Farhansyaddad weblog

Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik

Sepuluh Tempat Pencarian Yang sesungguhnya

Posted by abifasya pada 13 Desember 2009


Terkadang kita mencari sesuatu di tempat yang salah, dan kita tidak merasa bahwa kita telah melakukan kesalahan. Mengapa ? karena otak kita telah diset sedemikian rupa untuk merasa benar dalam kesalahan yang mungkin telah melembaga. Kesalahan yang melembaga akan sulit untuk dihilangkan karena kesalahan itu sudah dilakukan secara bersama-sama dan

“salah tidak akan dikatakan salah jika semua orang telah melakukannya, sebaliknya benar akan terasa asing bahkan mungkin akan dipandang sebagai suatu kesalahan jika dilakukan hanya oleh sebagian kecil orang saja.

Dari segolongan hukama dikatakan bahwa : “telah aku cari sepuluh hal dalam sepuluh tempat, ternyata aku temukan dalam sepuluh tempat yang lain.

  1. Aku mencari ketinggian derajat dalam sikap takabur, ternyata aku temukan dalam tawadhu
  2. Aku mencari kualitas ibadah tertinggi dalam shalat, ternyata aku temukan dalam wira’i
  3. Aku mencari kenangan (kesenggangan) hidup dalam semangat mencari harta, ternyata aku dapatkan dalam zuhud
  4. Aku mencari sinar hati dalam shalat di siang hari yang dilakukan terang-terangan, ternyata aku temui dalam shalat malam yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi.
  5. Aku mencari sinar penerang di hari kiamat dalam kedermawanan dan kemurahan hati, ternyata aku dapatkan dalam hausnya puasa.
  6. Aku mencari keselamatan melintasi shirath dalam pahala qurban, ternyata aku temukan dalam pahala shadaqah
  7. Aku mencari keselamatan dari neraka dalam pahala mencapai hal-hal yang diperbolehkan dalam agama, ternyata aku temukan dalam pahala meninggalkan keinginan duniawi
  8. Aku mencari cinta kasih Allah dalam dunia, ternyata aku temukan dalam dzikir kepada-Nya
  9. Aku mencari kesejahteraan dalam berbagai perkumpulan, ternyata aku temukan dalam uzlah

10.  Aku mencari sinar hati dalam berbagai nasihat dan pembacaan   Al Qur’an, ternyata aku temukan dalam tafakur dan ratap tangis.

Seberapa sering kita melakukan kesalahan ?, salah tempat dalam mencari sesuatu ?,  setelah kita semua membaca tulisan ini semoga saja tidak terjadi lagi kesalahan tempat dalam mencari sesuatu.

Ada beberapa istilah dalam tulisan di atas yang mungkin masih asing ditelinga kita, atau asing sih tidak tapi memahami artinya belum, Insya beberapa istilah tersebut akan dicarikan penjelasannya. Takabur ialah merasa tinggi hati, sedangkan tawadhu adalah merendahkan diri dihadapan kebenaran, mentaatinya, dan menerima dengan rela dari siapapun datanngnya kebenaran itu. Dan tidak usah lagi ragu mengartikan tawadhu itu dengan kata RENDAH DIRI bukan RENDAH HATI, tapi rendah diri sesuai penjelasan di atas.

Wara adalah meninggalkan segala yang syubhat (belum jelas halal-haramnya) dan segala kelebihan di luar batas kelayakan.

Demikianlah

Wallahu ‘Alam

Iklan

37 Tanggapan to “Sepuluh Tempat Pencarian Yang sesungguhnya”

  1. komuter said

    ternyata saya yang pertama……..

    Suka

  2. dicky said

    makasih infonya, artikel mencerahkan slalu. Apa yg dituliskan anda benar-benar pernah saya alami : “mencari sesuatu salah tempatnya.
    Salaaam

    Suka

  3. Sugan teh tawadu artinya tara mawa duwit :mrgreen: ternyata bukan…

    Suka

  4. kaskuser said

    mhmm….mengintakan ku pada sang pencipta

    Hi salam kenal just blogwalking doang. main dong ke blog saya

    http://blog.unsri.ac.id/kaskuserr/nais-inpo-gan/mrlist/1234/

    http://blog.unsri.ac.id/kaskuserr/news/mrlist/1233/

    dijamin bikin KETAGIHAN..!!!

    salam

    (^_^)

    Suka

  5. rama said

    Hmm.. kalau alasannya ada gak Pak?
    kenapa ini salah, kenapa yang itu yang benar?
    karena kebenaran adalah apa-apa yang datang dari Robbmu

    jazakallah

    Suka

  6. nice blog here……

    let exchange link …. thank

    Suka

  7. mantaaaaaf’s ari dibahas ku urang garutmah 😉

    hatur tararengkyu yeuh pangemut2na ..

    Suka

  8. terima kasih Mas Abi,
    tulisan ini sangat bermanfaat utk kita saling mengingatkan.
    semoga Allah swt memudahkan kita dlm segala hal, amin.
    salam.

    Suka

  9. Siti Fatimah Ahmad said

    Assalaamu’alaikum

    SAHABAT
    Walau…
    Langkah tak bertemu
    Tangan tak berjabat (perempuan sahaja ya)
    Ucapan tak terdengar
    Izinkan hati ini memohon maaf
    Atas segala…..
    Sikap dan lisan yang tak terjaga
    Janji yang tak terkota
    Hati yang kerap berprasangka (insya Allah tiada)
    Sepanjang setahun perkenalan kita
    Selama persahabatan kita terjalin di dunia maya
    Terima kasih atas kasih sayang dalam ukhuwwah yang dicerna
    Semoga kita selalu di dalam perlindungan-Nya

    SELAMAT MENYAMBUT MA’AL HIJRAH 1431
    Salam Awal Muharam dan salam manis dari saya di Bangi, Selangor, MALAYSIA.

    SITI FATIMAH AHMAD

    Suka

  10. sebagian setuju sebagian lain tidak. tapi tidak mengapa.
    Selamat Tahun Baru bang Farhansyaddad…

    Suka

  11. elmoudy said

    tempat itu sungguh terlihat samar
    jika saja hati mampu melihat jernih
    dan nafsu menjadi sirna
    maka semua keindahan tempat itu
    akan terang nyata adanya..

    Suka

  12. and1k said

    wah sama kayak saya mas saya juga cri tuh yang sepukuh

    Suka

  13. Mm…mantab mas. 🙂

    Suka

  14. senang mendapat postingan darimu bang
    baik postnya
    salam hangat selalu

    Suka

  15. Aku mencari kualitas ibadah tertinggi dalam shalat, ternyata aku temukan dalam wira’i.. ini pilihanku..

    Suka

  16. I really love to write and I’m pretty good at it. But whenever I try to write a story or something I start off good but always end up throwing it away–I can never seem to finish it. . . Sometimes I have a good idea that I really like but it’s just hard for me to write a story about and keep going. I like creative writing, but now I’ve almost given up because I can’t even write a short story. HELP!!! What should I do?. Any good creative writing websites to help me get started? Books?. I’m DESPERATE!!.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: