Farhansyaddad weblog

Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik

Ujian Nasional dipercepat?

Posted by abifasya pada 13 November 2009


Ujian Nasional tahun ini mudah-mudahan saja tidak menjadi Musibah Nasional, sebagai upaya pemaksaan kehendak dan pengingkaran terhadap UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003. Memang lucu kebiasaan pelaksanaan Ujian Nasional di negeri kita tercinta ini, Kurikulum yang dipakai adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, yang katanya kurikulum tersebut dibuat dan dikembangkan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan tapi pengukurannya masih harus uniform bersifat nasional, wal hasil daerah-daerah tertentu yang berpendirian teguh mengajarkan anak didiknya disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan (KTSP) banyak sekali yang gagal mendapatkan predikat lulus. Sementara di beberap tempat saat UN berlangsung banyak sekolah yang sudah tidak lagi memperhatikan asfek kejujuran, dimana-mana ada tim sukses (dalm rangka mensukseskan peserta didiknya menjadi orang-orang yang tidak jujur). Dan tidak sedikit guru yang dipenjara karenakan berusaha dengan usaha yang salah agar anak didiknya bisa lulus UN.

Tahun ini apakah Ujian Nasional itu masih akan menjadi Musibah Nasional ?. Nampaknya indikasi ke arah sana, diantaranya bisa dilihat dari :

  1. Pelaksanaan UN yang dipecepat menjadi bulan Maret, hal ini tentunya akan merubah semua rencana yang telah dipersiapkan guru. Karena biasanya Guru telah membuat Rencana untuk sampai dengan bulan April. Dan hal ini mau tidak mau para guru harus ekstra keras mencurahkan seganap kemampuannya mengantarkan peserta didik untuk memperoleh hasil ujian yang sangan memuaskan.
  2. Rata-rata nilai minimal 5,5 untuk semua mata pelajaran yang diujikan. Hal ini pun menjadi indikasi kemungkinan banyaknya siswa yang gagal dalam ujian. Walupun mungkin hal ini bisa terobati dengan adanya ujian ulangan bagi mereka yang tidak lulus, tapi apakah mereka yang lulus ujian dengan ujian ulangan setelah sebelumnya mereka dinyatakan tidak lulus akan memiliki kepercayaan diri yang sama dengan mereka yang lulus melalui ujian utama ?

Apapun yang terjadi, kita semua harus merapatkan barisan mensukseskan segala kebijakan yang ditetapkan pemerintah dengan seperangkat peraturan dan perundang-undangannya. Tentunya dalam bingkai yang dibenarkan sesuai kaidah yang berlaku, tidak melakukan kecurangan, tidak melakukan kebohongan, dan tetap berusaha agar semua anak didik kita berhasil dengan nilai yang sangat memuaskan dan tetap memiliki akhlaq yang mulia.

Sekedar untuk memberikan infor ringan berikut ini akan saya tuliskan beberapa pasal yang ada dalam peremen No. 75 tahuin 2009 tentang ujian nasional.

Pasal 1

Dalam Peraturan ini yang dimaksud dengan:

1. Ujian Nasional yang selanjutnya disebut UN adalah kegiatan pengukuran dan

penilaian kompetensi peserta didik secara nasional pada jenjang pendidikan

dasar dan menengah.

2. UN utama adalah ujian nasional yang diselenggarakan bagi seluruh peserta ujian

yang terdaftar sebagai peserta UN tahun pelajaran 2009/2010.

3. UN susulan adalah ujian nasional yang diselenggarakan bagi peserta didik yang

tidak dapat mengikuti UN utama karena alasan tertentu dan disertai bukti yang

sah.

Pasal 5

(1) UN Tahun Pelajaran 2009/2010 dilaksanakan dua kali yaitu UN utama dan UN

ulangan.

(2) UN utama untuk SMA/MA, SMALB, dan SMK dilaksanakan pada minggu ketiga

Maret 2010.

(3) UN utama untuk SMP/MTs dan SMPLB dilaksanakan satu kali pada minggu

keempat Maret 2010.

(4) UN susulan dilaksanakan satu minggu setelah UN utama.

(5) Ujian praktik kejuruan untuk SMK dilaksanakan sebelum UN utama.

Pasal 6

(1) UN Ulangan untuk SMA/MA, SMALB, dan SMK dilaksanakan minggu kedua

Mei 2010.

(2) UN Ulangan untuk SMP/MTs dan SMPLB dilaksanakan minggu ketiga Mei

2010.

Untuk lebih jelasnya silahkan unduh :

Permendiknas No 75 Tahun 2009

Lampiran-nya.

Iklan

36 Tanggapan to “Ujian Nasional dipercepat?”

  1. Karman68 said

    seperti biasanya kayanya sih pa, Ujian Nasional itu jadi tragedi Nasional, makasih permennya saya unduh ya pak. Sukses slalu dan salam kenal.

    Suka

    • salam super,,,
      UN sebenarnya penting menurut saya, karena itu memang menjadi alat ukur atas segala ilmu yang telah diperoleh selama pendidikan. toh standar nilai kita masih lebih rendah dibandingkan negara ASEAN lainnya !!!

      Suka

  2. Dangstars said

    Semoga terlaksana

    Suka

  3. Badruz said

    Barangkali karena pengaruh global ya Pak Farhan, seperti pengaruh karena negara berkembang, bantuan pendidikan masih minim dsb. semoga saja bertambah tahun, ujuian nasional semakin bagus.

    Suka

  4. Secara pribadi, saya jadi apriori dengan kulitas Ujian Nasional yang sekarang. Mulai dari masalah kebocoran soal, tidak adanya integritas oknum guru yang sengaja membatu muridnya supaya lulus, dan berbagai macam persoalan UM lainnya. Sekoga Menteri yang baru ini menagkap permasalahan ini dan segera menemukan solusinya…

    Salam kenal pak, Ada buku gratis nih yang mau dibagi2… ditunggu kehadirannya ditampat saya ya.. 🙂

    Suka

  5. dasir said

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Andaikan UN adalah Musibah, mudah2an tidak memenuhi hotel prodeo, hotel RSJ dan lembg2 penampung gangguan jiwa.. Salam Kenal Pak Ya..

    Suka

  6. untuk memepercepat UN mungkin dimaksudkan agar bisa sekalian melaksanakan UN susulan, semoga lebih baik dunia pendidikan kita ya Mas Abi.
    sepertinya M.Nuh sebagai mendiknas yg baru akan lebih baik, terbukti sewaktu beliau masih menjadi Menkominfo, segalanya jadi lebih baik.
    salam.

    Suka

  7. Assalamu’alaikum,
    Mas Abifasya, blog nya sudah saya link, di blog baru saya. Tolong Mas Abifasya, link blog saya juga ya, dengan nama : jalandakwahbersama.com saja untuk membedakan dengan blog yang di wordpress. URLnya : http://dakwahdewi.herfia.com
    Maaf ya Mas, baru sempat berkunjung dan ngelink blognya sekarang, karena sedang ada lumayan kesibukan, makasih (Dewi Yana)

    Suka

  8. ya, saya baru dapat info tadi pagi dari kepala sekolah.

    Suka

  9. Abula said

    semoga ujiannya baik2 saja dan tidak menjadi musibah nasional meskipun indikasi untuk itu sudah ada….
    mash ada waktu untuk mengantisipasi…

    Salam Hangat Selalu

    Suka

  10. Dangstars said

    Assalamualaikum
    Wilujeung wengi
    Selamat malam Kang….

    Suka

  11. komuter said

    untung sudah tidak sekolah lagi, padahal dulu waktu sistem NEM diadakan, saya sudah cukup ketakutan, karena terusterang tidak pernah belajar dan lagi bukan termasuk siswa yang berotak encer…….

    Suka

  12. Apa di daerah sudah pada siap yach???.. Jangan sampe terulang ada sekolah yang nol persen kelulusannya.
    Salam Hangat

    Suka

  13. Wilujeng sonten Kang Aby, sesungguhnya hal diatas diatas dapat menyalahi dari sistem yang diaplikasikan yaitu peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, yang tercantum seperti : Meningkatklan efisiensi dan efektifitas proses belajar mengajar melalui pemetaan mutu sekolah, penilaian proses dan hasil belajar mengajar secara bertahap dan berkelanjutan, serta pengembangan sistem dan alat ukur penilaian pendidikan yang lebih efektif untuk meningkatkan pengendalian dan kualitas pendidikan. Meningkatkan pengawasan dan akuntabilitas kinerja kelembagaan pendidikan. Kang Aby, jika dipercepat dan asal-asalan dapatkah memnuhi kriteria hal tsb ditas ? Terima kasih postingannya, Sukses untuk Kang Aby.

    Regards, agnes sekar

    Suka

    • abifasya said

      Al ajalah minasyaithan.
      Teregesa-gesa itu budayanya syaithan.
      yang ada bukan berkualitas tapi karbitan
      pisang aja kalo di karbit emang sih cepet mateng tapi gak enak
      sukses slalu buat bu agnes

      Suka

  14. Elmubarok said

    mudah-mudahan semua pihak sudah siap mnghadapi UN ini.
    walau di percepat tapi hasil yang di capai sangat memuaskan… amin

    salam kenal kang

    Suka

  15. Indo Hijau said

    Nasiiiiib para guru dan paling apes ya para anak didik. Nggak tahu apa maunya para petinggi kita ini ?

    Suka

  16. ABDUL AZIZ said

    Assalamu’alaikum ,
    Mudah-mudahan guru dan murid bisa secepatnya mempersiapkan UN yang akan semakin dekat waktu pelaksanaannya. Dan pendidilan kita semoga semakin lebih baik.
    Terima kasih.
    Salam.

    Suka

  17. Ikut mendoakan semoga ujian nasional tidak menjadi musibah nasional 😀

    Suka

  18. achoey said

    Wah, ini harus lebih membuat para pendidik dan peserta didik termotivasi
    Kebetulan saya ergerak di dunia pedidikan
    Dan info ini menjadi sangat berharga duhai sahabat
    Makasih y 🙂

    Suka

  19. Siti Fatimah Ahmad said

    ASSALAAMU’ALAIKUM..

    KEPADA SAHABATKU… SAMBUTLAH UCAPAN DARIKU. SERANGKAI KATA PENGGANTI DIRI. UNTUK MENYAMBUT HARI PERTEMUAN YANG BESAR. JARI SEPULUH KU SUSUN JUGA. AGAR KESALAHAN DIAMPUN SEMUA. TANDA IKHLAS PERSAHABATAN KITA.

    SALAM DUNIA, SALAM SEMUA, SALAM HARI RAYA EIDUL ADHA DAN SALAM PERPISAHAN “BERJARAK” DARI SAYA DI BANGI, MALAYSIA.

    -SITI FATIMAH AHMAD-

    Suka

  20. dedenia72 said

    akhirnya kerinduan dengan teman-teman blogger tuntas sudah dengan kembali ke dunia blogging dan saling mengunjungi.
    kalo kata JK lebih cepat lebih baik..hehehe
    salam rimba raya lestari

    Suka

  21. Assalamu’alikum,
    semoga semua bisa lulus dengan hasil terbaik, amin

    Suka

  22. Gostav said

    wah harus siap2 nih belajarnya

    Suka

  23. Edi said

    Yang punya sekolah pemerintah..mau ujian lebih cepat juga bisa..sanagt ironis dunia pendidikan kita, yang jelas tujuan pemerintah baik..yang enga baik siapanya..dan yang harus dikorbankan siapa..banyak kebijakan banyak juga lahan untuk tidak berbuat jujur…

    Suka

  24. berita terbaru: UN dihapuskan melalui keputusan MA.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: