Farhansyaddad weblog

Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik

Selamat Ulang Tahun Pak Guru

Posted by abifasya pada 19 Februari 2009


zwani.com myspace graphic comments
Myspace Happy Birthday Comments
Tadi siang saat masuk jam ke 5-6 saya mengajar di kelas IX-G, seperti biasa saya meminta kelas IX-G untuk masuk ke ruang serbaguna karena materi yang akan disampaikan pada saat itu akan lebih mendalam jika disajikan dengan berbagai contoh konkrit yang tentunya memerlukan media pembelajaran yang memadai.
Ada gelagat yang tidak seperti biasanya terjadi di kelas IX-G, anak-anak yang biasa tampil sopan hari ini kok agak aneh. sempat terpikir dalam hati… kenapa ya.. mereka begitu ?. Ulah yang pertama dilakukan oleh dua orang siswi yang menghadap saya dan meminta maaf karena gak pake kerudung. Biasanya saya selalu meminta anak yang gak pake kerudung untuk mencari kerudung sampai ketemu sebelum mereka masuk. ulah yang ke dua dilakukan oleh Tora seorang anak yang  biasanya kalem gak banyak ulah..eh… dia malah tiduran dengan sengaja membuat tempat tidur dari lima buah kursi yang dijejerkan. Lagi-lagi dengan ulah yang dilakukan tora pun saya tidak tertarik untuk marah, malah ditengah-tengah penjelasan yang saya lakukan, saya ngeledekin Tora untuk melanjutkan tidurnya biar lebih puas.
Sampailah pada akhir pelajaran, semua siswa kelas IX-G menyatakan gak mau pulang dan akan tetap berada di ruang serbaguna. Saya menanggapi keinginan mereka dengan berkata :  ya kalau memang mau tetap di sini ya ga apa-apa… tapi ingat jam ke 7-8 kan harus masuk lagi. Tiba-tiba Hilyah Abqoriyah salah seorang siswi kelas IX-G menghampiri saya dan berkata : “kenapa sih bapak ga marahin orang yang ga pake kerudung, gak adil banget sih?”. dengan enteng saya menjawab : “duh… hari ini saya lagi ga mood untuk marah”. Kalo begitu besok-besok kalau ada yang ga pake kerudung ga apa-apa dong, ga istiqomah amat sih pak ?, jawabnya. Saya pun mengeomentari pernyataan Hilyah dengan enteng lagi : … yah kan tadi juga dah bapak bilang kalau bapak lagi gak mau marah … dan lagi ingin baik-baik.
Lama-kelamaan mereka gak sabar juga, kemarahanku yang mereka inginkan tak juga didapatkan sampai akhirnya mereka bersama-sama menyanyikan lagu : panjang umurnya…. panjang umurnya … serta mulia… serta … mulia….dst ….. , akupun tersenyum karena sebenarnya aku telah merasakan apa yang akan mereka lakukan padaku berkenaan dengan hari ulang tahunku. Satu persatu mereka menyalamiku sambil mengucapkan : “selamat ulang tahun pak guru, semoga panjang umur”
Terimkasih anak-anaku, semoga perhatian dan doa kalian pada bapak di hari ulang tahun bapak ini dibalas olah Allah dengan balasan yang setimpal, Amiin.
Ada catatan yang harus diperhatikan dalam perayaan ulang tahun, seperti yang dikatakan Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsmaini dalam http://labbaik.wordpress.com bahwa perayaan ulang tahun itu tidak lepas dari dua hal; dianggap sebagai ibadah, atau hanya adat kebiasaan saja. Kalau dimaksudkan sebagai ibadah maka itu adalah bid’ah, karena tak pernah ada contoh dari Rasulullah saw, bahkan Rasulullah bersabda : Jauhilah perkara-perkara yang baru, sesungguhnya setiap bid’ah adalah sesat, dan setiap kesesatan berada dalam neraka.

Namun jika dimaksudkan sebagai adat kebiasaan, maka hal itu mengandung dua sisi larangan.

Pertama : Menjadikannya sebagai salah satu hari raya padahal sebenarnya bukan hari raya, karena Rasulullah pernah mengingatkan kalau hari raya itu hanya ada dua yaitu fithri dan adha.

Kedua : adanya unsur tasyabuh, yaitu menyerupai kebudayaan musuh- musuh Allah, padahal Rasulullah telah mengingatkan :”barang siapa menyerupai suatu kaum maka dia termasuk bagian dari mereka.

Belum lagi saat perayaan ulang tahun ada kebiasaan ngerjain yang berulang tahun seperti disiram dengan minuman atau telor, bukankah disitu ada perbuatan sia-sia (mubadzir), sementara Allah telah mengingatkan kalau yang mnyi-nyiakan harta (mubadzir) adalah saudaranya syaithan, naudzubillah

Wallahu ‘alam.

2 Tanggapan to “Selamat Ulang Tahun Pak Guru”

  1. safrial said

    Waduh… saya baru tw bapak ulang tahun…. selamat ultah ya pak?????? maaf saya ga bisa ngasih apa-apa pak…. saya cuma bisa doa aja.. supaya dakwah bapak tetap dilancarkan, dan sehat sekeluarga, amin… hehe maaf ya pak…

    Suka

  2. abi fasya said

    @Saprial
    Yang Penting kan do’anya, smoga bapak bisa memanfaatkan umur ini untuk mengabdi kepada Allah’

    Suka

Tinggalkan Balasan

 
