan memberikan kesulitan-kesulitan akaibat dari perbutannya yang selalu mempersulit diri. Dan Allah Allah akan memberikan kemudahan kepada mereka untuk menuju kesengsaraan dan selalu ada kesempatan ketika hendak berbuat maksiat.

Orang-orang bakhil itu mengira bahwa kekayaannya bisa melindunginya, padahal tatkala kematian mendapatkannya tidak sedikitpun dari hartanya bermanfaat untuk dirinya.

Setelah Allah memberikan penjelasan tentang dua golongan itu, Allah berfirman : “Sesungguhnya menjadi kewajiban kami menjelaskan yang hak dari yang bathil dan amalan taat dari maksiat. Sesungguhnya kehidupan dunia dan akhirat serta semua isinya itu adalah milik-Ku. Aku berikan kepada orang yang Aku kehendaki dengan karunia-Ku dan tidak Aku berikan kepada orang yang Aku kehendaki dengan keadilan-Ku”.

Orang-orang yang mendustakan apa-apa yang datang dari Rabbnya, serta berpaling dari iman dan taat kepada Allah dan Rasul-Nya mreka adalah orang-orang yang celaka yang akan dmasukkan Allah ke dalam api neraka yang menyala-nyala dan bergejolak karena sangat panasnya. Sementara orang yang mencapai kesempurnaan taqwa (yaitu orang yang memberikan hartanya kepada orang-orang yang kekurangan, juga menginfakannya di jalan Allah dengan tujuan membersihkan dirinya dari dosa dan aib demi mendapatkan ridla Allah)  mereka senantiasa dijauhkan dari siksa neraka.

Ketika kita berbuat baik kepada seseorang janganlah kebaikan itu dilakukan karena balas budi, dan jangan sekali-kali mengharap balasan dari orang tersebut tetapi berharaplah selalu akan keridloan Allah semata. Kemudian di akhirat nanti Allah akan memberikan ganjaran surga. Amin Yaa Robbal ‘Alamin

Wallahu ‘alam bisshawab.

Iklan

41 Tanggapan to “Ingin Kemudahan ???? Bertaqwalah ….!!! (Kajian SUrat Al lail)”

  1. yassir said

    Terimakasih tulisannya
    pas nyari tentang surat al lail, pas bapak menuliskannya. jadi saya bisa dapat pertama materi ini.
    Semoga Allah membalas kebaikan bapak.
    Wassalam

    Suka

  2. kezedot said

    pencerahan jiwa dan aku suka ini

    maksih bang
    salam dalam kehangatan musim

    Suka

  3. Hariez said

    dan semoga kita menjadi mahluk Nya kategori golongan ke.1 dan dijauhkan dari golongan ke.2

    selamat malam & selamat beristirahat

    -salam-

    Suka

  4. Dangstars said

    Terimakasih atas pembekalannya..
    Sangat bermanfaat 😀

    Suka

  5. terima kasih atas penecerahannya..

    Suka

  6. Dangstars said

    Assalamualaikum…
    Kang Abi mangga atuh langsung cek di Email semoga bermanfaat..
    Selamat melaksanakan PR nya.. 😀
    Wassalam

    Suka

  7. Dangstars said

    Pesanan Kang Aby,sudah dikirim melalui Email Kang Aby
    Salam

    Suka

  8. liudin said

    numpang bertanya. bagaimana cara menuliskan huruf arab pada postingan?

    Suka

  9. abifasya said

    copy paste aja dari program Al Quran, terus untuk memperindah lihat di http://haniifa.wordpress.com/free-comment/

    Suka

  10. Fitri said

    @liudin
    Kalau saya untuk buat tulisan arab hanya copas tulisan arab yang sudah ada.

    @abifasya
    Seperti biasa artikelnya informatif.

    Suka

  11. perigitua said

    haddiirrr…

    kang abi… pkbr?

    setuju kang… ketika kita berbuat baik utk mengharap balas budi, itu sama aja dengan tidak ikhlas…

    cu…

    Suka

  12. atlet said

    terima kasih karna telah mengingatkan…

    Suka

  13. Mantab’s surantab @Juragan 😀

    Wilujeng sonten… 😉

    Suka

  14. Ruang Hati said

    -좋은 주말 보내세요. ( joheun jumal bonaeseyo ) ” selamat akhir pekan”.
    Semoga bahagia selalu bersama keluarga tercinta.

    Salam hangat dengan cinta

    ruanghati.com

    Suka

  15. Assalamu’alaikum,
    Allah Swt berfirman : Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya. (Al A’raf {7} : 96. (Dewi Yana)

    Suka

  16. @Kang…
    Aya nu ngadat juragan wepe kali… 😀

    (coba cek keranjang sepamnyah… )

    Selamat malam mingguan….

    Suka

  17. ABDUL AZIZ said

    Assalamu’alaikum,
    Terima kasih Pak Guru, kita mudah sekali lupa, jadi perlu terus diingatkan. Jangan sampai kita buntut kasiran , keked mengkene ( naon bahasa Indonesiana ? ):

    ” … maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah. Dan adapun orang-orang yang bakhil dan merasa dirinya cukup, serta mendustakan pahala yang terbaik, maka kelak Kami akan menyiapkan baginya (jalan) yang sukar. ”

    Semoga kita tidak mengalami hal tersebut. Amin.
    Terima kasih.
    Wassalam

    Suka

  18. Abula said

    Selamat Siang,
    Selamat hari Senin,
    Semoga tetap semangat dalam berkarya dan sukses selalu,

    Salam Hangat,
    AbulaMedia.com

    Suka

  19. Abula said

    hebat pisan,,, aya araban …

    Suka

  20. nurhayadi said

    Assalamu’alaikum… pas saya silaturahim ke sini, pas masih malam, pas banget dengan postingannya. Syukron.

    Suka

  21. KangBoed said

    IMAN dan TAKWA jika di kaji ternyata berat sekali.. hanya yang meraih FITRAH DIRI dalam KETENANGAN JIWA dan menyerah dalam sebenar La Hawla Walla Quwata yang sesungguhnya beriman dan bertakwa.. manusia yang hidupnya ELING dalam kesadaran akan TUHAN meliputi 24 jam serta WASPADA dalam setiap langkah tindakan
    salam sayang selalu

    Suka

  22. Abula said

    Selamat siang menjelang sore,
    Selamat hari Selasa menjelang Rabu,
    Semoga tetap semangat dalam berkarya dan sukses selalu,

    Salam Hangat,
    AbulaMedia.com

    Suka

  23. zainalrumabi said

    Kebakhilan mendekatkan pada neraka dan menjauhi surga

    Suka

  24. Hanya kepadanya kita wajib bertaqwa, tidak duanya dan tetap kepada Nya. Ada yang berani membantah ?

    Suka

  25. Jika bukan kepada Allah SWT, kepada siapa lagi kita akan berserah diri ?

    Suka

  26. dasir said

    Selama ini aku hanya hafal teksy tp tak hafal artinya.
    Makasih pak ya, smg golongan 1 merup golongan dimana aku berada.
    Salam

    Suka

  27. apa Kabar Mas Abi ?
    semoga selalu sehat ya.
    Terima kasih utk sharingnya,tulisan yang seperti ini memang diperlukan sangat dlm kehidupan kita sekarang atau nanti.
    salam hangat utk keluarga.
    salam.

    Suka

  28. Ruang Hati said

    ketika sang surya pagi sinarnya terlindungi oleh gumpalan awan, sejuknya pagi membuat raga enggan tuk beranjak dari peraduan, namun hati terbesit untuk memberi ucapan kepada para sahabatku tersayang, sekedar sebuah harapan, selamat pagi, selamat memulai pengembaraan di hari yang penuh harapan ini, semoga Tuhan senantiasa memberikan kita tuntunan dalam setiap langkah,

    dituliskan bersama tetes embun bagi semua sahabat

    Ruanghati.com

    Suka

  29. Wah postingan kaya’ begini yang saya cari!

    Terima kasih!

    Suka

  30. Fitri said

    Di tunggu updatenya loh.

    Suka

  31. KangBoed said

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    Suka

  32. KangBoed said

    (keked mengkene nyengklik buntut kasiran, pedit kadiri koret kadewek= Sunda)

    Suka

  33. KangBoed said

    (keked mengkene nyengklik buntut kasiran, pedit kadiri koret kadewek= Sunda)..

    Suka

  34. KangBoed said

    wkkwkwkkwkwk.. bahasa naon kan teu aya di KAMUS.. google translate.. hehehe.. mangstabs.. aki akina galak

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: