Farhansyaddad weblog

Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik

Astagfirullah, CPNS Wanita Tes Telanjang di Depan Petugas Pria

Posted by abifasya pada 2 Desember 2009


Gedung Megah

Malang (voa-islam.com) – Pelaksanaan tes kesehatan bagi CPNS Kota Batu, Malang, yang mewajibkan para CPNS untuk bertelanjang badan saat dilakukan tes kesehatan kulit atau fisik, menuai protes. Pasalnya, tes kesehatan yang dilakukan di Rumah Sakit Tentara (RST) Soepraon Kota Malang itu dilakukan di bilik pemeriksaan oleh petugas berjenis kelamin laki-laki, padahal dari ratusan CPNS itu sebagian berjenis kelamin perempuan.

Protes ratusan CPNS Kota Batu yang memprotes pelaksanaan tes kesehatan itu diwakili oleh sembilan orang guru perempuan dan dua tata usaha yaitu berasal dari salah satu SMA Negeri di Kota Batu.

Menurut seseorang yang tidak mau disebutkan namanya, kain yang masih diperbolehkan melekat di tubuh wanita peserta tes hanya sebatas bra dan celana dalam saja.

“Kami risih dengan perlakuan seperti itu. Dan proses tes kesehatan di RST itu hampir menyerupai pemilihan Putri atau ratu kecantikan sejagad,” keluhnya yang mewanti-wanti tidak mau disebutkan nama dan nama sekolah tempatnya bekerja.

…waktu tes jantung yang bertugas adalah dokter perempuan. Setelah itu diperintahkan masuk ke dalam ruangan periksa, ia bersama rekan-rekannya diperintahkan untuk melepas seluruh bajunya. Kecuali bra dan celana dalamnya…

Diceritakannya, Rabu (25/11) siang, dia bersama delapan orang rekannya mendapatkan jadwal untuk melaksanakan tes kesehatan di RST Soepraon. Diakui waktu tes jantung, dokter memerintahkan untuk melepas baju bagian atas karena mau diroentgen.

Kemudian giliran tes fisik, dia bersama rekan-rekannya sangat terkejut, lantaran dokter yang bertugas adalah seorang laki-laki. Sedangkan waktu tes jantung yang bertugas adalah dokter perempuan. Setelah diperintahkan masuk ke dalam ruangan periksa, ia bersama rekan-rekannya diperintahkan untuk melepas seluruh bajunya. Kecuali bra dan celana dalamnya.

“Ada teman saya yang sengaja memakai celana pendek ketat. Dokternya mengetahui dan langsung diminta untuk segera melepasnya. Lalu saya sendiri menjalani operasi. Kemudian oleh dokter tadi diminta untuk ditunjukkan bekas jahitan karena mau diukur panjang jahitannya,” lanjut seseorang tadi.

Tak sebatas itu, guru yang sedang hamil tujuh bulan, bahkan seorang sedang datang bulan, tetap diminta melepas seluruh pakaiannya. ”Kita ini orang sipil, masa sih model pemeriksaannya seperti pemeriksaan calon taruna Polisi dan TNI!” ucapnya kesal.

Masih menurutnya, akibat kejadian itu hubungan rumah tangga salah satu temannya sedikit retak. ”Suami teman saya merasa tidak ikhlas kalau bentuk tubuh istrinya diumbar kepada orang lain,” tambahnya.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Batu, Abu Sufyan, terkesan lepas tanggung jawab atas kejadian ini. Karena menurut dia, BKD tidak bisa mengintervensi terhadap rumah sakit terkait prosedur tetap (protap) tes kesehatan bagi CPNS Kota Batu dari golongan III. Menurut Abu Sufyan, pihak rumah sakit pasti sudah memiliki standar pemeriksaan medis bagi setiap CPNS.

”Kita sudah lama menjalin kerja sama dengan RST. Dan baru kali ini ada persoalan semacam ini,” jawab Abu Sufyan diplomatis.

“Tidak ada niatan dari pihak rumah sakit untuk berniat mesum, meskipun proses pemeriksaannya dengan telanjang badan” (Letkol CKM Bambang Budi Wiryawan, Kepala Rumah Sakit Tentara).

Sementara Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko saat dikonfirmasi menyatakan dirinya tidak pernah memerintahkan kepada kalangan CPNS dan BKD untuk melaksanakan tes kulit dan lainnya. Dia hanya memerintahkan kepada setiap CPNS di Kota Batu untuk mengikuti tes bebas narkoba. ”Kami hanya meminta tes Narkoba saja,” jelasnya.

Letkol CKM Bambang Budi Wiryawan, Kepala RST Soepraon membenarkan adanya tes CPNS wanita dengan telanjang di depan pemeriksa pria. Menurutnya, hal itu sesuai dengan protap pemeriksaan medis CPNS yang sudah baku. Artinya tidak ada niatan dari pihak rumah sakit untuk berniat mesum, meskipun proses pemeriksaannya dengan telanjang badan.

”Salah satu tim dokter kami yang ahli pada salah satu bidang memang seorang pria. Yang perlu dipertegas, bahwa tes kesehatan yang kami lakukan sudah sesuai Protap dan tidak ada niatan untuk berbuat mesum,” tegasnya.

Kalau protap CPNS mengharuskan wanita buka seluruh baju, kenapa musti di depan petugas yang berbeda jenis? Ah, sing boten-boten mawon. [Ali/dbs]

Sumber : www.voa-islam.net

About these ads

66 Tanggapan to “Astagfirullah, CPNS Wanita Tes Telanjang di Depan Petugas Pria”

  1. mpiuika said

    zamannya yang edan,atau pengisinya yang edan ya ?

    Suka

  2. Weleh…weleh… dasar ucing gering dikapaan, piktor sekali ituhhh :P

    Suka

  3. astaghfirulloh….
    saya sangat kcewa dengan statement orang-orang yang berwenang yang ditanyai seputar permasalahn itu. semua seakan lepas tanggung jawab.

    Suka

  4. qinieZamry said

    ckckckckckckck
    Astaghfirullahal’adzimmm, tidak kapok kah mereka dengan berbagai peringatan yang telah Allah turunkan. Masih terpikir oleh mereka untuk berbuat maksiat ?
    Tidak kah mereka berfikir untuk segera bertaubat ?

    Suka

  5. dedekusn said

    Astagfirulah’aladzim…..
    Innalillahi….

    Suka

  6. aghie92 said

    wah, kyk gini neh penerapan sistem sekuler di indonesia. Ga heran sih klo bnyk kasus asusila dikarenakan penerapan sistem ini. Ga percaya indonesia nerapin sistem sekuler? http://www.google.com jawabannya..

    Suka

  7. yos said

    testnya seketat itu ya…
    kaya test timbang badan mau tinju aja…
    ngga apke baju..

    Suka

  8. yang bener aja sih prosesnya. telanjang depan pria yang bukan mahrom!!
    kalau memang tidak ada niat untuk berbuat mesum, kenapa tidak dibuktikan mencari tenaga ahli yang perempuan?

    Cara Membuat Web

    Suka

  9. Blogex said

    Sebentar lagi Hari Ibu
    Jika tak ada beras di gentong
    Jika tak ada seteguk air di kendi
    Jika tak ada lembaran rupiah dibawah kasur sang ibu
    Mengapa tak mengirimkan masakan lezat
    Untuk persembahan kepada Ibu atau isteri tercinta di hari Istimewa
    Jika artikel masakan sudah jadi
    Lalu bubuhi kalimat ” Masakan dengan sentuhan cinta ini saya persembahkan buat wanita yang teramat istimewa”

    Persembahkan hasil masakan anda dan daftarkan dalam acara SupermanShow di

    http://abdulcholik.com/kuliner/supermanshow-la-tetates-de-timbele

    Jika itu anda lakukan dengan tulus
    Sebuah atau tiga buah kecupan penuh kasih sayang akan di terima
    Plus bisikan lembut ” I love you my Superman ”.
    Salam hangat dari dapur BlogCamp

    Suka

  10. Filarbiru said

    Numpang liwat mana tau nampak hihi

    Suka

  11. Filarbiru said

    Dasar kalian mata keranjang semua hihi

    Hey tu avatar abifasya kapiran betul mirip kakek sebelah rumah hehe

    Suka

  12. Fitri said

    Saya sudah baca berita ini di kabarnet.

    Suka

  13. Rizal Islami said

    Siapapun dokternya selam itu laki2 pasti punya nafsu meskipun usianya 70 tahun, kontributor hadistnya …maa min muslimaini..dst, makanya negeri ini selalu kena bala kalau untuk cari kerja aza mesti telanjang…entar bisa jadi beberapa tahun mendatang cari isteri testnya di coba dulu perawan atau ga…ha ha…kapan negeri ini mau berkah?

    Suka

    • Dawai said

      Setuju banget..yg ada skrng jgn menunggu berharap adanya perubahan tetapi mulailah untuk melakukan perubahan..berani berpegang teguh pada kebenaran “Al Qur’an”.

      Suka

    • culun said

      السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ…bukan’y sudah ada yg sprt itu mba, makan’y sy juga heran ya. katanya negara indonesia ini mayoritas’y islam, tp kelakuan’y begini. meskipun tdk semua’y , tp tetep kan ya mba, buntut/badan itukan ngikutin kepala’y

      Suka

  14. ANJING said

    YANG NGETES ITU “BANGSAT” BIADAB, KEPARAT

    Suka

  15. choirul said

    sebenarnya bukan salah yang menyelenggarakan tes kesehatan saja,, tetapi seharusnya kita juga punya hak dan wewenang untuk menolak,, apakah hanya karena sebuah jabatan harga diri dan kehormatan kita terjual dengan murahnya,, kalau kita mau berfikir dan berpegang pada islam , hal itu tidak mungkin akan terjadi, sebagai seorang wanita juga harus bisa menjaga aurat terhadap lawan jenisnya, apa sih hebatnya PNS klo sebbuah harga diri dan kesucian yang seharusnya dijaga jadi dipertaruhkan,,, benar2 tidak sepatutnya,,,, semoga diberi petunjuk oleh Allah SWT.

    Suka

  16. lukmanyudha said

    terlallu mengada-ada, masak begitu. Akal-akalan kaleeeeee….

    Suka

  17. santi said

    *** negara ini ga bakal maju klo petugas nya ga bener,, insya allah masuk neraka semua ***

    Suka

  18. effendi said

    aparat aja banyak yg keparat, jd rakyat banyak yg mencontoh berbuat maksiat
    apa dunia ini sudah sekarat ?

    Suka

  19. murdoch said

    Letkol CKM Bambang Budi Wiryawan, Kepala RST Soepraon membenarkan adanya tes CPNS wanita dengan telanjang di depan pemeriksa pria. Menurutnya, hal itu sesuai dengan protap pemeriksaan medis CPNS yang sudah baku. Artinya tidak ada niatan dari pihak rumah sakit untuk berniat mesum, meskipun proses pemeriksaannya dengan telanjang badan. ( Kafir tuh Letkol….)

    Suka

  20. safara said

    walaupun gak ada niat macam2 dan sesuai dengan aturan, ya bukanya itu gak harus baku dan tdk bisa diperbaiki lagi donk… lawong ganti petugas perempuan aja msak gak bisa… ada2 saja orang sekarang ini…

    Suka

  21. Usup Supriyadi said

    duh, lebih baik kagak usah deh….

    Suka

  22. MARDIONO said

    NAMA JUGA TES KESEHATAN DALAM RANGKA MENCARI MANUSIA YANG SEHAT JASMANI, PERCAYALAH DOKTER PENGUJI KESEHATAN TIDAK AKAN MELAKUKAN HAL-HAL YANG TIDAK BENAR
    SEBAB BANYAK PNS YANG PUNYA SAKIT CENDRUNG DITUTUP TUPI AGAR TIDAK KETAHUAN HAL INI SANGAT MERUGIKAN NEGARA.
    COBA CEK AJA BERAPA KERUGIAN NEGARA AKIBAT PNS SAKIT, AKIBAT GAYA HIDUP, PENYAKIT TERTENTU , SEHINGGA MENJADIKAN PNS TIDAK PRODUKTIF
    TES KESEHATAN YANG BENAR HARUS BEGITU, MARI KITA SIMAK DENGAN BENAR ARTI SEHAT ITU SENDIRI
    MARILAH BERFIKIR POSITIF JANGAN MENGEDEPANKAN PIKTOR YA

    Suka

    • ARI said

      JANGAN MEMBANTU KEZALIMAN,KARENA SESUNGGUHNYA AZAB ALLAH ITU SANGAT PEDIH

      Suka

    • Kanjeng Mas Siti Jenar said

      Kerugian negara tidak berhubungan dengan tes kesehatan yang memperlihatkan aurat. Kerugian negara berkaitan dengan hilangnya sejumlah uang atau barang yang jumlahnya pasti. mungkin sebaiknya anda harus baca UU.

      Suka

    • dididada said

      Gelo yeuh jelma..udah tau maksiat masih aja dibela!! kerugian negara karena hal itu tidak seberapa dibanding dengan kerugian karena hilangnya rahmat Allah di negeri ini.MAU???

      Suka

    • Sugiyan said

      Siip…

      Suka

  23. Erwin Winata el Shirazy said

    Astarfirullohal ‘aziiiiimmm ………………………. Astarfirullohal ‘aziimmm …………………….. Astarfirulohal’ aziimmmmmm …………… Negeri ini hampir Buta atw di butakan …. Mana yang Haram mana yang halal …….
    Naudzubillah

    Suka

  24. tuh mah bukan dokter tapi penjahat kelamin, emang dokter cewe di malang pada dimusnahkan ya?

    Suka

  25. iesa scoot said

    memalukan!!

    kayak gini persyaratan jadi CPNS kota batu…!

    Suka

  26. Emmia said

    Astagfirullah,
    Sungguh tidak bermoral !!!

    Suka

  27. wiro sableng 212 said

    dasar bego ngapain juga mau disuruh telanjang,.

    Suka

  28. jablay said

    sange tuh orang2…………

    Suka

  29. joko said

    pancen asuuuu kui

    Suka

  30. dody said

    itu kan sudah aturan bagi cpns………………………………..!

    Suka

  31. fada said

    astaghfirulloh,.,.,.

    Suka

  32. dewi said

    huh mending gak usah krja ajah,

    Suka

  33. mantan said

    Pada waktu kami tes kesehatan untuk kerja di luar negeri. Kami semua disuruh telanjang bulat, termasuk celana dalam harus dilepas di hadapan dokter wanita. Kami adalah calon pekerja yang semua laki2.
    Waktu jelas kami merasa malu (humilated). Kami berbincang tentang itu. Kalau menurut saya hal di atas masih jauh lebih ringan daripada yang kami alami. Bagaimana menurut pendapat Anda? Jangan pake double standart. Priapun merasa dipermalukan kalau harus telanjang di hadapan wanita.

    Suka

  34. Mandala said

    Mandala

    Astagfirullah, CPNS Wanita Tes Telanjang di Depan Petugas Pria « Farhansyaddad weblog

    Suka

  35. walah said

    jadi kepingin ikutan jadi petugas cpns, mantap… masih ada lowongan engak yah :v

    Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 215 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: