Farhansyaddad weblog

Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik

Kabar Gembira Buat Saudaraku Yang Terkena Musibah

Posted by abifasya pada 16 Oktober 2009


Musibah demi musibah terjadi menimpa bangsa ini, semuanya menyisakan duka yang sangat dalam. Mulai dari kejadian banjir besar yang orang-orang menyebutnya dengan nama TSUNAMI yang terjadi pada akhir tahun 2004 sampai dengan kejadian gempa bumi di Padang dan Jambi di penghujung tahun 2009 ini, bahkan tadi sore pada pukul 16.52 terjadi lagi gempa di ujung kulon dengan kekuatan 6.4 sekala richter. Ternyata di balik semua musibah yang terjadi ada hikmah yang bisa dipetik di dalamnya, karena sesuai yang disabdakan Rasulullah Muhammad SAW bahwa selain orang yang gugur dalam perang di Jalan Allah masih ada lagi enam  orang mati yang dihukumi mati SYAHID berarti jumlah seluruhnya ada tujuh orang dengan orang yang gugur dalam perang di Jalan Allah . Maka jadikanlah tulisan ini sebagai kabar gembira buat semua keluarga yang ditinggalkan oleh orang-orang tercinta yang disebabkan karena TUJUH hal berikut ini :

  1. Orang yang Mati Karena Sakit Perut (tapi ketika sakit perut jangan sampai tidak berusaha untuk berobat, jangan hanya karena ingin mati syahid, rasa sakit itu dibiarkan tidak diobati)
  2. Orang Yang mati tenggelam. Seperti terseret banjir, terseret tsunami, mati saat belajar berenang, dan lain-lain.
  3. Orang yang mati karena sakit pinggang (termasuk di dalamnya orang yang mati karena sakit ginjal, encok, kencing batu, dan sebagainya)
  4. Orang yang mati karena penyakit tha’un (yaitu penyakit menular yang menjadi wabah, artinya menyerang pada suatu wilayah tertentu. Bila terjangkit Tha’un, maka agama memerintahkan agar dilokalisir dan penduduk yang ada di daerah wabah tidak boleh keluar. Juga penduduk lain dilarang masuk ke daerah itu)
  5. Orang yang mati karena tertimpa bangunan roboh, seperti tertimpa reruntuhan disebabkan gempa bumi, longsor dan lain-lain (tetapi saat tertimpa bangunan roboh janganlah kita pasrah tanpa adanya usaha untuk melepaskan diri dari reruntuhan, selama masih bisa menyelamtkan diri berusahalah agar tetap selamat. Dan jika ternyata setelah berusaha tidak berhasil dan menyebabkan kematian maka Insya Allah matinya termasuk SYAHID).
  6. Orang yang mati karena melahirkan, (tentunya orang yang matinya itu dalam keadaan beriman kepada Allah. Termasuk orang yang mati dalam keadaan tidak beriman jika seseorang itu mati dalam keadaan belum bertaubat, sementara bayi yang dilahirkannya adalah hasil perbuatan zina)

Selain orang-orang yang mati di atas, masih ada orang-orang mati syahid yang lain, yaitu : orang yg mati karena  : sakit paru-paru,  karena tersesat dikesepian,  karena sakit panas, terkena bisa, sakit asma, diserang binatang buas, terjatuh dari tebing, mati di pembaringan saat berjuang di jalan Allah, mati karena membela hartanya atau agamanya atau jiwanya atau keluarganya, mati dalam penjara jika ia dipenjarakan secara zalim, mati karena sakit rindu (Kabungbulengan = sunda), dan mati saat menuntut Ilmu.

Jadi apapun yang telah terjadi menimpa keluarga kita, ikhlaskanlah. Karena segala seuatunya terjadi tdak lepas dari qadla dan qadarnya Allah. Berdoalah untuk mereka : Allahummaghfir lahum warhamhum wa’aafiihim wa’fu anhum.

Semoga Kita semua diberi ketabahan

Amiiiin

Wassalaaaaaaaaaaaaam

Sumber :  Nashoihul ‘Ibad Maqalah ke 9 bab yang bertujuh

Iklan

25 Tanggapan to “Kabar Gembira Buat Saudaraku Yang Terkena Musibah”

  1. Abula said

    sungguh sebuah berita / kabar yang mesti disebarluaskan…
    nyata benar bahwa Dia itu Maha Penyayang kepada setiap hamba-Nya …

    Salam Hangat Selalu
    AbulaMedia.com

    Suka

  2. Mudah-mudahan saja yg terkena Musibah atau Penyakit, itu sebagai pembersih dosa-dosa yg telah dilakukannya. Allahummaghfir lahum warhamhum wa’aafiihim wa’fu anhum, amiiin.

    Wassalam…

    Suka

    • ducky said

      aku baru tau… penyakit2 tsb bisa menyebabkan seseorang disebut mati syahid… hmmm… bingun aku… jadi mereka ga dimandikan gitu dong? kan kalo syahid katanya langsung aja dikuburkan setelah disholatkan. walahualam…

      >>> mati karena sakit rindu saya belom ngerti nih.. rindu bertemu Allah dan RasulNya?? kalo ini sih rindu banget…

      Suka

  3. Tetap tabah & tawakallah .. Hai sdr-sdr yang terkena musibah… lebih-lebih ada khabar gembirannya…
    Salam Hangat

    Suka

  4. erick said

    Semoga saja demikian adanya, tapi syarat dan ketentuan berlaku ya kang. Walau tertimpa bangunan roboh karena gempa tapi kalo lagi maksiat gak syahid kali ya ?
    Mohon penjelasan.

    Suka

  5. salam kenal dari blogger KARANGANYAR
    febriyanto

    kunjungi blog utama saya CATATAN HARIAN FEBRI segera kunjungi yaaa

    Suka

  6. Ada info menarik, bagi yang menginginkan search engine yang halal bebas hal-hal yang haram dan pornografi serta sangat dianjurkan untuk anak-anak kunjungi postingan saya HALALKAH SEARCH ENGINE ANDA

    Suka

  7. terimaksih atas kabar gembiranya ya

    Suka

  8. ABDUL AZIZ said

    Assalamu’alaikum,

    Banyak sekali ya yang tergolong mati syahid. Terima kasih Pak, uraiannya cukup lengkap. Mudah-mudahan bisa sedikit mengobati kesedihan keluarga korban bencana.

    Salam buat keluarga.

    Suka

  9. Rendy said

    Info yang bagus,
    saya juga sedang terkena penyakit smoga bisa syahid,

    mau berobat ga punya duit, mau syahid takut co.id !!

    Salam kenal, salam Damai

    Rendy Romansa

    http://tamanlangit.wordpress.com/

    Suka

  10. Aku sedang bersedih hati 😦

    Suka

  11. Assalamu’alaikum wr.wb

    Sruuuuput kopi di pagi hari
    Silaturahmi eratkan hati
    Saling berkunjung rasa tersanjung
    Kalo mengeluh rejeki menjauh
    Keluh kesah membuat susah

    Sruuuput kopi di pagi hari
    Lihat mentari senanglah hati
    Mencari rizki ikhtiar diri
    Mencari Ilmu bekal mengabdi

    Sruuuput kopi di pagi hari
    Maknyooos bisa nyeroscos
    Sok sanaos ngan ukur waos
    Nyarios modal pribados teu sawios dianggap bodooos

    *Pagi jelang siang .. menantang sampe petang*

    SEMANGAAAAAAAAAT 😉

    Suka

  12. semoga kang

    Suka

  13. semoga yang mereka cepat melupakan segala kenangan

    salam

    Lombok Travel

    Suka

  14. kodil said

    benar itu mas…sgala sesuatunya jika kita ikhlas pasti enak menjalaninnya walaupun pada kenyataannya kita agak berat menjalanainnya untuk pertama sekali. salam kenal mas dari anak nongkrong

    Suka

  15. KangBoed said

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk
    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    Suka

    • KangBoed said

      RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk
      MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA
      Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank
      I Love U fulllllllllllllllllllllllllllllllll

      Suka

  16. Kumaha Kang upami nuju kabungbunglengan, teras eta jalma teh jalan-jalan mapay-mapay sawah rada nanjak jalana na mah, lantaran rada nanar dan tanggah aja, maka tigulitk terus maot, kumaha Kang eta teh kalebet mati syahid? :mrgreen:

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: